Pasang Karbu Keihin PE28 di Gl Pro

Pasang Karbu Keihin PE28 di Gl Pro ataupun keluarga GL lainnya seperti Gl 100, Gl Max, Mega Pro dan Tiger. Untuk menaikan performa tarikan motor atau agar akselerasi motor Gl menjadi kenceng dengan mengganti karbu milik NSR SP atau PE 28, karbu Ninja 2 tak atau Karbu RX king. Apa saja yang perlu disiapkan untuk mengaplikasikan karbu NSR SP atau PE28 ke dalam Gl Pro atau seri motor GL lainnya.

Masalah pemasangan tidak plug and play, terganggu pada manifold yang berbeda sama sekali milik GL dan Karbu PE28. Jika karbu Gl Pro bisa di kunci dengan baut yang ada di manifold atau intake, sedangkan karbu PE28 tidak ada kuncian bautnya.
Berikut ini contoh pengaplikasian pasang karbu keihin PE28 pada Gl 100


pasang karbu PE28 di GL 100

Bahan yang diperlukan adalah manifold atau intake milik GL 100 yang terbuat dari aluminium atau diral. Kemdain satu sisi kuncian bautnya di bubut dibentuk silinder atau di hilangkan kunci bautnya. Kuncian baut yang satu untuk menancap pada blok mesin. Kemudian siapkan selang radiator yang biasa digunakan untuk mobil atau truck di potong sesuaikan dengan jarak manifold dan karbu. Kemudian di di beri klem untuk memperkuat selang di manifold. Biaya pemasangan karbu PE28 pada gl pro. Harga manifold 15 ribu, harga selang radiator 9 ribu, biaya bubut 5 ribu dan biaya klem atau tali 5ribu.

Manifold GL 100

Namun jika tidak ingin repot-repot berkreasi cukup beli manifold pulsar seharga kurang dari 40 ribu, atau bisa pasang karbu keihin PE28 di gl pro dengan menggunakan manifold yamaha scorpio dengan harga kisaran 70 ribu. Demikian semoga membantu.

Daftar Tilang Kendaraan Bermotor Terhadap Pelanggaran Lalu Lintas

Daftar Tilang kendaraan bermotor terhadap pelanggaran lalu lintas. Dalam beberapa kali kesempatan mengendarai sepeda motor, sering saya menjumpai adanya operasi, razia atau moment yang di lakukan oleh satlantas polres setempat. Sasarannya adalah kelengkapan surat kendaraan , SIM dan kelengkapan alat sepeda motor seperti spion, sein, ukuran ban yang kecil dan sebagainya. Jika tidak memenuhi standart, maka diberlakukan tilang (bukti pelanggaran). Sanksi berupa denda atas pelanggaran lalu lintas (tilang) saat ini berkisar antara 250 ribu- 1 Juta rupiah. Hal ini sesuai dengan UU no 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan. Data ini saya peroleh dari NTMC Polri (national trafic managemen centre). Berikut ini daftar tilang kendaraan bermotor terhadap pelanggaran lalu lintas :

Pelanggaran Pasal Pemberlakuan
Tidak memiliki SIM 281 Pidana Kurungan paling lama 4 Bulan atau denda paling banyak 1 juta rupiah
Tidak Bisa menunjukkan SIM Saat Razia 288 ayat 2 Pidana Kurungan paling lama 1 Bulan atau denda paling banyak 250 ribu rupiah
Tidak Memasang Plat Nomor 280 Pidana Kurungan paling lama 2 Bulan atau denda paling banyak 500 ribu rupiah
Kelengkapan seperti spion, sein, kanlpot, spido meter dll 285 ayat 1 Pidana Kurungan paling lama 1 Bulan atau denda paling banyak 250 ribu rupiah
Melanggar rambu lalu lintas 287 ayat 1 Pidana Kurungan paling lama 2 Bulan atau denda paling banyak 500 ribu rupiah
Melanggar batas kecepatan baik tinggi/rendah 287 ayat 5 Pidana Kurungan paling lama 2 Bulan atau denda paling banyak 500 ribu rupiah
Tidak memiliki STNK 288 ayat 1 Pidana Kurungan paling lama 2 Bulan atau denda paling banyak 500 ribu rupiah
Menggunakan Helm tidak standart 291 ayat 1 Pidana Kurungan paling lama 1 Bulan atau denda paling banyak 250 ribu rupiah
Demikian informasi ringan tentang daftar tilang kendaraan bermotor, yuk kita utamakan keselamatan diri sendiri dan orang lain di jalan raya, tetap safety riding walaupun berkendara saat hujan. Semoga bermanfaat.


