Subsidi kereta api ekonomi |
Tidak di turunkannya "subsidi" kereta api versi pemerintah karena jatah gerbong yang di subsidi sebanyak 7 gerbong, sementara pt kai hanya mengoperasikan 6 gerbong yang satu gerbong di buat aling-aling atau di las pintunya bukan untuk penumpang. Fungsi aling-aling itu sendiri untuk menjaga keamanan penumpang dari bahaya kecelakaan. Saya sendiri sebagai pengguna jasa layanan kereta api tidak tau apa alasan sebenarnya dari tidak turunya subsidies atau subsidi dari pemerintah ini (PSO). Entah pt kai yang bener entah pemerintah yang bener, yang jelas konsumen sangat dirugikan dengan tidak turunnya subsidi kereta api ekonomi ini. Untuk kereta api ekonomi lokal gerbongnya di kurangi menjadi 5 gerbong dalam satu rangkaian kereta api yang semula 7 gerbong. Efeknya penumpang kereta api penuh sesak seperti yang saya alami tiap hari.
Dengan tidak diturunkannya subsidi kereta api ekonomi khususnya kereta api ekonomi jarak jauh, konsekuensinya harga kereta api ekonomi jarak jauh di naikkan 300 kali lipat dengan penambahan fasilitas air conditioner AC yang di paksakan. Di paksakan karena AC yang digunakan adalah AC split bekas dengan harga borongan yang mungkin saja lebih murah dari AC baru. Keuntungan pt kai otomastis melonjak drastis sedangkan pengguna kereta api juga tidak surut, artinya ada penumpang setia kereta api. Mungkin karena penumpang tidak tawar mabuk di bis, lebih cepat naik kereta dsb. Dengan keuntungan yang naik drastis ini bisa digunakan untuk alokasi dana subsidi pada kereta api lokal.
Skenario subsidi kereta api ekonomi lokal dari dihapusnya subsidi terhadap kereta api ekonomi jarak jauh. Jadi walaupun subsidi pemerintah terhadap kereta api ekonomi tidak turun, pt kai bisa memberikan subsidi pada kereta api ekonomi lokal karena keuntungan berlipat tadi. Ini asumsi saya saja sebagai pengguna kereta api, karena yang saya rasakan, kereta api ekonomi lokal sekarang gerbongnya nambah satu jadi 6 gerbong dengan 5 gerbong yang di fungsikan satu gerbong untuk aling-aling. Berbeda saat polemik subsidi dulu belum ada jalan keluarnya, kereta api lokal hanya dapat jatah 5 gerbong dengan 4 gerbong yang di fungsikan. Efeknya kereta api ekonomi lokal penuh sesak dan jatah penjualan tiket menjadi lebih sedikit. Kasihan orang yang bepergian tidak dapat jatah tiket karena sudah di borong oleh orang pelaju yang tiap hari pergi pulang dengan kereta api. Yang penting sekarang semua keinginan penumpang sudah terakomodasi dengan ditambahnya satu rangakaian gerbong pada kereta api lokal. Ada kabar yang belum tentu kebenarannya bulan september nanti harga kereta api lokal seperti kereta api penataran, kereta api rapih dhoho dan kereta api KRD akan naik karena subsidi dicabut semua atau memang pt kai mencabut subsidi silang seperti skenario subsidi diatas. Sekian tulisan subsidi pemerintah terhadap kereta api ekonomi dan semoga pelayanan kereta api indonesia semakin memuaskan.
kalau di P. Bangka ngak ada kereta api mas
ReplyDeleteyang pertamax disini dapet subsidi dan diskon ya mas
Deleteyang pertama kali pasti deh ngosek wese..
Deletedi p bangka banyak wisata lautnya ya mbak
mesake diskone
Deletewah gaswat nih
Deletebanyak tuh mas, akuh malah di taman bunganya.
sama mang yono sering ketemu di pulau bangka, kok gak ada nongol kesini lagi tuh ci mamang
babel kan? eksotik dong tempatnya. saya aja mau berlama-lama disana.
