Acara Musda CB Jateng April 2014

Kembali acara CB 100 hadir di Bulan April 2014 selepas hajatan akbar Negara yaitu Pemilu tanggal 9 April 2014. Acara Musda CB Jateng atau musyawarah daerah CB Jawa Tengah Bulan April 2014 akan dilaksanakan pada tanggal 19 April 2014 pas dengan hari Sabtu malam minggu. Acara Musda CB Jateng berpusat atau bertempat di Lapangan Dayupayan Bulu Temanggung Jawa Tengah. Para peserta akan dihibur dengan live music dan sambutan hangat dari panitia dan dulur CB Indonesia dari penjuru tanah air.

acara musda CB jateng

Untuk menghadiri acara CB Temanggung atau musda CB Jateng, jangan lupa siapkan bekal secukupnya, siapkan mental dan fisik untuk turing menuju temanggung. Nah kalau sudah urusan turing begini, biasanya maunya menang sendiri kan, akan lebih baik jika tetap mengutamakan safety riding dan menghormati hak pengguna jalan lain. Kalau bisa semua berangkat selamat pulang pun dengan selamat. Tidak perlu ngebut untuk saling adu kecepatan, jika dirasa capek ya istirahat di tempat yang strategis untuk istirahat.

Acara Musda CB Jateng April 2014 menyediakan merchandise berupa kaos, pin dari cor dan sticker yang dapat dipesan melalui koordinator pemesanan kaos. Bagi yang mau berjualan tersedia juga lapak untuk memanjakan pengunjung untuk menyempurnakan motor CB 100 nya. Untuk selengkapnya bisa baca di brosur yang terlampir.

Modifikasi Motor CB 100 Klasik

Modifikasi motor CB 100 gaya klasik masih diminati oleh beberapa pemilik motor CB 100. Modifikasi CB aliran klasik dengan tangki bensin aslinya CB 100, kecil dan ramping. Saat ini banyak motor CB yang beraliran CB gendut atau meniru seperti Honda Dream, seperti yang pernah saya tulis dalam trend modifikasi CB 100. Beberapa part CB gendut ini sudah bisa didapatkan dengan mudah disemua toko variasi sepeda motor, atau bisa juga berkunjung ke lapak CB saat ada acara CB 100.

modifikasi motor CB 100 Klasik

Aliran modifikasi motor CB 100 Kalsik cirinya ada pada tangki dan tutup aki yang ramping. Untuk ukuran ban menyesuaikan badan motor, bisa mengadopsi ban besar atau kecil. Motor CB 100 dengan spesifikasi untuk turing biasanya mesinnya sudah diupgrade agar bisa mencapai tujuan dengan cepat. Untuk masalah per mesinan setiap juru racik mesin mempunyai jurus tersendiri.

Dengan modifikasi motor CB 100 klasik setidaknya menyisakan bentuk motor CB 100 asli untuk generasi anak cucu yang akan datang. Bagaimana bentuk dan corak motor CB 100 original masih bisa dinikmati dengan wujud yang nyata, bukan dalam bentuk foto. Baca juga merubah mesin gl pro jadi tiger .

CB Knalpot Tiger Revo

CB Knalpot tiger revo

CB Knalpot Tirev

CB Knalpot tiger revo lagi ngetren sampai dengan sekarang ini. Akhir-akhir ini, banyak motor CB 100 yang mengadopsi knalpot tirev karena tampilannya menjadi lebih cantik. Selain tampilannya, juga berimbas pada performa mesin, tarikan jadi enteng tenaga jadi losss larinya bertambah kenceng.

Gambar CB 100 pakai knalpot tiger revo diatas adalah motor CB 100 punya teman saya, spesifikasi mesinnya standart gl pro. Perbandingan ketika memakai knalpot gl pro dengan knalpot tiger revo ada kenaikan performa kecepatannya. Saat saya pakai untuk perjalanan Tuban Mojokerto dan sebaliknya tarikannya enak dan lebih responsif. Simak juga Gl Pro memakai knalpot tiger revo yang pernah saya tulis.

Harga knalpot tirev asli relatif murah, dengan Rp 650.000 sudah bisa membawa pulang knalpot tiger revo untuk dipasang di CB 100. Kelengkapan knalpot tirev dari toko, berupa knalpot set, cover knalpot, panggan sate, tutup knalpot dll. Knalpot tirev asli dari toko dikemas dalam kardus yang besar.

Sekarang sudah ada paket ekonomis knalpot tirev, Banyaknya tukang knalpot yang menangkap peluang ini, mereka berlomba membuat knapot tirev repllika atau menyerupai knalpot tirev dengan berbagai keunggulan. Tergantung dari handal atau tidaknya tangan si pembuat knalpot, ada yang lebih baik dari aslinya ada yang lebih buruk dari aslinya. Jika memilih knalpot tirev replika, lebih baik menggunakan referensi yang sudah menggunakannya agar tidak salah beli. Knalpot tirev replika ini hanya berupa silincer doang tidak termasuk leher angsanya. Harga knalpot tirev replika dibanderol mulai dari Rp 150.000 belum termasuk cover knalpot, jika menginginkan lengkap dengan cover, kira-kira seharga Rp 450.000. Silakan tentukan sendiri pilihan anda untuk mengaplikasikan CB knalpot tiger revo untuk mendapatkan perubahan performa mesin. Anda juga bisa menyimak tulisan saya tentang modifikasi CB 100 (awal membangun cb 100) dan Modifikasi GL Max Menjadi CB 100.

Baca Juga :

Cara Saya Menanam Anggrek

Banyak cara menaman anggrek agar bisa dikembangbiakkan secara masif, diantaranya dengan menyemai biji anggrek dan stek. Untuk menanam anggrek dengan menyemai biji anggrek belum pernah saya lakukan, guru saya sudah pernah melakukannya. Kedepannya sih pengen menanam anggrek melalui bijinya. Cara saya menanam anggrek adalah dengan stek atau istilahnya apa intinya memanfaatkan batang anggrek kalau lagi beruntung batang anggrek yang sudah ada tunasnya tinggal di pisah saja dan di taruh di dalam media tanaman lain.

Anggrek warna ungu yang bunganya indah sekali merupakan jenis anggrek yang memiliki batang (saya tidak mengerti jenis anggrek) soalnya ada juga anggrek seperti anggrek bulan yang tidak memiliki batang. Jadi tumbuhnya dekat dengan akar.

Langsung saja saya mulai cara saya menanam anggrek menempel di pohon mangga :
Untuk anggrek dengan batang yang panjang biasanya ada tunas kecil dan subur di ujung batang tersebut, saya cabut beserta akarnya untuk saya pindahkan ke media berupa serabut kelapa saya kasih arang sebagai pengganti tanahnya. Langkah ini merupakan ujicoba saja karena saat ini saya tidak terfokus untuk menanam anggrek secara profesional, kelak jika ada kesempatan akan saya coba menanam anggrek secara serius. Hasilnya tanaman anggrek yang telah di pijahkan tumbuh subur. Langkah ini sudah cukup baik bagi saya, karena menumbuhkan tunas anggrek apalagi subur itu sulit.

cara menanam anggrek di pohon


Langkah berikutnya adalah dengan mengumpulkan batang anggrek kemudian di ikat jadi satu tempelkan pada pohon mangga atau media tanaman lain. Dalam jangka waktu satu bulan akan tumbuh tunas namun agak kurus, biarkan akarnya menyerabut di pohon mangga kemudian taburkan arang agar akarnya banyak.