Klarifikasi dan Permohonan Maaf

Beberapa hari lalu dalam tulisan penghargaan dari Andy Desain saya menuliskan tentang blog ini yang mendapat award atau penghargaan dari Andy Desain. Kategori yang di pilih oleh mas Andy (admin) adalah blog yang bermanfaat dalam menyajikan informasi. Tanggapan saya mengenai award tersebut agak nyeleneh dan mengundang berbagai tafsiran, mengingat penjelasan yang singkat dan berupa tulisan pula. Begitu juga dengan komentar yang tidak saya tanggapi karena berbagai alasan.

Intinya, saya menyinggung tentang blog yang menyajikan informasi menarik yang di balas komen singkat dan menyimpang dari topik. Saya sendiri tidak mempermasalahkan komentar yang menghiasi kolom komentar, baik itu singkat atau panjang tetap saya anggap sebagai tamu yang istimewa. Karena saya juga berlaku demikian pada beberapa blog yang sudah saya kenal. Masalahnya berawal dari beberapa blogwalking ke blog teman-teman dimana ada teman baru yang hanya dua kali melakukan interaksi dengan saya. Komen di kolom komentar diblog ini ala kadarnya. Sekali lagi saya tidak mempermasalahkan komen model apapun. Saat saya berkomentar balik, kolom komentar di beri pesan jangan komentar out of topic atau istilahnya nyepam. Berangkat dari sinilah saya agak sewot dengan blogger model seperti ini. Dengan kata lain jangan buang sampah ditempatku, buanglah sampah di tempat tetanggaku.

Tulisan saya tersebut mengandung banyak pemaknaan dan juga tidak spesifik mengarah kepada siapa. Jelas tiap orang membaca akan terkena strike dan memunculkan bermacam reaksi. Untuk itulah di kesempatan ini saya memohon kerelaan teman-teman untuk sudi memaafkan saya dalam tulisan tersebut. Komen apapun akan tetap saya tampung asal masih dalam batas kesopanan dan kewajaran. Untuk pembalasan komen di kolom komentar saat ini saya belum bisa intens membalasnya begitu juga dengan berkunjung balik. Sekali lagi saya mohon maaf atas kekhilafan dan kesenganjaan saya. Terima kasih.

Waktu Berjalan Cepat

Tulisan Waktu berjalan cepat ini lanjutan dari cerita karyawan ndablek dimana saat itu saya beserta rekan kerja diajak makan atasan selepas acara training pengenalan sistem kerja. Singkat cerita diacara makan-makan tersebut berakhir dengan cap karyawan ndablek.

Kami datang ke rumah makan sebelah tempat kerja sekitar pukul 13.30 dan kami belum sholat dhuhur. Pikir saya dan mungkin rekan kerja saya sama, ah masih ada waktu 30 menit paling lama satu jam untuk ikut makan dengan atasan. Pikiran saya hanya sederhana, pesan makanan kemudian makan dan selesai langsung kembali ke tempat kerja. Tidak membutuhkan waktu yang lama, karena kebiasaan makan saya yang tidak lebih dari 20 menit.

Ternyata setelah masuk di tempat makan yang dituju, atasan memesan aneka jenis makanan dan minuman. Bisa di katakan satu orang disajikan 3 menu masakan dengan jenis minuman yang berbeda pula. Ditambah lagi, masakan yang akan disajikan harus menunggu matang terlebih dahulu. Berbeda dengan sajian masakan yang ada di warung yang sudah siap saji, pesan lalu makan. Tiga Puluh menit yang berarti sudah jam 14.00 makanan belum disajikan atau belum matang. Saya agak resah karena belum melaksanakan sholat dhuhur.