Deleteberarti nggak sebentar dink..
Deletekagak pernah naik kereta api gan gan ...
Deletepaling nanti subsiinya dimaenin sama yang berkuasa
Deletemas pay : hehehe sakno ya mas, ngosek wese
Deletembak nawang : malah banyak taman bunganya, wah kayak di belanda mbak, banyak kembang tulib nya
mas zach : saya juga mau mas asal ada yang beli tiket borongan. hehe
mas ks : karena lama dan sejuk sekali
mas herman : iya mas, buat pengetahuan aja, saya akan sering sering cerita tentang kereta api
mas rizal : ndak tau mas kalau itu, saya positif thinking aja walau kadang kadang juga negatif tihinking, namanya juga manusia ya mas, hehe
hehe,bener tuh mas,
Deletetop sekali ya kita-kita
Deleteindonesia raya memang aneh kok
ReplyDeletekereta api sebagai angkutan masal malah pake bbm industri sementara kendaraan umum termasuk yang berlabel eksekutif pake bbm subsidi
saya malah batu tahu kalau kereta api pakai bbm industri, ngeri sekali mas... berarti kemungkinan kedepan kereta api merupakan angkutan yang mahal
Deletecoba pake batubara kayak jaman kluthuk dahulu itu. kan keren
Deletepasti murah meriah
Deleteuntung aja di Bali nggak ada kereta api.
Deletegak cocok lik...
Deletekereta uap yang masuk ke indonesia didesain pakai bahan bakar kayu. makanya sejak jaman dulu di sekitar stasiun besar pasti ada hutan jati. karena kayu jati itu paling bagus buat bahan bakar. katanya sih paling awet ga cepet habis terbakar...
mas zach : namanya seput klutuk lagi dong
Deletemas ABG : dan juga bisa makan jeruk di dalam kereta
mas ks : masih bisa bernafas lega
mas rawins : mas rawin memang paling jago soal pengetahuan, makasih mas sudah ditambahi
kirain saya pertamax..gak jadi deh keduluan mbk wulan
ReplyDeletesilakan di bagi aja sama mbak wulan mas, hehe
Deleteapanya yang di bagi mas
DeleteSaya pikir juga sy yang pertama
Deletemas rawins juga udah mendahului.
Deleteberarti dibagi 3 dong
saya nggak usah dibagi lah mas zach
Deletesaya juga nggak mau dibagi..
Deletepun saya juga nggak mau...
Deletembak nawang : pertamaxny di bagi sama mas valentino hehe
Deletemas fian : ya udah gantian aja biar sama-sama merasakan
mas zach : di bagi berapapun ndak papa mas, yang penting mandumi
mas abg : nah mas abg ini neriman, karena sudah makan jeruk dengan puas
mas ks : karena mas ks sudah mendem gadung
mbak khusna : karena mbak khusnya sudah mborong nanas
jarang naik kereta api
ReplyDeletekalo saya biasa naik kereta kelinci mbak
Deletesaya seneng naik kereta api lah
Deletenaik yg lain juga kann...
Deletekereta kelinci model gimana, seperti kelinci getoh
Deletenyanyi lagu kelinci ahh
Deletemaksudnya mas pay apaan ya
Deletemb nia,,,,kereta kelinci kayak apa?
Deletenaek kereta2 an kali uh mas pay
Deletekalau ane kereta mini mas :D wkwk
Deletemas pay : naik gl kok mas, hehe
Deletembak nawang : kereta kecil gitu mbak, maksudnya seperti kelinci lucu dan kecil
mas abg : ya gitu deh, nganu itu lho mas
mbak may : mungkin juga kayak kelinci ata marmut ya
mas rizal : bukan mas itu naik yang bisa bikin nganu itu lho
mas fajrin : kereta mini atau odong odong mas? hehe
wkwkkwkw,,
Deleteawas ada laler mas
Deleteaku belum merasakan nai kereta api
ReplyDeleteyang katanya hitam-hitam banyak yang menanti
apakah menyamankan hati
bila naiknya kelas ekonomi
kelas ekonomi itu ngangeni terkadang juga nyebeli hati karena banyak pengamen gonta ganti, huuuu
Deletewkwkwkwkwk :D aku gak bisa komen, langsung ketawa...