Untuk penyiramana saya lakukan sesempat saya, akan lebih baik jika kelembaban dijaga. Biasanya saya siram dengan air gula atau air bekas cucian beras atau leri. Penjelasan ilmiahnya saya kurang begitu menguasai, karena cara ini saya dapatkan dari teman yang sudah memelihara anggrek bertahun-tahun.

Cara saya menanam anggrek bulan, baru tahap uji coba belum dikatakan berhasil. Untuk memisahkan tunas anggrek bulan, saya harus memilah tunas yang menempel pada akar, sulit memang, harus hati-hati. Setelah dapat tunas beserta akarnya, saya ikat dengan serabut kelapa kemudian saya taburi arang sebagai pengganti tanah.

cara menanam anggrek

CARA MENANAM ANGGREK BULAN

Untuk penempatan tanaman anggrek, saya memosisikan tanaman anggrek berada tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Dibawah pohon mangga itu solusinya, rindang dan sejuk serta banyak lumut. Itu saja cara saya menanam anggrek menempel di pohon mangga, simple dan mudah semoga cara yang kedua tersebut berhasil dan tumbuh subur.

Baca Juga :

Foto Bunga Anggrek yang Indah

foto bunga anggrek yang indah

gambar bunga anggrek yang indah

anggrek di pohon mangga

FOTO ANGGREK YANG INDAH

Foto bunga anggrek yang indah diatas menempel di pohon mangga depan rumah ibu saya di kec. Rengel Kab Tuban Jawa Timur. Foto bunga anggrek saya ambil gambarnya dengan kamera saku pada siang hari. Foto menjadi agak menarik karena siang itu hujan telah menyirami bunga anggrek depan rumah ibu saya. Saya sendiri yang menanam bunga anggrek tersebut, pada tahun 2003, jadi sudah 11 tahun bunga anggrek ini menempel di pohon mangga depan rumah.

Saat ini saya sudah berdomisili di Kab Mojokerto, dua minggu sekali saya mengunjungi rumah ibu saya di Tuban sebagai bentuk berbakti kepada orang tua saya. Biasanya cara saya menempuh perjalanan menuju Tuban dari Mojokerto menggunakan Honda C70 tapi seringnya menggunakan Honda Gl Pro dari Mojokerto ke Tuban.

Foto bunga anggrek yang indah itu bisa saja sebagai bentuk hadiah atas pemeliharaan beberapa tahun silam. Ibu saya sangat senang (bahagia) saat melihat bunga anggrek warna ungu sedang mekar-mekarnya. Tiap pagi, siang dan sore beliau menyempatkan untuk merawatnya sekaligus memandang keindahan bunga anggrek tersebut. Tanamannya terpusat pada satu titik (rimbun) dan subur. Bunga anggrek yang mekar itu sangat awet, tidak mudah layu. Kalau di hitung-hitung, bunga anggrek ini tahan sampai satu bulan bahkan lebih.

Pernah suatu ketika ada orang meminta bunga anggrek depan rumah. Karena percaya dengan orang yang meminta tersebut, ternyata peminta bunga anggrek mengambil sebagian koloni yang rimbun dan menghabiskan separo tanaman anggrek. Hal ini membuat ibu saya sedikit berhati-hati saat ada orang yang meminta tanaman bunga anggrek di lain hari. Ibu saya yang mengambilkannya. Semoga Foto bunga anggrek yang indah bisa berkembang biak dengan subur dan menghasilkan bunga yang indah.

Baca Juga :

Modifikasi Kenalpot RX King

modifikasi kenalpot rx king

Modifikasi motor yamaha rx king sesimple apapun tanpa merubah dan me modifikasi kenalpot RX King kelihatannya masih aja ada yang kurang. Modifikasi kenalpot rx king dapat dilakukan dengan memasang kenalpot kolong pada rx king. Suaranya akan menjadi lebih enak di dengar begitu juga akan berimbas pada tarikan RX king yang semakin responsif alias njepat.

Sepertinya, kenalpot modifan untuk RX king buatan manapun akan berimbas pada suara yang khas agak lebih kejam gitu. Jangan lupa untuk memilih kualitas bahan yang di gunakan oleh tukang kenalpot, hal ini untuk menghindari agar tidak mudah keropos sehingga umur pemakaian semakin pendek. Apalagi kenalpot kolong RX King ini terletak di bagian bawah apabila turun hujan, kotoran akan menempel pada kenalpot modifan rx king. Untuk membeli langsung jadi alias pabrikan silakan sesuaikan dengan budget yang di miliki.

Melihat RX King dengan kenalpot modifikasi seperti kenalpot kolong ini membuat tampilan motor menjadi enak di pandang. Dan Larinya menjadikan RX King menjadi raja jalanan.

Artikel Lainnya :

Modifikasi Yamaha RX King Hijau

Modifikasi Yamaha RX King Hijau

Modifikasi Yamaha RX King Hijau dengan merubah warna cat aslinya menjadi hijau. Gambar Yamaha RX King Hijau ini saya dapatkan saat melintas di jalan Mojopahit Mojokerto Kota, melihat RX King yang melintas saya jadi tertarik mengabadikan kedalam gambar. Terlihat di gambar seorang bapak-bapak yang mengendarai RX King, terbukti jika RX King masih banyak penggemar dan penggemarnya dari semua kalangan.

Modifikasi Yamaha RX King yang dilakukan dari depan menggunakan lampu bulat merk ez depo untuk mengejar kesan pesek pada bagian depan. Spion RX King mengadopsi bundar seperti pada motor klasik. Untuk ukuran roda, sepertinya menggunakan ukuran pelk depan 250 belakan 300 atau 310 sedangkan ban menyesuaikan pelg.

Terlihat juga dalam modifikasi yamaha rx king tersebut menggunakan lengan ayun atau swing arm lebih besar dengan shockbreaker yang besar pula. Mengikuti roda yang sudah besar biar lebih pantas dan lebih hidup jika di pandang. Knalpot RX king mengaplikasikan knalpot kolong yang suaranya aduhai enak di dengar.

Baca juga RX King sang raja jalanan

Kesan dalam modifikasi rx king warna hijau ini masih simple namun kaya akan ide dan total biaya modifnya pun tidak sedikit.

Artikel Lainnya :

Yamaha RX King Sang Raja Jalanan

Motor Yamaha RX King adalah salah satu legenda motor sport yang pernah di keluarkan pabrikan Yamaha di Indonesia. RX king termasuk banyak penggemar dari dulu sampai sekarang, karena memang termasuk motor kece dan keren. Mulai dari tampilan dan mesin khususnya kecepatannya banyak yang jatuh cinta pada motor sport satu ini. Sampai-sampai pernah dengar isitlah motor jambret sebutan untuk Yamaha RX king karena saking lincahnya saat berada di jalan raya atau track pendek. Untuk itulah saya menyebut Yamaha RX king sang raja jalanan karena kelincahan dan kecepatannya.

Yamaha RX king hadir pertama kali di Indonesia meneruskan generasi Yamaha L2 Super, RX 100, RX Spesial dan RX K. Pertama muncul RX King pada tahun 1983 meneruskan teknologi dari RX K dengan beberapa penyempurnaan di dalamnya. Dulu RX K memiliki ciri khas pada ekornya yang sampai sekarang masih digemari namun barangnya sangat langka.