Setelah makanan disajikan dan kami semua menyantapnya ternyata waktu sudah menunjukkan pukul 14.30. Rasanya waktu berjalan begitu cepat dengan perbuatan yang sia-sia sama sekali. Sia-sia karena saya belum ngeblog sama sekali hari itu juga karena tidak ada perbuatan yang mengandung manfaat. Selesai makan kami langsung buru-buru melaksanakan sholat dhuhur dan selepas sholat duhur sekalian menunggu adzan ashar. Tidak ada lima menit terdengar adzan ashar dan kami melanjutkan sholat ashar. Layaknya pertandingan sepak bola, sholat dhuhur kami itu masuk waktu injuri time.


Tiket Promo Kereta Api

Tiket Promo Kereta Api diberlakukan dalam rangka Imlek atau Tahun baru China. Dalam rangka meningkatkan minat penumpang menggunakan jasa angkutan kereta api, maka dibuatlah strategi promosi untuk kereta api kelas eksekutif. Setelah bulan November 2013 memberlakukan tiket promo untuk para pejuang.

Berikut ini ketentuan tiket promo kereta api kelas eksekutif :
  • Cara memperoleh tiket promo bisa datang langsung ke pembelian di stasiun, contact center 121, penjualan eksternal tiket kereta api dan juga online booking.
  • Tempat duduk tiket promo dapat dilayani pada masa pemensanan dan penjualan langsung dengan catatan masih tersedia tempat duduk.
  • Nomor tempat duduk untuk tiket promo ini bersifat acak, jadi tidak bisa di pesan berdasarkan keinginan penumpang.
  • Kuota tiket promo kereta api berjumlah 10 (sepuluh ) tiket per - kereta. Jadi kereta Gumarang 10 tiket, Argo Bromo 10 tiket dan seterusnya.
  •  Tiket Promo ini tidak bisa di tukar, rubah jadwal atau dibatalkan jadwalnya.
  • PEMBELIAN Tiket Promo berlaku untuk tanggal 27-28 Februari 2014.
Berikut ini nama kereta api yang  diberlakukan tiket promo kereta api beserta harga tiket promo nya:
  • Bandung Jakarta Cirebon : Rp 58.000 (lima puluh delapan rupiah) diberlakukan pada kereta : Argo Parahyangan (Gopar) dan Ciremai Ekspres (Cireks)
  • Jakarta Cirebon : Rp 88.000 (delapan puluh delapan rupiah) berlaku untuk tiket kereta api Cirebon Ekspres dan Argo Jati
  • Jakarta Semarang Solo Yogyakarta : Rp 168.000 diberlakukan untuk tiket promo kereta api argo lawu, argo dwipangga, argo sindoro, argo muria, taksaka 1 dan taksaka 2.
  • Jakarta Madiun Malang Surabaya Rp 238.000 berlaku tiket promo untuk kereta api Ekspres malam bima, Gajayana, Argo Bromo Anggrek, Sembrani, Bangunkarta dan Gumarang.
Manfaatkan layanan tiket promo ini, tanggal 27-28 Februari 2014 untuk menghemat biaya perjalanan anda. Demikian informasi tiket promo kereta api yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.

Ingatan Tentang Banjir

Banjir bagi saya mengingatkan beberapa waktu yang telah lalu. Saya hanya mampu mengingat saat banjir melanda desa asal saat kelas 2/3 sekolah dasar, sekitar tahun 1994 diatasnya itu saya tidak ingat. Dan menurut orang tua saya, banjir tahun 1994 itulah banjir terbesar yang melanda desa dan beberapa desa di sekitar sungai bengawan solo. Air sungai luapan bengawan solo masuk rumah hingga batas perut bapak saya atau jika di ukut kira-kira 1 meter. Beberapa kali banjir dengan merendam rumah, tapi tidak sebesar saat tahun 1994.

