Bocah Penjaja Payung

Istilah penjaja payung memang agak asing, yang familiar sebenarnya ojek payung, namun ojek terasa agak asing juga karena ojek identik dengan motor. Baiklah, saya pakai istilah penjaja payung saja, kemarin (29 Januari 2015) setelah pulang kerja pukul 16.00 hujan turun dengan deras di langit jalan Sulawesi Surabaya. Saking derasnya sampai "embonge banjir", embong adalah penyebutan jalan bagi warga surabaya. Jalan banyak tergenang air bahkan membentuk sungai dadakan.

Saya berpikir jika saya jalan kaki dari tempat kerja sampai dengan Stasiun Gubeng, akan memakan waktu 30-40 menit karena medan banjir, namun jika keadaan normal saya tempuh 15-20 menit saja. Dan jika saya jalan kaki di medan hujan yang lebat kemungkinan saya ditinggal kereta. (gimana kalau saya yang ninggal kereta, gantian, hehe). Dalam keadaan terpaksa, saya nunut (nebeng) teman sekantor yang rute nya melewati Stasiun Gubeng dan alhamdulillah ada. Sebagian besar jalan yang kami lewati tergenang air setinggi 30-40 cm, banyak motor mogok alias yang disebabkan oleh busi terendam air atau karbu kemasukan air. Alhamdulilah kami lancar sampai stasiun gubeng.

bocah penjaja payung

ojek payung

Diarea parkir Stasiun Gubeng sudah banyak bocah-bocah penjaja payung, ojek payung. Rata-rata usia mereka 8-10 tahun dengan jenis kelamin laki-laki dan perempuan. Saya langsung di sambut mereka "payung mas", saya jawab tidak mas. Yang membuat saya tertarik adalah tingkah mereka lucu-lucu dan diraut wajah mereka hanya senang dan senang dengan ditunjukan tawa yang lepas di dinginnya hujan yang lebat. Kalau saya hujan-hujan sudah masuk angin kali ya?. Jika ada mobil masuk area Stasiun Gubeng baru mereka berlari menyambut penumpang mobil tersebut berharap ada yang memakai jasa bocah tadi. Menajakan payung/ojek payung memanfaatkan hujan dan payung untuk mendapatkan uang jajan. Sepertinya mereka tidak mengejar untuk mendapatkan uang, disatu sisi mereka hujan-hujan karena senang, di lain sisi memanfaatkan payung untuk membantu orang agar tidak kehujanan tentunya untuk dapat uang jajan juga.

Perilaku mereka juga masih tergolong sopan, artinya tidak memaksa orang untuk menggunakan jasanya. Mereka menawarkan dengan santai, ada yang pakai jasanya ya diantar tidak ada yang mereka hujan-hujan, simple saja. Saya cukup lama mengamati tingkah polah mereka sebelum KA Dhoho tujuan Mojokerto datang di Jalur 1. Semoga, mereka tidak terserang demam, dan sehat selalu.

Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor Jatim 2016

Kabar adanya pemutihan pajak kendaraan bermotor Jatim 2016 sebenarnya Mulai sejak tanggal 5 September 2016. Walaupun update info ini telat, masih ada sisa waktu untuk membereskan masalah pajak kendaraan bermotor anda. Pemutihan pajak kendaraan bermotor untuk wilayah jawa timur dimulai tanggal 1 Oktober sampai dengan tanggal 3 Desember 2016. Cukup lama bukan?waktu 3 (tiga) bulan saya rasa bisa anda manfaatkan agar tenang di jalan raya.

Oh iya, pemutihan pajak kendaraan bermotor ini dari Gubernur Jawa Timur, Soekarwo dimana kegiatana/agenda ini merupakan rutinan tahunan. Dulu tahun 2013, 2014, 2015 dan 2016 agenda pemutihan pajak kendaraan bermotor pada bulan juli sampai dengan september. Salut buat pak dhe karwo yang sudah mengambil kebijakan yang baik ini.

Pemutihan pajak kendaraan bermotor hanya menghapus denda dan bunga keterlambatan pembayaran pajak bermotor anda, bukan menghapus pajak kendaraan anda lho ya. Misalkan, pajak motor saya Gl Pro terlambat bayar pajak mulai tahun 2013. Bukan berarti pajak tahun 2013 dan 2014 di gratiskan, namun di bebaskan denda/bunga keterlambatannya. Biasanya pembayaran pajak yang terlambat itu kena denda, jika dibiarkan bertahun-tahun maka akan kena bunga yang besarnya akan sama dengan biaya pokok pajak kendaraan. Jika sudah melihat denda yang besar pasti akan malas membayar pajak, oleh sebab itu dilakukan pendekatan untuk membayar pajak dengan membebaskan dendanya.

Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor Jatim 2015

Begitu juga untuk bea balik nama dibebaskan, dan bebas biaya mutasi. Misalkan motor gl pro yang daerah asalnya di samsat surabaya saya mutasi ke wilayah samsat tuban, maka dibebaskan biaya mutasinya, sedangkan pajak tetap bayar. Untuk balik nama juga gratis bea balik nama, urusan lain seperti pajak tetap bayar.

Saya rasa itu saja info mengenari pemutihan pajak kendaraan bermotor jatim 2016 sampai dengan 3 Desember 2016. Silakan manfaatkan sisa waktu yang ada.