Yamaha RX King sang raja jalanan


RX King yang mengalami penyempurnaan tersebut bermula dari sebutan atau julukan King Kobra dan saat itu menjadi tren kawula tua dan muda. Nah model seperti ini, king kobra ini, di produksi pada awal 1983-1991, cukup lama berjaya di kelas 2 tak sport. Generasi berikutnya di produksi pada tahun 1992-2001 yang di namakan King Master. Pada awal 2002 akhir 2001 muncul isu di bumi hanguskannya motor 2 tak karena masalah emisi atau gas buang. Untuk wilayah kota Surabaya sendiri, pernah ada isu motor 2 tak akan di tilang jika berjalan-jalan di kota surabaya, ya karena emisi buang 2 tak yang melimpah tersebut. Hal ini menjadikan harga jual Yamaha RX king menjadi melorot tajam bahkan tidak dilirik sama sekali. Sebagian penggemar RX king masih setia dengan motor legend tunggangannya tersebut.

Baca Juga : Volume Oli Skok Depan Berbagai Motor

Dengan eksperimen mendalam, perubahan di lakukan oleh produsen sehingga lahirlah New RX King yang merupakan produk terakhir dari yamaha RX king sang raja jalanan ini. Nah teknologi Euro 2 sudah nancap di motor RX king keluaran terakhir ini. Dengan muncul nya New RX king ini, banyak sekali peminat motor RX king yang menjadikan harga RX king semakin melambung tinggi. Banyak penggemar lagi seperti era Tahun 1980 sampa 1990an. New RX king ini produksinya di hentikan pada tahun 2009 yang di yakini sebagai evolusi dari yamaha vixion.

Yamaha RX King sang raja jalanan

Saya sendiri pernah merasakan kegesitan motor yamaha rx king dengan meminjam motor servisan depan rumah. Maklum motor RX king ini habis di servis dan saya ikut mencoba sensasi naik motor RX king, lincah pengennya ngetrail terus. Pantas saja kalau Yamaha RX king Sang Raja Jalanan banyak penggemar dan komunitas penggemar RX King masih hidup sampai saat ini. Bravo. Jangan lupa baca juga pasang karbu PE 28 pada GL Pro

Baca Juga : Yamaha RX 100 Legenda Dari Yamaha

Ternyata Pemandangan Naik Kereta itu Indah

Pemandangan naik kereta api ternyata indah. Salah satunya, bisa melihat pemandangan alam yang indah, sawah yang menghampar hijau dan luas, serta bukit atau gunung. Berbeda saat naik kendaraan umum seperti bis, pemandangannya juga indah dan cenderung tidak membosankan karena yang dilihat bervariasi, kadang sawah, kendaraan lain, dan rumah penduduk.

pemandangan naik kereta api

Saat sendiri termasuk yang suka dengan pemandagan saat naik kendaraan umum dengan alasan bisa melihat kendaraan lain khususnya truck dan bus yang sedang berpapasan atau susul menyusul. Hal ini tidak membuat saya jenuh, saat jenuh dengan pemandangan satu, bisa beralih ke obyek pemandangan lainnya. Jadi variasi yang di pandang itu banyak.

Suguhan pemandangan saat naik kereta api cenderung itu-itu saja, monoton dan membosankan. Kalau tidak lihat sawah, ya lihat sungai atau bagian belakang rumah penduduk. Padahal bagian depan rumah penduduk itu yang di poles bagus sedangkan bagian belakang alakadarnya. Lebih suntuk lagi saat malam hari, tidak bisa melihat obyek karena tidak ada penerangan. Satu-satunya kegiatan saat naik kereta malam hari ya tidur dan mengobrol dengan teman sederetan. Kalau kegiatan cuma itu-itu saja pasti akan membosankan. Ini yang biasa dilakukan dalam perjalanan kereta api ekonomi.

Kemarin, saat berangkat kerja dengan kereta api KRD Surabaya - Kertosono, saya baru menemukan jawaban atas anggapan saya naik kereta api itu membosankan. Saat melintas di belakang perumahan penduduk, kok ya ndilalah ada bidadari habis mandi dengan menggunakan lilitan handuk. Tentu ini menjadi kredit plus tersendiri bagi para kereta api mania. Anggapan naik kereta api itu membosankan sirna sudah. Mungkin inilah salah satu "bonus" dalam mengatasi kebosanan dengan pemandagan kereta api, dan ternyata pemandagan naik kereta api itu indah.

Simak juga :




Modifikasi Motor Gl Max jadi Trail

Halo bikers nusantara. Motor trail memang lagi ngetren saat ini, sebagai alternatif modifikasi atau sebagai peralihan kejenuhan modifikasi motor. Misalnya di tempat saya, di Kec. Rengel Kab. Tuban sana, sebelumnya banyak yang menggemari modifikasi CB 100. Saat ini ada alternatif lain untuk memodifikasi, yaitu modifikasi motor trail. Yang paling digemari dan mudah untuk dimodifikasi adalah motor gl max atau gl pro. Untuk me modifikasi motor gl max jadi trail hanya butuh jasa tukang las untuk merombak semua rangka sehingga baju motor trail mudah di pasang.

Modifikasi motor gl max jadi trail pernah saya tulis singkat dengan aliran trail KTM dan modifikasi gl max jadi trial. Untuk lengkapnya bisa baca modifikasi motor gl max jadi trial.

Untuk memulai modifikasi gl max jadi trail silakan mulai konsep apa yang sedang anda impikan, misal konsep motor KTM, atau Spesial Engine yamaha YZ. Kemudian potong rangka untuk menyesuaikan baju motor trail yang akan di bangun. Tentu tukang lasnya harus yang berpengalaman agar dalam modifikasi motor trail tidak salah potong rangka. Begitu juga dengan rangka mesin harus tetap balance atau center agar tidak oleng saat di pakai nge trail di sawah.

potong rangka gl jadi trail

rangka gl jadi trail

stir trail yang bagus

gl max jadi trail


Gambar diatas basiknya motor gl max series tahun 1992 yang sudah di potong untuk di jadikan trail, tinggal memasang baju trail yang di inginkan. Untuk stang stir juga menyesuaikan sesuai dengan kenyamaan saat di pakai adventure atau berpetualang di hutan belantara. Untuk suspensi masih menggunakan model lengan ayun bukan monoshock. Sudah itu saja konsep modifikasi motor gl max jadi trail, singkat mudah dan semoga menjadi referensi atau gambaran untuk membangun motor trail dari gl max atau gl pro. Berikutnya Modifikasi Motor Shogun Jadi trail.....

Baca juga : 

Beda Mesin Tiger dengan Mesin Gl Pro

Masih bahas tentang motor khususnya Gl Pro. Kali ini sedikit mengulas tentang beda mesin tiger dengan mesin gl pro secara singkat. Gunanya hanya untuk membedakan secara sekilas mesin tiger dengan mesin gl pro atau mega pro sekalipun. Kadang orang bingung membedakan sekilas perbedaannya.