Saat kecil memang suka dengan banjir karena bisa bermain air, getekan, mencari ikan dan belajar renang. Saking banyaknya bermain di area banjir sampai-sampai kaki kena kutu air parah dan saya di ungsikan kerumah nenek saya yang jaraknya sekitar 15 km.


rumah kebanjiran

Saat banjir pada tahun 2009 silam, saat itu saya sudah bisa merasakan bagaimana tidak enaknya rumah kemasukan air beberapa hari. Perasaan sumpek, tidak tenang dan pasrah bercampur baur berharap banjir segera surut. Belum lagi saat rumah kebanjiran banyaknya kendaraan yang melintas sehingga membuat ombak yang bisa menghantam dinding rumah, lama kelamaan akan merobohkan dinding rumah. Saat air masuk rumah beberapa hari, ditambah listrik mati malah menambah kesumpekan tinggal di dalam rumah. Mengungsi bukan jalan terbaik, karena akan kepikiran jika air tambah naik siapa yang mengangkat barang-barang ke tempat yang tinggi.

gambar rumah kebanjiran

Mungkin perasaan yang sama ini pernah dialami oleh temans blogger yang saat ini rumahnya terkena atau dimasuki air banjir atau daerah sekitarnya di kelilingi banjir sehingga tidak bisa kemana-mana. Saya berdoa, semoga banjir segera surut dan tidak terjadi korban jiwa dan korban materi yang banyak.

banjir rengel

Mengandalkan pemerintah saja tidak cukup untuk mengendalikan banjir. Seperti yang dirasakan oleh warga didaerah bengawan solo di Kabupaten Bojonegoro, di buatkan tanggul yang tinggi oleh pemerintah tetap saja air dapat masuk ke area yang dilindungi oleh tanggul tersebut. Semoga kesehatan selalu dilimpahkan bagi kita semua khususnya korban banjir.

Penghargaan Dari Andy Desain

Mengawali di tahun 2014 yang terhitung bulannya masih gress, masih hangat dengan penghargaan atau award dari mas Andy Desain punggawa blog andydesain.com. Kriteria penilaian dari beliau yaitu dedikasi atas update blog yang informatif dari ilmu atau domain yang di kuasainya. Misalnya blog mas andy tentang desain menggunakan photosop, istilahnya juara di bidangnya masing-masing tanpa harus membandingkan dengan blog lain.

Dengan award atau penghargaan semacam ini semoga menjadikan jalinan pertemanan semakin akrab lintas daerah dalam satu wadah Nusantara. Tapi anehnya, blog yang menjajikan informasi malah jarang di baca, terbukti komen-komennya cuma ijin nyimak, ijin follow atau artikel yang bagus, itu jelas tidak membaca tulisan yang disajikan. Jika membaca tulisan yang disajikan tanggapannya akan sesuai dengan isi informasi dari artikel atau minimal kalau bingung pasti akan menanyakan ke sang penulis. Tapi anehnya, yang memberi komentar seperti itu di komen sama layaknya spam, agak sewot. Begitulah.

contoh gambar award

Judul Award : The Best Blogger Award
Pemberi : Andy Desain
Penerima : Agus Setya

Terima kasih atas award yang keren, semoga menjadikan semangat baru untuk ngeblog.


Yamaha RX 100, Motor Sport Legendaris Yamaha

Yamaha RX 100 merupakan motor sport yang di keluarkan oleh yamaha rentan tahun 1980an. Motor sport Yamaha RX 100 adalah motor 2 tak dengan kapasitas 98 CC bertransmisi 4 (empat) percepatan. Sebelumnya, yamaha mengeluarkan motor jenis L2 Super yang sekarang masih sering saya jumpai, bahkan ada yang masih original juga ada yang sudah menerima nasib menjadi pendorong becak motor (betor).

Mencari data tentang yamaha RX 100, dapat dari wikipedia bahwa motor ini juga booming di Negara India rentan tahun 1980-2000an. Mungkin saat ini masih booming dengan nama yang sama cuma beda kapasitas CC nya saja, seperti yamaha RX 135 atau di Indonesia terkenal dengan nama RX King, alias motor ganas. Motor RX King ini dikenal di kalangan tertentu sebagai motor jambret, karena para penjambret sering menggunakan Yamaha RX King. Tarikan bawahnya dapat dan langsung bisa top speed di track pendek, sangat cocok untuk melarikan diri sang jambret.