Deletepenumpangnya konon malah tetep ya Mas, hehe
Deletetetep orang ya..
DeletePENGAMEN yah...saya bacanya tadi PENGOMEN.
Deletesaya dulu sering diajak naik KA ekonomi, di dalam kereta sumuk, kaya ikan asin dikukus...
mas pay : jangan kosel-kosel lho mas, nanti bisa kesurupan
Deletemas zach : penumpangnya tetep kok mas, jadi gak ada sepinya ndak tau alasan penumpangnya apa.
Deletemas ks : orang dan barang, bukan barang museum lho ya
mbak khusna : sekarang ada ase nya lho mbak, dan ndak berjubel lagi jadi lebih tenang dan nyaman
kala naik KA kelas ekonomi
Deletebanyak pngamen gonta ganti
wak aku jadi penge naik kereta api
pasti dapat keren-keren inspirasi
hhhe
karena banyak pengamen buat kita kita jadi keren karena kita kita kan ikut joget bersama pengamen dapat uang banyak buat beli permen
Deletesudah lama gak naik kereta api, jadi gak tahu kalau tarifnya naik drastis. Mungkin itu permainan dari PT KAI agar bisa meningkatkan profit perusahaan, walaupun akhirnya merugikan pengguna. Tapi apakah itu sudah diimbangi dengan kualitas layanan PT. KAI seperti fasilitas ruang tunggu, kenyamanan kereta, kemudahan mendapatkan tiket, dsb ?
ReplyDeletekualitas pelayanan 60 persen lah mas, ruang tunggu bagus toilet bagus nyaman sekali naik kereta ekonomi...cuman masih sering telat untuk kereta api lokal
Deleteyang jual pentol bakso ada juga gak...
DeleteKayak lagunya Iwan Fals ya mas ... kereta terlambat itu soal biasa ... he he
Deletekereta tiba pukul berapa...
Deletemas pay : kalau jurusan surabaya kertosono gak ada mas, kalau jursan malang ada, di stasiun bangil.hehe
Deletemas isnaeni : nah itu dia sudah dari jaman dulu di kritik baru kali ini bisa berubah
mbak khusna : kereta sekarang banyak tepatnya lho
hmmm... di tempat saya nggak ada kereta api sob.. adanya kereta jawa hahahaha....
ReplyDeleteperasaan yang namanya masalah subsidi itu nggak ada beresnya ya sob.. heehehe
kereta jawa sama nggak sama kereta pasir? kan ada gula jawa - gula pasir
Deletehahaha asli yang ini baru lucu..
Deletekalau begitu ada nasi goreng jawa dan nasi goreng eropah sana ya mas
Deletembak khusna sampai terpingkal-pingkal lho
hmmm... di tempat saya nggak ada kereta api sob.. adanya kereta jawa hahahaha....
ReplyDeleteperasaan yang namanya masalah subsidi itu nggak ada beresnya ya sob.. heehehe
sensitif sekali ya mas kalau masalah subsidi
Deletebukannya sensual ya Mas?
Deleteberita yang sensasional juga
Deletesensual sensasional karena tidak memakai suwal
Deletetetep mamang belum pernah naik kereta api mas
ReplyDeletekereta kelinci sudah kan mang ?
Deletekalaunaik odong2 kayaknya sering tuh ci mamang wwkwkwkw
Deletesaya malah belum pernah sekarang
Deletesekarang saya juga belum perna
Deletesaya juga belum pernah apalagi yang ada toilet dalamnya
DeletePake motor aja deh mas ketimbang K.A .hehehehe
ReplyDeletedulu saya naik motor, lebih mahal jatuhnya mas jg macet di jalan raya
Deleteklo macet pake sepeda aja mas...