Dilihat sekilas perbedaannya terletak pada blok mesin tiger yang lebih tinggi dari pada gl pro atau mega pro. Hal ini diakrenakan langkah mesin tiger panjangnya 62.5 sedangkan mega pro atau gl pro panjangnya 49.5 cm. Nah, perbedaan panjang langkah tersebut yang membedakaan CC motor tiger dengan mega pro, 200 cc untuk tiger sedangkan gl pro / mega pro 160 cc. Ini perbedaan blok mega pro dan tiger

Perbedaan transmisinya, untuk gl pro dan mega pro 5 (lima) percepatan sedangkan transmisi tiger 6 (enam) percepatan. Para pemilik CB 100 yang sudah di modifikasi sering memakai transmisi Mega Pro dan Tiger untuk upgrade permesinan. Nah ini beda yang paling mencolok dari transmisi tiger, apabila transmisi di masukkan ke gigi 1, kemudian motor di selah manual akan terasa ringan atau loss (mbrusut). Jika kopling mengadopsi kampas kopling tiger akan terasa berat tarikannya, solusi untuk tarikan kopling biar enteng.

cb mesin tiger


Untuk Gigi primer dan skunder tiger dengan mega pro/gl pro, gigi primer skunder biasa disebut drafgear yang sudah terintegrasi dengan pompa oli. Jadi kalau ingin beli drafgear itu harus satu set primer sekunder dan pompa olinya. Drafgear tiger (primer/sekunder) 22/68 sedangkan drafgear mega pro/gl pro 21/71 bandingkan dengan drafgear CB dan GL 100 18/73.

Untuk piston mega pro/gl pro lebih nge dome dari pada milit tiger yang datar atau trepes sedangkan diameter pistonnya sama. Itulah sedikit perbedaan mengenai beda mesin tiger dengan mesin gl pro / mega pro secara sekilas.

Baca Juga :

Modifikasi Knalpot Gl Pro

Modifikasi motor memang memerlukan kejelian, kesabaran dan ketelatenan. Dalam hal ini modifikasi knalpot gl pro bisa mengaplikasikan knalpot tiger revo di gl pro, knalpot mega pro new atau knalpot new scorpio.
Banyak modifikator memperhatikan unsur cat, roda atau kaki-kaki agar tampilan sepeda motor khususnya gl pro menjadi kekar atau gambot.

Sedangkan knalpot original gl pro bentuknya kecil mungil tidak seimbang jika mengadopsi ban atau roda besar. Solusinya, gl pro memakai knalpot tiger revo atau knalpot new scorpio. Urusan modifikasi memang harus mengakal sana dan sini, yang penting bisa di pasang walaupun harus di las untuk di sesuaikan.

gl pro knalpot tiger revo

Modifikasi knalpot gl pro menggunakan tiger revo selain mempercantik tampilan motor, juga meningkatkan performa kecepatan motor hingga 25%. Oleh karena itu knalpot tiger revo di bengkel resmi honda selalu kosong stoknya, bahkan konsumen harus rela inden. Untuk harga knalpot tiger revo di dealer honda tipe lama (cover mulus) seharga 650.000 sedangkan untuk knalpot tiger revo yang baru (cover corak) seharga 675.000. Baca juga Merombak GL MAX jadi CB

gl pro kanlpot scorpio

motor gl pro kanlpot scorpio
gl pro knalpot scorpio

Cara pasang knalpot tiger revo di gl pro harus dibawa ke tukang las terdekat untuk menyesuaikan arah leher angsa supaya bisa pas di blok motor gl pro. Untuk tahanan knalpot bisa menggunakan footstep tiger rebo, footstep mega pro new atau langsung di las di as knalpot gl pro.

Modifikasi knalpot gl pro mengadopsi knalpot scrorpio juga demikian, sama halnya dengan knalpot tiger revo. Akan tetapi kebanyakan memakai cover knalpotnya saja karena tidak terlalu sulit untuk mengakalinya.

Baca juga :

Memilih Sunglass Untuk Pria

Sunglass atau kacamata gelap identik dengan hitam dari dulu sudah digemari oleh kalangan pria. Dulu jamannya punggawa band rock asal Amerika Gun N Roses memakai sunglass atau kacamata hitam, banyak pria khususnya Indonesia yang meniru memakai sunglass. Kakak saya yang penggemar Gun N Roses itu pun tertarik memakai kacamata hitam dan bentuknya mirip dengan yang di pakai Axl Rose.

Sampai jaman sekarang pun, kacamata hitam masih digemari oleh berbagai kalangan, mulai dari tukang las sampai biker CB Indonesia memakai sunglass. Dulu ada guyonan semacam ini, kalau menemui rekan memakai sunglass ada yang nyeletuk, hari ini Surabaya gelap.

memilih sunglass untuk pria
BIker CB Dan Sunglass

Fungsi atau manfaat sunglass sendiri sebenarnya untuk melindungi mata dari pancaran sinar matahari atau sinar ultraviolet yang menyilaukan. Dalam konteks manfaat ini, sangat cocok di pakai untuk turis baik lokal maupun asing saat berjemur di pantai yang terik. Ada kalanya manfaat dari sunglass itu kondisional, seperti ketika letusan gunung kelud tanggal 14 februari 2014 silam, dimana letusan gunung kelud abunya sampai Surabaya. Nah saat itulah fungsi dari sunglass atau kacamata hitam secara kondisional sangat di butuhkan. Begitu juga ketika para Biker CB Indonesia melakukan bakti sosial korban gunung kelud, pasti membutuhkan sunglass, bukan hanya sekedar aksesoris.

CB Majapahit
Cak Si Blon Punggawa CB Majapahit Memakai Sunglass

Ada juga yang memakai sunglass untuk bergaya seperti saat biker CB melakukan turing jarak jauh. Agar tampil beda dari lainnya, maka aksesorisnya berupa kacamata hitam. Berikut ini tips memilih sunglass untuk pria sesuai dengan bentuk wajah agar tidak salah beli. Kalau salah beli malah tidak jadi bergaya, jadinya malah aneh tampilannya.

  • Tips memilih sunglass untuk wajah oval, Wajah oval memang cocok untuk tipe berbagai tipe kacamata karena hampir seluruh tipe kacamata cocok dengan wajah oval ini. Hanya cukup sesuaikan panjang lebar ukuran kacamatanya.
  • Wajah persegi, wajah persegi mempunyai bentuk rahang yang kuat dan tegas. Pilihlah frame yang agak bulat atau oval untuk menyamarkan tulang rahang, serta pilihlah frame yang tidak terlalu tebal.
  • Wajah bundar, Pipi cubi menjadi andalan pemilik wajah bundar, pilihlah frame dengan bentuk persegi dengan tujuan agar kacamata dapat memberikan efek tegas pada garis wajah.
  • Wajah bentuk hati, Lho wajah kok bentuknya seperti hati. Ciri-cirinya berdahi lebar atau nonong seperti lokomotif CC 201 series, mengerdil di bagian dagu dan memiliki garis rahang yang mungil. Nah kacamata yang cocok adalah bentuk frameless, kacamata frame kotak dan kacamata oval. Pemilihan warna terang pada frame juga membantu menutupi bentuk dagu yang kecil.
Sebaiknya sebelum memilih bentuk kacamata selain memastikan bentuk yang pas dengan wajah, pastikan dulu kualitasnya. Hal ini dimaksudkan kenyamanan menjadi nomor satu. Saya tidak harus memberikan referensi membeli kacamata yang sesuai dengan keinginan tiap individu, coba saja di lihat di toko terdekat atau kalau repot coba lihat di toko onlen zalora yang mempunyai cukup koleksi sunglass.