Saya mengenal motor ini tentu karena di depan rumah saya ada bengkel, walaupun bukan bengkel bapak saya pada tahun 1996-2000an. Pernah mencoba berakselerasi dengan Yamaha RX 100 dan hasilnya cukup memuaskan untuk track pendek. Kemudian muncul varian lainnya seperti yamaha RX-S, Yamaha RX Special yang berkapasitas cc 115. Muncul Juga motor sport yamaha 2 tak lainnya seperti RXZ dan RZR hampir bersamaan dengan munculnya RX King.

Motor Yamaha RX 100 ini sekarang ngendon di dapur rumah ibu saya. Adalah adik saya yang membelinya di tukang rosokan (jual beli barang bekas). Keadaan motornya mati dan tidak bisa dinyalakan serta bentuknya sudah sangat jelak sekali tidak layak untuk dilihat. Oleh adik saya di beli dengan harga rosokan juga, kemudian di betulkan sampai bisa menyala sekaligus di tata kembali yang mana yang belum pantas. Oh iya, calter mesin sebelah kanan pecah, sehingga olienya selalu bocor. Mungkin hal ini yang menyebabkan motor yamaha RX 100 ini di jual atau di tukar dengan bawang merah atau kerupuk (ini istilah menjual barang rosokan).

Yamaha RX 100
Yamaha RX 100 rosokan
Keadaan geografis di Desa asal saya sebelah utara berupa pegunungan sedangkan sebelah selatan berupa persawahan bersebelahan dengan bengawan solo. Yamaha RX 100 sangat handal di medan perbukitan maupun persawahan. Dulu banyak yang memilih motor yamaha jenis RX untuk mengangkut hasil panen (cabe, gabah, singkong dsb) menuju pasar Desa. Untuk sekarang ini, banyak yang memilih motor baru dengan alasan tidak ribet bergelut dengan mogok ataupun spare part yang sudah mulai langka. Demikian cerita singkat mengenai motor Yamaha RX 100 yang menjadi legenda jaman dulu kala.

Kesadaran Membeli Tiket Kereta Api

Dalam dunia perkeretaapian, khususnya kereta api ekonomi lokal seperti KRD, Penataran, Rapih Dhoho, Lokal Cibatu, KRL dan KRD Bandung Raya sudah jamak yang namanya "bayar diatas". Bayar diatas dilakukan oleh penumpang yang tidak bertiket dengan membayar kondektur atau petugas kontrol tiket di dalam kereta api. Besarnya "upeti" biasanya setengah dari harga tiket resmi KAI, kalau harga yang tertera di tiket sebesar 4000 (empat ribu rupiah) maka para penumpang gelap ini membayar 2000 (dua ribu rupiah).

tiket KRD Kertosono

Contoh kasus yang sering saya alami tiap hari selama 2 tahun menggunakan kereta api KRD banyaknya penumpang yang tidak bertiket dan mendapat tempat duduk serta tidur dengan tenang plus ngorok. Sebagian dari mereka naik di stasiun pemberangkatan lebih awal dari stasiun mojokerto (saya naik di mojokerto) diantaranya Kertosono, Sembung, Jombang, Peterongan, Sumobito, Curahmalang dan Mojokerto. Meskipun harga tiket KRD sangat terjangkau, 2000 (dua ribu rupiah) mereka masih tidak mau membeli tiket dan senang membayar 1000 (seribu rupiah) kepada kondekur. Saat ada pemeriksaan tiket oleh kondektur mereka bangun dan tanpa malu membayar 1000 didepan orang yang mempunyai tiket dan dalam keadaan berdiri. Sungguh moral yang tidak baik. Hal ini berlaku pula untuk kereta api rapih dhoho yang biasanya untuk pulang kerja. Di Stasiun Wonokromo, Sepanjang, Krian ini banyak sekali penumpang gelap walaupun pihak stasiun sudah menjaganya.