Deletegimana kalo pake sayap kayak superman
Deletekayak burung banggau..
Deletekayak burung kokok beluk
Deletehadir gan :)
ReplyDeleteterima kasih kunjungannya, silakan isi absen dulu
Deleteabsennya pakai finger print sekarang...
Deletegak bisa titip absen dong
Deletejarang naik kereta api, jadi kurang tahu perkembangan tarif kereta api.
ReplyDeleteiya mbak, kalau saya sih kebutuhan tiap hari
Deleteseperti nasi kebutuhan tiap hari ya Mas.
Deletenasi tentu dengan lauknya...
Delete*halah, apa seh malah sembako gitu saya ni
kalau ndak naik kereta jatah jajannya kan berkurang mas, soalnya naik bis mahal, hehe
Deletembak khusna : lauk apa pun jadi yang penting makan dan asal halal
Untungnya saya gak pengguna kereta api mas.. Di karenakan di jambi memang gak ada kereta api ha..ha..ha..
ReplyDeletehehe...di jambi memang belum ada karena tanahnya gambut ya mas
Deletesaya dulu di Jambi naik mobil tambang---bukan mobil untuk kerja di tambang loh----angkot maksudnya
Deleteangkotnya di tarik sama tambang gitu ya mbak, keren banget kayak sulapan
Deletehahaha bener sob, sensitif banget kalau masalah subsidi..
ReplyDeleteefeknya lho bisa besar ya mas, kasihan korban kebijakan
Deleteefek domino ya Pak
Deleteya boleh dibilang efek remi dan poker juga
Deleteefek gitar lebih nyaring bunyinya
Deleteefek itu sejenis suara angsa ya mas
Deletedi bogor ada commuter line, kereta api yg melayani trayek jabodetabek... ongkosnya 8 ribu sekali jalan #kemahalan
ReplyDeleteitu kemahalan ya mas, normalnya berapa mas ? 2000 kah ?
Deleteyang 2000 itu ekonomi mas agus , ehehe
Deletekalo dari bogor ke jakarta yang AC 9000, yang ekonomi 2000
Deletenah ini para pasukan kereta dari daerah barat, hehe
Deletekenapa ya kebijakan malah dibolak balik kaya gini?
ReplyDeletealangkah indahnya jika Sumatra dibikinkan jalur kereta api dari Lampung sampai Aceh, nggak cuma mandeg di Palembang, Riau diputus, trus nyambung lagi di Medan.
dibolak balik bolak smpek habis bolak nya...
Deletemungkin dulu belanda membangun jalur relnya belum selesai keburu indonesia merdeka
coba relnya dibikin dari plastik ya, kan murah, jadi nggak ada alasan mahal buat bangun rel di seluruh penjuru tanah air
Deleteseperti kereta mini yang ada di taman mini..
Deletekalau plastik takutnya nanti blonyok kena sinar matahari.
Deletemas ks : pake celana mini juga mas ?
aq cuma 3x pernah naik kereta , hick ~~
ReplyDeletealhamdulillah yang penting sudah merasakan ya mas, dari pada belum
Deletetarif nya dsni masih lmyan lah , tapi gak suka naek kereta api ane mah mas
ReplyDeletesaya suka dong, daripada naik pesawat
Deleteapalagi saya mau naik perahu kan enggak banget
DeleteInsya Allah hari sabtu atau minggu ini mau menuju Bandung naik kereta api dari surabaya...(jadi beneran ngalamin lagu naik kereta api nih, ke bandung surabaya hehe)...senang rasanya beberapa minggu berpetualang di jember, lumajang, bondowoso, n tempatnya mas agus juga, surabaya...heheh...bener2 petualangan yang menyenangkan di jawa timur...(jah malah curhat di komen)
ReplyDeletekira2 dapat subsidi ga y tiket keretanya ??
wah mas ws ini ternyata wartawan pariwisata ya mas, keren mas..nanti di posting di blognya biar saya bisa membaca keadaan di daerah yang di kunjungi mas ws
Deletekalau aku lbih suka niak delman aja deh mas ... hhe
ReplyDeleteduduk dimuka nggak mas?