Baca Juga Artikel 

Pasang Dobel Stater CB

Motor CB 100 bisa di pasang dobel stater cb dengan menyiapkan beberapa bahan dan peralatan diantaranya piranti dobel stater set itu sendiri. Di jalan raya apalagi saat turin, banyak biker CB 100 yang sudah mengaplikasikan dobel stater atau elektrik stater untuk motor CB mereka. Bagaimana cara pasang dobel stater CB? Yuk simak lanjutannya. Untuk lebih jelasnya tentang motor CB silakan baca dulu : Modifikasi CB 100 dan juga ini : Finalisasi Modif CB 100 Model Twin

Pada dasarnya mesin CB 100 bisa di pasang dobel stater atau elektrik stater dengan mengakali bak atau rumah nomer mesin. Bagian mesin CB yang ada nomer mesinnya itu yang di modifikasi. Setau saya, ada dua aliran dalam memasang dobel stater CB dari yang pernah saya lihat. Pertama, memasang dinamo stater pada bagian bak kopling dengan mencoakkannya kemudian dinamo stater diletakkan pada sekitar blok mesin menyentuh rangka.

dobel stater CB depan

Cara pasang dobel stater cb berikutnya adalah dengan membentuk bak nomer mesin menjadi seperti bak mesin gl pro neotech. Cara membentuknya jelas diserahkan ke tukang las diral dengan biaya sekitar 650 ribu. Untuk jasa pengelasan tergantung jarak dan akses, kalau mau di jombang silakan ke tempat praktik pak rokhim mojokrapak. Letaknya pinggir jalan raya Babat Jombang, atau berdekatan dengan tambak beras jombang. Jika dari arah Madiun turun perempatan lampu merah sambong kemudian naik becak sekitar 1 km sebelah kanan jalan, itulah tempat praktik pak rokhim.

cb dobel stater

Biaya pasang dobel stater CB sebagai berikut :

  1. Las diral untuk bak mesin Rp 650.000
  2. Beli Dobel stater set bekas mega pro : Rp 950.000, tiger Rp 1.200.000 (untuk dobel set baru sekitar 1.800.00 mega pro)
  3. Holder Kiri Kanan Tiger/Mega Pro bekas original : Rp 350.000, Imitasi Baru Rp 90.000
  4. Aki Binter Mercy Rp 150.000
  5. Bendik Stater Rp 35.000
  6. Lain-lain seperti biaya pemasangan, packing, kabel-kabel dll Rp 200.000
  7. Total biaya pemasangan dobel stater cb adalah Rp 2.600.000
Motor CB 100 memang motor keluaran lawas, jadul akan tetapi tenaga dan roh mesinnya banyak yang dirombak seperti motor baru. Dengan pasang dobel stater CB tidak perlu menyelah engkol stater yang berat bahkan kadang njeplak.


Mengatasi Motor Hilang Kompresi

Berbagi tips mengatasi motor hilang kompresi dimana saya sering mengalami hal ini dengan Gl Pro saya. Masalahnya motor gl pro saya diamkan di dalam kandang selama satu minggu tidak pernah saya sentuh apalagi saya hidupkan sama sekali. Efeknya motor susah menghidupkannya. Untuk bekerja sehari-hari, saya menggunakan C70 dengan pertimbangan irit BBM, gl pro hanya saya pergunakan untuk perjalanan jarak jauh.

Ciri-ciri motor kehilangan kompresi salah satunya, motor di stater manual (di selah) tidak ada tenaganya sama sekali. Biasanya ada tenaga agak berat dikit dan kalau dapat bonus bisa nendang balik ke kaki kita. Diselah ngelos tapi ketika di cek pengapiannya normal dan masih besar. Penyebab lainnya adalah kompresi bocor karena klepnya atau bisa juga karena packingnya yang bocor.

gl pro kehilangan kompresi

Menghadapi motor yang hilang kompresi tidak usah bingung atau panik. Kalau ketemu ciri-ciri diatas kemungkinan penyakitnya kehilangan kompresi. Kalau tidak terbiasa pasti akan BT, motor kok sering ngambek atau mogok. Tapi kalau hati sudah menyatu dengan motor tersebut pastilah mengerti celah dan selah dari motor yang kita kendarai tiap hari.

Untuk kasus gl pro saya yang sering kehilangan kompresi, sampai saya sudah hafal dengan tingkah polahnya. Tidak perlu bingung atau di bawa ke bengkel terdekat. Cukup sediakan kunci busi atau kunci 18 untuk membuka businya. Kemudian sediakan oli seadanya, oli yang bagus juga tidak apa-apa, oli tap-tapan juga boleh, namanya juga pengiritan dan juga belajar praktik sewaktu-waktu di jalan motor mogok. Jika busi sudah kebuka, teteskan oli ke dalam lubang busi yang ada di blok motor anda, teteskan secukupnya jangan banyak-banyak. Lalu selah/stater dengan menutup lubang busi tadi dengan jari, nanti kompresinya balik sendiri. Lakukan minimal lima kali selahan, atau seperlunya saja.
Setelah dirasa tenaga/kompresinya sudah balik (ditandai dengan beratnya selahan) pasang kembali busi pada tempatnya. Kemudian stater motor seperti biasanya, hasilnya Gl Pro saya ngebul asapnya banyak. Tidak usah kaget itu karena oli yang kita tuangkan tadi, kalau di gas terus pasti olinya habis dan motor siap untuk diajak jalan-jalan kembali. Cukup simple dan mudah jika dilakukan dengan senang hati. Cukup sekian tips mengatasi motor hilang kompresi dari saya, semoga bermanfaat. Lalu bagaiman cara mengatasi motor selain gl pro yang hilang kompresinya? Lakukan hal yang sama pada cara diatas.

Inilah Volume Oli Shock Depan Motor

Hal yang sepele namun mempunyai efek yang penting adalah memperhatikan volume oli shock depan motor anda. Jika terlalu banyak dari takaran maka akan terasa kaku dan keras sehingga terasa sakit di pundak saat mengendarai motor anda. Shock atau shockbreaker atau skok depan motor merupakan peredam kejut saat pengereman motor maka tugas shock breaker adalah menaham daya pantul yang di hasilkan dari belakang motor. Dan inilah volume oli shock depan motor yang akan saya sajikan.

Pertanyaannya adalah, berapa volume oli shock depan motor? Volume oli shock depan motor dari berbagai merk motor :

MOTOR HONDA
Type Motor Volume Oli  (ML)
Astrea Grand 52
Supra X/Supra Fit 64
Kharisma 68
Kirana 70
Vario 75
Gl 100/Gl 125 80
WIN 81
Gl Pro/Gl Max 157
Mega Pro 163
Tiger 126
Tiger Revo 135
CS 1 54.5
Beat 76
Blade65.5


YAMAHA
Type Motor Volume Oli  (ML)
Vega R 61
Jupiter Z 61
Vega ZR 67
Jupiter MX 64
Vixion 230
Scorpio 252
RX King 177
Mio 53
Nouvo 63


SUZUKI dan KAWASAKI
Type Motor Volume Oli  (ML)
Shogun 125 51
Smash 51
Satria F 103.5
Thunder 125 150
Thunder 250 250
Ninja 250 310
Blitz 52.7
Kaze  52.3
Kaze R 64

Tingkat kelenturan dan standart oli shock depan motor tergantung tipe dan karakter motor itu sendiri. Seperti Honda Win yang handal dalam jalan raya maupun jalan tanah. Demikian sedikit contekan volume oli shock depan motor, semoga mengandung manfaat.