Mereka yang naik kereta api tanpa tiket berasal dari stasiun yang tidak terlalu ketat, tidak ada penjagaan serta tidak adanya pagar pembatas stasiun dengan jalan raya. Saya sendiri pernah merasakan beberapa hari tidak membeli tiket KRD untuk berangkat kerja. Jalannya cukup mudah, tinggal muter stasiun mojokerto yang tidak di pagari dan langsun bisa menunggu kereta di peron stasiun. Cukup menggoda memang, sebenarnya saya tidak sreg dengan apa yang saya lakukan. Niat saya menghemat uang 1000 x 10 perjalanan, katakanlah saya menyisihkan10 ribu dalam satu bulan jika saya tidak membeli tiket akan tetapi yang saya dapati malah lain, ban GL PRO saya kempes depan belakang atau bocor saat saya parkir. Menambalkan ban ongkosnya 14.000 jadi saya rugi 4000. Niat nya ingin menyisihkan uang, akan tetapi keadaan berkata lain. Saat itulah saya tidak pernah lagi tidak membeli tiket kereta api untuk bepergian.
Saya heran dengan orang-orang, baik yang muda maupun yang sudah tua, kebanyakan sih sudah tuwa naik kereta KRD tanpa tiket. Baiklah mari kita berhitung goblok-goblokan (istilah goblok-goblokan adalah perhitungan sederhana). Penumpang KRD ini kebanyakan para pekerja, baik berdagang, tukang bangunan, sopir, kernet, tukang becak, penjaga toko, pns, dosen, pegawai RSUD dan pekerjaan yang intinya menghasilkan uang. Mereka dan termasuk saya butuh sarana transportasi untuk menuju Surabaya dan sekitarnya. Untuk naik bis perlu mengeluarkan uang 5000 (mojokerto-Surabaya), 8000 (Jombang-Surabaya), 11.000 (Kertosono Surabaya). Belum lagi di terminal menuju ke kota harus naik bis kota dengan biaya 5000 sekali perjalanan. Perjalanan sehari harus di kalikan dua karena Pergi dan Pulang. Sedangkan penghasilan per hari yang diterima rata-rata 50.000-60.000 dikurangi dengan biaya perjalanan. Kasarnya saya yang naik dari mojokerto akan mengantongi penghasilan bersih 30.000 per hari, jika saya naik bis.
Bandingkan dengan naik kereta api. Dengan KRD 2000 dan pulangnya KA Rapih Dhoho 4000. Hanya dengan 6000 perhari sudah bisa Pergi dan pulang kerja tiap hari. Selisih banyak jika menggunakan transportasi bis.

Sebenarnya penumpang yang tidak bertiket ini tidak akan berani naik kereta api jika aturannya ketat. Kondektur yang permisif alias mau menerima uang yang menjadikan KRD Penuh sesak. Tentu saja semua orang senang di beri uang, 1000 di kalikan 300 orang sudah cukup untuk memenuhi kantong para kondektur. Sehari atau pagi hari belum siang sudah mendapat 300 ribu, belum lagi gaji tetap dari perusahaan. Pasti tergiur. Lagi-lagi ini masalah moral, baik petugas maupun penumpangnya.
Akan tetapi dua bulan terakhir ini, kondektur yang sering menerima uang sudah di mutasi di seluruh wilayah kerja PT KAI. Sekarang yang bertugas sebagai kondektur masih muda, mungkin rekrutan baru dan mereka tidak mau menerima uang "bayar diatas" tetapi juga tidak ada tindakan menrunkan penumpang tersebut. Para penumpang yang tidak bertiket kok ya malah kegirangan, berarti mereka naik gratis bisa tidur ngorok pula. Saya cuma bisa berdoa, semoga saya kuat dan tidak tergiur untuk ikut tidak membeli tiket. Dengan dimudahkan begitu saja masih tidak mau tertib dan sadar membeli tiket kereta api, alasan yang sering saya dengar "iya situ pegawai negeri, iya situ punya gaji tetap" ah sudahlah, musuk orang seperti ini memang sulit diatur. Saya sendiri tidak bergeming dan kepincut untuk tidak membeli tiket, saya sudah menyadarinya sejak dulu akan konsekuensinya. Saya mengusahakan menjaga kesucian rejeki dan jalan menmpuh rejeki untuk menghidupi keluarga saya. Kalau orang tidak bertiket tersebut entah apa orientasinya, semoga mereka sadar.