Deleteawas di pentut kuda lho
Deleteduduk dimuka ya saru itu mas ... gak boleh ...
Deletenanti di mentut masinis tho
DeleteAmin...
ReplyDeleteSemoga semuanya yang terbaik saja mas..
Saya pengen naik kereta, karena saya tak pernah naik kereta.. Hehehe
ya sudah, naik lokomotif aja Mas, asyiik
Deleteyuk kita lanjutkan cerita tentang naik lokomotif
Deletetetep enakan naek metromini / kopaja .. sambil sport jantung :D
ReplyDeletehehehe... enakan digendong kemana-mana aja deh
Deletedi mana-mana digendong
Deleteolah raga jantung ya mas, hehe
Deletemas zach dan mas arif : mana mana ada kereta di gendong ?
mungkin d susupi sma politik lg gan.. hehehe
ReplyDeletekn sekarang lg tren ap2 d politisasi. hihihihi
dibikin parpol aja sekalian
Deleteparpolnya Pak Agus...siapa simpatisannya...ya kita-kita
Deletenah ini yang saya khawatirkan mas,, mendekati 2014 ini kok malah serba naik sih, jadi bingung
Deletemas zach : parpol kereta api gitu ya mas
mbak khusna : kita - kita juga boleh jadi simpatisan dan masa tradisional
Nggak bisa ngomong apa2 bang soalnya nggak pernah naik kereta api kalo naik geroba ya setiap hari
ReplyDeletesaya mau dong numpang
Deletemas fian : yuk kita ngomong apa apa aja, hehe
Deletemas zach : numpang ndak bayar gitu mas ?
mudah-mudahan saja, apa yang kita inginkan bisa menjadi PR bagi pemerintah kang.
ReplyDeletePemerintah males bikin PR. disetrap aja deh
DeleteAngkat kaki satu, sambil pegang telinga satu..
Deletesemoga saja mas, saya masih berharap pada kebaikan hati pemerintah.
Deletemas zach : kalau di setrap terus yang jalankan pemerintahan siapa mas, hehe
mas boku : awas di itik-itik sama gurunya nanti jatuh
di jabodetabek juga tren untuk menghilangkan kerete ekonomi makin nyata sih Mas. yang tadinya dari bogor ke jakarta 2000 rupiah, pelan2 dikondisikan buat baik kereta AC yang 9000-an. bayangin gejolak sosial yang mungkin timbul, mengingat pengguna kereta ekonomi banyak dari kalangan pedagang kecil dan tenaga kasar angkut di pelabuhan atau pasar.
ReplyDeleteyuk bikin kereta sendiri biar murah..
Deletekereta dorong kan Bli...
Deletekalau di Riau, KERETA=HONDA=SEPEDA MOTOR.
makanya jadi rancu, anak2 diajari berfikir rancu juga, tiap hari anak saya berantem gara2 kata KERETA sama temennya, zaki bilang.."BUKAN...kereta tu ada gerbongnya TAUUU!!!!"
lebih aneh lagi tetangga yang orang batak
kalau bilang PASAR tu PAJAK
kalau bilang JALAN tu PASAR...bingung saya...
"woi, awas...jalan main ke PASAR...ketabrak nanti" jauh amat ,main sampai pasar, pikir saya
*halah malah mendongeng saya...
mas zach : ini memang murni dari pt kai atau memang pemerintah yang tutup mata ndak mau tau urusan perkeretaapian, semoga aja tetep terakomodasi, naik boleh asal rasional disesuaikan dengan kendaraan angkutan umum gitu aja.