Perjalanan Menuju Tuban Dengan Gl Pro

Hari Sabtu, tanggal 8 Maret 2014, saya bersilaturohim/ mengunjungi ibu saya di Tuban menggunakan motor Gl Pro. Perjalanan rutin dua mingguan sebagai bentuk bakti anak kepada orang tua, karena saya sendiri sudah berdomisili di Kabupaten Mojokerto. Tanggung jawab dan kewajiban saya sebagai anak masih tetap saya tunaikan meskipun urusan intern keluarga kecil saya juga harus saya selesaikan. Untuk dapat terselesaikan semua urusan tersebut, biasanya saya tidak berlama-lama di rumah ibu saya, datang pukul 08.00 kembali lagi ke Mojokerto pukul 13.00, hanya 5 jam saya berada di rumah ibu saya dan saya rasa itu cukup untuk memberikan kabar dan membuat saya dan ibu saya lega. Karena sudah tau wujud kehadiran anaknya, beda dengan melalui telepon.

Perjalanan dari Mojokerto saya awali berangkat pada pukul 06.00 dengan gl pro series 1991. Biasanya setelah Sholat subuh saya selalu mengecek tekanan angin, bensin dan sistem pengereman, kemudian mengelap helm yang akan saya pakai. Barang bawaan saya tidak banyak, saya selalu membawa jas hujan, obeng dan beberapa kunci pas yang hanya terbatas untuk membuka tutup aki samping, hal ini untuk jaga-jaga apabila terjadi mogok di jalan. Hal pertama adalah isi bensin sebanyak 3 (tiga liter) atau membeli Rp 20.000 dengan jarak tempuh kira-kira 110 km.

Jalan Gedeg Ploso
Jalan Gedeg - Ploso

Segera saya meluncur dari Dlanggu, Mojokerto menuju Tuban dengan melintas jalur kec Gedeg, Ngusikan, Kudu, Tapen, Kabuh, Ngimbang, Babat dan Tuban. Untuk menghindari banyaknya lalu lalang kendaran yang kebanyakan pekerja ajinomoto, saya melintas jalan eks lintasan lori pabrik tebu gempol krep yang relatif lebih lancar. Selepas pabrik tebu gempol krep, saya mengharap ada anak sekolah yang nebeng gl pro saya. Hal ini biasa saya lakukan jika saya pulang ke Tuban, hitung-hitung memudahkan langkah mereka menuju sekolahan. Ini cerita lengkapnya : numpang nebeng.

Numpang Nebeng
Selamat Belajar ya Le

Keadaan jalan lintas gedeg-ploso jalannya sempit dan sudah banyak lubang-lubang kecil serta jalan bergelombang. Kendaraan yang melintaspun tidak tanggung-tanggung, ada dump truck dan bus jurusan surabaya jogjakarta yang mencari jalan alternatif. Sulit untuk mendahului jika sudah terjebak dalam antrian truck-truck besar ini, apalagi dari arah berlawanan juga padat. Keadaan jalan di Kabuh juga demikian, banyak lubang dan bergelombang, tapi masih mendingan dari pada dulunya.

Jalanan di kecamatan Kabuh
Kontur Jalan di Tapen

jalan perbatasan lamongan Jombang
jalan perbatasan Lamongan Jombang

jalan gunung pegat
Keadaan Jalan di Gunung Pegat

Perjalanan dengan gl pro sampai di perbatasan jombang lamongan dengan batas kecepatan maksimal 80 kpj dengan rata-rata kecepatan 65 kpj. Pada umumnya, sepanjang jalan yang saya lintasi banyak lubang besar dan kecil dan bergelombang. Jika malam hari sangat berpotensi terjadinya kecelakaan/ terjatuh dari sepeda motor karena penerangan yang minim.

Perjalanan sampai di tuban dengan waktu tempuh 2,5 jam dengan rata-rata kecepatan 65kpj dan itulah kecepatan standart mengendarai motor bagi saya. Mohon doanya agar saya tetap bisa konsisten berbakti kepada orang tua saya dengan menempuh perjalanan Mojokerto Tuban diberikan keselamatan dan kelancaran. Saat ini Gl Pro menjadi andalan saya untuk menjangkau dua daerah terpisah jarak 110 km, walau kadang-kadang memakai C70.

Gl Pro Neotech

Selamat Pagi Bapak/Ibu, Teman, Rekan dan Bikers Nusantara. Gl Pro Neotech merupakan motor keluaran awal tahun 1995 sampai dengan Tahun 1999. Setelah itu produksi motor gl pro tidak di perpanjang lagi alias di ganti dengan keluaran baru berwujud mega pro. Peralihan dari gl pro neotech ke mega pro membuat desain motor mega pro pertama kali agak kaku dan minimalis. Kaku karena mesin masih menggunakan gl pro neotech persis dan belum disertai dengan elektrik stater/ dobel stater. Untuk skok depan sudah tidak menggunakan skok depan motor gl pro.

gl pro neotech
gl pro neotech 1995

Sebelumnya, motor gl pro berupa gl pro platina, gl pro cdi dan gl pro series dengan jargon black engine yang sangat legendaris. Semua jenis motor gl pro tersebut ada perbedaan secara mencolok jika di lihat dari sistem pengapiannya. Mulai dari platina, CDI (AC) dan terakhir gl pro neotech menggunakan sistem pengapian CDI (DC). Untuk draf gir gl pro sendiri, semua jenis gl pro draf gir nya sama. Istilah draf gir merupakan sebutan untuk gigi primer dan skunder yang ada pompa oli nya.
Pengalaman dengan motor Gl pro neotech baru-baru ini saya rasakan ketika adik saya membeli motor gl pro neotech hasil barteran dengan Gl 100. Pro Neotech tahun 1995, jika di hitung sampai tahun 2014, sudah berumur kurang lebih 9 (sembilan belas tahun) akan tetapi part mesin masih oke untuk di buat perjalanan jarak jauh.

Penyakit utama motor gl pro neotech ada pada klep dan noken as yang sering bunyi agak kasar, mirip seperti mesin ketik. Tidak perlu kawatir akan penyakit klasik motor gl pro tersebut, karena spare part originalnya masih tersedia di toko. Atau bisa juga di upgrade ke head tiger dengan klep memakai toyota camry. Untuk As Kruk sendiri sudah mumpuni dengan kapasitas langkah dan silinder ketemu CC 156. Buat bapak/ibu, teman dan rekan semuanya, jangan kawatir untuk memelihara motor jenis gl pro khususnya gl pro neotech ini, cara memeliharanya mudah, tahan segala medan serta ada komunitas penggemar honda gl pro dan gl max. Semoga berkenan.

Menghadiri Acara CB 100

Acara CB 100 yang digelar oleh klub CB biasanya di dahadiri oleh hampir seluruh bikers atau klub cb seluruh nusantara. Biasanya klub cb memberikan delegasi atau perwakilan kepada para personil yang siap turing, siap materi, fisik dan mental. Walaupun jarak yang ditempuh cukup jauh hingga ratusan kilometer dengan kontur jalan dan medan jalan yang sulit sekalipun tidak menyurutkan niat biker cb untuk menghadiri acara CB 100.