Tulisan ini terinspirasi tadi pagi (20/1/2014) saat Tim pengawas dan penertiban penumpang tak bertiket menginspeksi kereta api KRD. Dan banyak yang diturunkan di stasiun yang jauh dari jalan raya. Efeknya KRD menjadi longgar yang biasanya hari senin selalu sesak bahkan menapakkan kaki saja suah, apalagi bergerak akibat ulah penumpang tak bertiket. Semoga mereka sadar dan berpikir kedepan, alangkah ruginya kalau KRD di bumi hanguskan, atau hanya berangkat di mulai dari stasiun mojokerto. Tulisan ini bukan bermaksud menyerang pihak tertentu, hanya sebuah unek-unek. Bisanya juga menyampaikan di blog, mau komplain tidak tau harus kemana. Melaporkan pun nanti dikira sok jadi pahlawan. Begitulah.

Kelemahan Mengganti URL Khusus Google Plus

apa itu url khusus google plusURL khusus profil google plus merupakan url menurut nama id masing-masing, yang sebelumnya berupa angka-angka acak. Kelebihannya adalah untuk mengingat dengan mudah id url seperti halnya alamat blog atau website. Akan repot jika harus membuka google plus dahulu untuk mengetahui id url profil google plus. Mengingat loading google plus termasuk kategori berat.



Cara untuk mengganti url khusus google plus sendiri sangat mudah. Cukup masuk ke halaman google plus kemudian ada tulisan yang diblok merah kurang lebih tulisannya coba url khusus atau beralih ke url khusus. Ada juga yang di kirimi melalui email atau di undang melalui pemberitahuan pada email. Langsung saja klik dan ikuti langkahnya sampai selesai.

Sampai saat ini saya sudah mengganti url khusus tersebut, dan sampai saat ini juga saya tidak mengerti apa keuntungannya. Setelah saya ganti, yang terjadi adalah banyaknya broken link yang nyangkut. Beberapa kali saya cek broken link, dalam konteks penggantian url google, masih juga ada menjangkiti blog ini. Beberapa diantaranya sudah saya bersihkan, akan tetapi melihat banyaknya broken link yang nyangkut jadi malas juga. Akhirnya saya biarkan begitu saja. Efek dari broken link bagi yang perhatian dengan broken link atau untuk kesehatan blog serta urusan kaidah seo merupakan penyakit atau kotoran yang harus di bersihkan. Karena saya malas membersihkannya, akhisnya saya biarkan begitu saja. Jadi kelemahan mengganti url khusus google plus yaitu menambah pekerjaan bagi para blogger yang peduli dengan kebersihan blog.

Pengalaman Menggunakan Gl Pro Series

Pengalaman menggunakan Gl Pro Series yang pernah saya alami tentang suka duka mengendarainya. Beberapa pengalaman dengan gl pro series sudah pernah saya sajikan dan tentu saja saya lebih senang menceritakan duka nya dari pada sukanya.