Deletemas ks : kereta dari lempung pastinya
mbak khusna : kereta lempung mbak, hehe. kalau di jawa timur kereta itu motor drag bike, yang biasa digunakan untuk balap liar, mayan buat pengetahuan ya mbak, hehehe
coba bahan bakarnya di ganti pakai kayu. pasti lebih murah tuh..
ReplyDeletebahan bakar kereta api itu apa ya Mas? yang jelas bukan bensin atau pertamax kan..
kan ada kereta listrik Bli...
Deletemungkin pakai tenaga surya atau di tarik pakai kuda, jadi kereta kuda
DeletePakai AKI (accu) yg 12volt itu lho..
Deletemas ks : bahan bakar kereta api itu dari solar mas, solar dari pertamina karena pakai mesin desel
Deletembak khusna : kereta listrik di jakarta doang, hehe
mbak nawang : kalau pakai sepeda motor berarti kereta sepeda motor ya mbak, hehe
kang ratno : itu untuk menghidupkan starternya kang, pakai aki
Kunjungan juragan, blognya semakin kece saja nih... emang susah meniru orang profesional ia hhe...
ReplyDeletealhamdulillah di kunjungan mas daud, makasih mas..blognya mas juga kece abis
DeleteKalau dihilangkan saya mau naik apa Mas kalau pas ke gubeng? Naik Bison apa jogging aja ya Mas?
ReplyDeleteenak joging sambil bawa bola basket ya mas, nanti kalau haus ada coca cola yang bisa di lepas jadi dua biji
Deletemas Agus carane moto koyok ngono piye ya (apik)
ReplyDeletemotone biasa mas arif cuma di edit , motion blur, hehe
DeleteSulit banget memahami di setiap kebijakan pemerintah .....
ReplyDeletesesulit mencari solusi jika bbm naik ya mbak, hehe
Deletewah kalo saya kurang mengikuti perkembangan PT KAI ini mas, info yang menarik
ReplyDeletesalam kenal dari MJ Blog, sekalin fillow ya mas
alhamdulillah dapat teman baru, yuk kita simak bareng-bareng
Deletenyimak doang gan..
ReplyDeletesilakan mas, semoga bermanfaat
DeleteSubsisdi memang sudah selayaknya dilakukan oleh pemerintah, tapi info terbaru akan diabut merupakan kabar yg tdk menggembirakan. terutama utk mereka yg biasa berlangganan dg kereta api seperti ini, tapi kita lihat saja mudah mudahan pemerintah akan mengambil kebijakan yg terbaik
ReplyDeletetrims infonya mas.
semoga aja para pekerja seperti saya mendapatkan solusi yang memungkinkan, asal terjangkau kami ndak rewel kok, memang kebutuhan transportasi , je
Deletesampai kapan ya mas masalah subsidi biar kelarnya tuh :/ haduh
ReplyDeleteinsya Allah kereta api berjalan tanpa subsidi pemerintah mas, tapi ya gitu harga tiketnya akan melambung tinggi diangkasa
DeleteAc nya kurang berasa ya gan ? maklum ngirit biaya :)
ReplyDeletehehehe,,, kalau di kecil kan suhunya gensetnya ndak ngangkat nanti malah mati gensetnya
Deletekenapa disebut kereta api ?
ReplyDeletepadahal hampir seluruhnya angkutan kereta di Indonesia menggunakan listrik ? :D
disebut kereta api karena dulu kereta menggunakan batu bara mas, yang memang berasal dari api. itu yang saya tahu kurang lebih nya saya ndak tau mas,
Deletetapi udh jarang tuh kaya nya aku liat sekrng yang pake batu bara,yang angkut batu bara banyak, # iklan
Deleteiya mas namanya ka babaranjang ya kalau ndak salah
Deletesilakan disimak semoga bermanfaat ya mas
ReplyDelete