Apa saja yang di lakukan ketika turing dengan motor CB, baik saat dalam perjalanan maupun saat berada di lokasi acara CB? Selama dalam perjalanan ada ketua rombongan yang memimpin rombongan turing. Tugasnya membuka jalan agar anggota rombongan turing bisa melenggang dengan mulus, memilih jalan yang tidak bergelombang, serta memimilih rute jalan tercepat. Jika salah satu anggota ada yang mengantuk atau kelaparan, mereka akan berhenti untuk istirahat sambil ngopi atau tidur-tiduran (klesetan). Atau bisa juga disepakati titik berhenti untuk istirahat di pos mana saja, untuk mengurangi kecapekan.
Saat acara ulang tahun ke 6 (enam) CB HOT (honda owner team) Surabaya di Kenjeran Park Surabaya Bulan Februari silam, saya malah tidak menggunakan kendaraan bermotor untuk menghadiri acara tersebut. Saya naik kereta api untuk menjangkau ke kenjeran park, tempat acara CB HOT di gelar. Mengapa menggunakan kereta api? Alasan utama karena malas kena kemacetan Surabaya. Berangkat pagi saat banyak orang juga berangkat kerja, menjadi jalan penuh sesak. Begitu juga denga sore hari waktunya orang pulang kerja.
menghadiri acara CB 100
Acara CB HOT Surabaya

Acara CB Komphacs
Acara CB Komphacs Surabaya

Katanya, bikers kok malah menggunakan kereta api? Ada kalanya saya harus mengukur kadar kesiapan mental saya di jalan raya. Tidak siap kena macet, tidak siap kepanasan dijalan yang ujung-ujungnya bikin emosi jiwa. Menghadiri acara semacam ini dengan kereta api juga pernah saya lakukan saat acara expanding horizon photo hunt di dermaga ujung surabaya. Selain saya bisa menyimpan energi, juga bisa hunting foto kereta api. Pokoknya perjalanan tersebut saya manfaatkan dengan sebaik-baiknya, photo kereta api untuk koleksi dan dokumentasi blog serta video.
Menghadiri acara CB bagi saya, tentunya hanya untuk sekedar memfoto suasana acara, memfoto motor CB para hadirin dan berburu part motor di lapak yang disediakan. Seperti pada acara Deklarasi CB Suroboyo tahun 2013 silam, saya mendapat pesanan part motor yang sulit di cari, dan saya mendapatkannya di bursa spare part motor di lapak yang di sediakan. Saat itu saya menggunakan motor CB 100 keluaran tahun 1979 milik teman saya. Cukup membantu bukan? Tidak semua acara CB saya datangi, yang dekat dengan Mojokerto saja yang saya datangi, dengan pertimbangan jarak dan waktu. Itulah sekelumit mengapa dan bagaimana tujuan saya menghadiri acara CB 100 yang digelar oleh klub CB.

Harga Tiket Kereta Api Ekonomi per April 2016

Bapak/Ibu, Teman dan rekan semuanya, Harga tiket kereta api ekonomi per April 2016 mengalami penurunan harga karena mendapat jatah subsidi dari pemerintah. Public servis obligation atau disingkat PSO diberikan pemerintah melalui kementrian perhubungan kepada PT KAI. Sebenarnya turunnya subsidi pada bulan Maret ini, akan tetapi banyak tiket yang sudah terjual dan tigak memungkinkan untuk pengembalian bea, akhirnya disepakati tiket Kereta api ekonomi turun pada 1 April 2016
Sebelumnya, per 1 Januari 2016 sampai Maret 2016 jatah subsidi tidak turun sehingga harga tiket kereta api ekomoi disesuaikan atau naik sampai 100% (seratus persen). Baca selengkapnya : Harga tiket kereta api naik per 1 Januari 2016

Dan Berikut ini daftar harga tiket kereta api ekonomi per April 2016 :

Nama Kereta Jurusan Harga Tiket
Gaya Baru Malam Selatan Surabaya Jakarta 55.000
Tawang Jaya Semarang Jakarta 45.000
Tegal Arum Tegal Jakarta 25.000
Serayu Purwokerto Jakarta 35.000
Logawa Purwokerto Jember 50.000
Kutojaya Utara Kutoarjo Jakarta 40.000
Kutojaya Selatan Kutoarjo Bandung 35.000
Kamandaka Purwokerto Semarang 40.000
Kaligung Mas Weleri Semarang 25.000
Bengawan Purwosari Jakarta 50.000
Progo Yogyakarta Jakarta 50.000
Brantas Kediri Jakarta 50.000
Kahuripan Kediri Bandung 50.000
Kertajaya Surabaya Jakarta 50.000
Pasundan Surabaya Bandung 55.000
Matarmaja Malang Jakarta 65.000
Sri Tanjung Banyuwangi Yogyakarta 50.000
Tawang Alun Banyuwangi Malang 30.000
Probowangi Banywangi Probolinggo 18.000
Putri Deli Tanjung Balai Medan 20.000
Siantar Ekspress Siantar Medan 20.000
Serelo Kertapati Lubuklinggau 30.000
Rajabasa Kertapati Tanjungkarang 30.000

Harga Tiket KA Ekonomi LOKAL :

Nama Kereta Jurusan Harga Tiket
Rajabasa Kertapati Tanjungkarang 30.000
Banten Ekspress Merak Angke 5.000
Krakatau Ekspress Angke Merak 5.000
Cilamaya Ekspress Purwakarta Jakarta Kota 3.000
Lokal Rangkas Angke Rangkas 2.000
Lokal Rangkas Parungpanjang Angke 1.500
Lokal Rangkas Rangkas Parungpanjang 2.000
Ekonomi Lokal Cikampek Jakarta Kota 2.500
Walahar EKspres Jakarta Kota Purwakarta 3.000
Ekonomi Lokal Jakarta Kota Purwakarta 3.000
Jatiluhur Purwakarta Jakarta Kota 3.000
Jatiluhur Jakarta Kota Cikampek 2.500
Ekonomi Lokal Purwakarta Cibatu 3.500
Bandung Raya Ekonomi Kiaracondong Cicalengka 1.000
Bandung Raya Ekonomi Cicalengka Padalarang 1.500
Bandung Raya Ekonomi Bandung Padalarang 1.500
Bandung Raya Ekonomi Cicalengka Bandung 1.500
KRD Sriwerdari AC Solo Yogyakarta 10.000
KRD Sriwerdari Non AC Solo Yogyakarta 6.000
KRD Sriwerdari Non AC Solo Kutoarjo 12.000
KRD Prameks Solo Kutoarjo 12.000
KRD Prameks Solo YOgyakarta 6.000
Penataran Surabaya Malang Blitar 5.500
Rapih Dhoho Surabaya Kediri Blitar 5.500
KRD Bojonegoro Surabaya Bojonegoro 3.000
KRD Kertosono Surabaya Kertosono 2.000
Komuter Surabaya Porong Surabaya Porong 2.000
Komuter Surabaya Lamongan Surabaya Lamongan 2.000
Pandanwangi Banyuwangi Jember 4.000

Cukup sekian dulu bapak/ibu, teman dan rekan semuanya mengenai Harga Tiket Kereta Api Ekonomi per April 2016 yang mengalami penurunan harga, tentunya merupakan kabar gembira bagi calon penumpang kereta api.

Harga Tiket Kereta Api Ekonomi

Hampir di Tabrak Ambulan

Ambulan, Ambulans atau Ambulance tiga kata itu akhirnya saya pilih kata Ambulan karena lebih Indonesia banget menurut saya. Cerita hampir di tabrak ambulan ini saya alami kemarin Hari Senin tanggal 3 Maret 2014 ketika saya berangkat kerja di pagi buta tentunya. Dan judul diatas merupakan subyektivitas saya sebagai pelaku dan calon korban tabrakan, bisa saja menuru sopir ambulan tadi, dia bilang hampir saja di tabrak motor butut C70 ijo. Jadi ini subyektivitas saya yang bisa saja keliru menurut anda semua.

Saya bangun pagi pukul 03.30 WIB yang menjadi rutinitas saya tiap hari, setelah mencuci pakaian anak saya dilanjutkan membersihkan badan (mandi) supaya segar. Bergegas berangkat kerja pada pukul 04.10 WIB, untuk daerah mojokerto belum adzan subuh tapi masih tarkhim, tau kan tarkhim? Kecepatan mengendarai motor C70 ijo tidak begitu ngebut menurut kapasita mesinnya. Biasanya saya melaksanakan sholat subuh di masjid yang berjarak 5 km dari rumah saya, dan itu menjadi rutinitas saya tiap hari. Tapi hari itu karena saya belum mebeli tiket kereta api yang bisa di pesan H-30 membuat saya merencanakan sholat di depan stasiun mojokerto.

hampir di tabrak ambulan
Habis ditabrak

Ditengah perjalanan sudah mendengar adzan subuh, untuk mengejar sholat jamaah subuh saya menarik kabel gas motor C70 saya agak dalam, biar cepat sampai dan ikut jamaah sholat subuh. Mendekati terminal mojokerto, sudah kelihatan lampu merah (lampu trafik) menyala merah yang artinya sebentar lagi berwarna hijau. Saya hapal karena tiap hari sudah tau gerak gerik lampu merah ini. Keadaan lampu merah sepi, tiap hari juga sepi karena jam segitu hanya bakul (pedagang) berjualan dipasar yang melintas.
Ketika sudah melintas di terminal mojokerto yang berjarak 100 meter dari lampu merah, lampu menyala hijau dan saya hapal nyala hijaunya akan cepat sekali mungkin kurang dari 20 detik. Saya menarik gas motor dalam lagi dan bertepatan saat saya melintas garis zebra cross warna lampunya kuning. Saya lanjutkan saja laju kendaraan saya karena masih dalam tahap belum melanggar menurut saya, jika mengerem pasti tidak ngatasi dan akan berhenti di tengah perempatan jalan.

Saat laju kendaraan saya geber tersebut dan saya sudah masuk di area perempatan jalan muncul secara tiba-tiba ambulan dari arah Surabaya dengan tanpa membunyikan sirine. Mungkin membawa jenazah atau memang ambulan kosong. Dalam keadaan panik tersebut saya masih bisa menghindar dari tabrakan ambulan tersebut karena sopir ambulan mengerem mobilnya. Walaupun tidak bisa berhenti seketika tapi cukup mengurangi kecepatan dari ambulan tersebut dan saya malah menggeber gas kemudian melakukan manuver kekiri untuk menghindari tabrakan. Sampai saya menerabas bahu jalan yang tidak beraspal. Dan alhamdulillah saya selamat dari kecelakaan lagi. Seandainya saya mengerem motor saya, pasti hasilnya akan menabrak ambulan tersebut, dan entah kenapa tindakan saya langsung spontan seperti itu seperti ada yang menuntunnya, entahlah.
Sesaat setelah kejadian tersebut, kaki saya langsung lemas dan bergetar (ngejer) karena membayangkan seandainya kecelakaan itu terjadi. Kesalahan saya adalah tidak melihat kiri kanan saat menyeberang perempatan, asal hijau saya melintas begitu saja. Kesalahan ambulan tersebut adalah tidak membunyikan sirine tanda bahaya walaupun di pagi hari buta yang masih sepi. Hal ini mengingatkan saya akan bahaya kecelakaan itu datangnya dari manapun, walaupun kita sudah berhati-hati tapi orang lain yang tidak berhati-hati maka bisa mencelakaan kita juga. Setelah sholat subuh berjamaah tak henti-hentinya saya mengucap sykur alhamdulillah.

Wisata Candi Bajang Ratu

Sejenak merefresh otak dan pikiran dengan ber wisata ke candi bajang ratu Mojokerto. Wisata Candi Bajang Ratu terletak di Desa Temon Kecamatan Trowulan Kab. Mojokerto, sekitar 5 km dari pusat kota mojokerto atau 4 km dari Terminal Bus Kertajaya Mojokerto. Aksesnya cukup mudah, dari arah Surabaya maupun dari arah Jombang nanti akan ketemu perempatan lampu trafik (lampu merah) Trowulan belok kiri (dari Surabaya) dan belok kanan (dari Jombang). Setelah melintasi kolam Segaran yang terletak di komplek musium Mojopahit, itu tandanya sudah mendekati lokasi, 500 meter dari musium Mojopahit ada perempatan sebelum Pendopo Agung Mojopahit belok ke kiri, sekitar 700 meter sudah sampai di lokasi yang berada di sebelah kiri jalan.

Candi Bajang Ratu
Candi Bajang Ratu 

candi bajang ratu

wisata candi bajang ratu
wisata candi bajang ratu

Jika menggunakan kendaraan umum bis untuk menuju ke wisata candi bajang ratu, maka turun perempatan trowulan kemudian naik ojek atau becak motor. Jika menggunakan angkutan umum seperti kereta api, agak repot untuk menuju ke tempat wisata candi bajang ratu, angkutan menuju ke lokasi sangat jarang, bahkan bisa dikatakan tidak ada. Solusinya harus naik angkutan umum menuju terminal Mojokerto, itupun jam 5 sore sudah tidak ada angkot lagi, naik ojek bisa menjadi alternatif terakhir.

Pertama kali masuk wisata candi bajang ratu terkesan sangat nyaman, asri dan sejuk. Seluruh kawasan lokasi candi bajang ratu ini di konsep seperti taman dengan rumput yang hijau terawat, bahkan warna coklat tanahpun tidak nampak, kecuali jalan yang menghubungkan ke lokasi candi. Ketika saya, istri dan anak saya mengunjungi candi Bajang ratu, jauh dari bisingnya knalpot kendaraan, klakson kendaraan apalagi suara suling kereta api.
Kami merencakan untuk berwisata ke candi bajang ratu sebagai sarana rekreasi keluarga yang nyaman, aman dan murah. Berapa harga tiket untuk masuk ke wisata candi ini, tidak perlu membeli tiket, cukup dengan membayar uang kebersihan sebesar Rp 5000 (lima ribu rupiah) padahal aslinya sukarela, sak kerso panjenengan dan juga biaya parkir sebesar Rp 2000 (dua ribu rupiah). Dalam hal kebersihan lokasi candi, ada petugas yang selalu membersihkan dan menata taman yang berupa rerumputan. Tersedia juga tempat sampah di beberapa titik yang saling berdekatan, cukup mudah dan tidak bikin malas untuk membuang sampah. Begitu juga tersedia dengan kamar mandi yang bersih dan airnya mengalir dengan jernih.

Pokoknya tidak rugi jika mengunjungi wisata candi bajang ratu Mojokerto khususnya bagi yang berdomisili di Kabupatan Mojokerto dan Jombang. Sekalian bernostalgia dengan masa muda ketika berpacaran dengan istri tercinta.