Motor gl pro series ini saya bawa dari Tuban menuju Jember untuk memudahkan dalam bimbingan skripshit. Maksudnya agar lebih mudah menjangkau beberapa tempat dengan cepat dan mudah. Saat membawa gl pro ke kota Jember yang merupakan pengalaman petama perjalanan jauh dengan motor, saya membawa serta adik saya sebagai mekanik untuk berjaga-jaga apabila ada trobel di jalan. Beberapa peralatan kunci-kunci wajib dibawa, begitu juga dengan ban dalam untuk jaga-jaga. Dan singkatnya, sampai kota jember dengan selamat tanpa trobel apapun walau waktu tempuhnya cukup lama, karena sering berhenti untuk istirahat, sebenarnya sih adik saya tidak betah kalau tidak merokok.
Saat saya gunakan (di Jember) motor ini seringnya ganti busi beberapa kali, bisa di hitung tiap bulan ganti busi. Keadaan ini sangat tidak menguntungkan, mengingat kondisi keungan yang masih mengandalkan kiriman orang tua. Entah apa penyebabnya, busi selalu minta ganti. Saya serahkan kepada sang mekanik "langganan" dan beliau pun tidak tau penyebabnya. Karburator gl pro series sering "banjir" sehingga dalam keadaan genting sulit untuk menyalakan motor.

Pernah suatu ketika, saya bermaksud menolong teman (perempuan) yang ada keperluan penting. Sebelumnya saya selalu jalan kaki dan saya merasakan sekali perasaan pejalan kaki, sehingga rasa ingin menolong itu selalu muncul. Di depan kos teman tersebut, motor gl pro series mendadak tidak bisa di hidupkan. Entahlah penyebabnya apa saya sendiri kurang tau, hingga 30 menitan saya coba selah staternya sampai keringetan. Dan hasilnya motor belum bisa menyala. Sedangkan wajah teman saya sudah seperti tidak mengharap bantuan dari saya. Saya coba masukkan gigi 3 dan saya dorong tidak menghasilkan apapun. Akhirnya setelah keringat bercucuran, motor gl pro mungkin mengerti perasaan saya, saya selah sedikit saja langsung bunyi dan kami melaju ke tujuan. Masalahnya, saat mau balik ke kos teman saya, motor juga sempat trobel lagi. Kali ini 10 menit sudah bisa dihidupkan kembali. Walaupun demikian, butuh perjuangan ekstra untuk menghidupkan motor gl pro series yang pengapiannya masih menggunakan sistema AC. Motor sulit di hidupkan juga saya alami tiap pagi, harus keringetan terlebih dahulu agar motor bisa menyala. Akibatnya kaki terasa linu dan agak sakit jika keadaan ini saya alami terus menerus. Salah satu pengalaman menggunakan gl pro series yang saya alami yaitu sulit menyelahnya, apa mungkin ini yang dinamakan olah raga otomotif ya?.


Obyek Foto di Dermaga Ujung Surabaya

Ada beberapa obyek foto di dermaga ujung Surabaya, diantaranya monumen jales veva jaya mahe, kapal perang dan hamparan selat madura. Saat menjadi pengikuti peserta photo hunt di koarmatim yang itu menjadi pengalaman pertama bagi saya. Pengalaman pertama menginjakkan kaki di dermaga ujung dan pengalaman mengikuti acara photo hunt. Dulu sih pernah mendaftar Calon Bintara TNI AL di lapangan pasiran kompleks koarmatim juga, tapi tidak pernah ke pangkalan militernya.

Obyek foto di dermaga ujung surabaya, pertama adalah Monumen Jales Veva Jaya Mahe. Monumen ini menjadi ikon utama pangkalan militer TNI AL atau Koarmatim. Patung yang tinggi dan ada tangga untuk bisa ke puncak melihat pemandangan laut dan kompleks koarmatim.

monumen jales veva jaya mahe

Obyek Foto berikutnya adalah kegiatan dari para prajurit TNI AL yang sedang melakukan aktivitas latihan dan atau mendemontrasikan alutsista. Fotografer dituntut untuk mendapatkan ide dengan cepat dan smart serta pengambilan sudut foto yang bagus dan lain dari yang lain.

Obyek foto berikutnya adalah kapal perang atau KRI. Saat acara expanding horizon kemarin, empat korvet yang menjadi andalan pertahanan laut Indonesia sedang bersandar di dermaga ujung surabaya. Kesempatan ini tidak saya sia-siakan dengan mengambil gambarnya. Baru pertama kali ke dermaga ujung, pertama kali naik Kapal Perang dan semua serba pertama. Perasaan serba pertama memang mengagumkan dan membahagiakan. Jeprat jepret kapal ternyata lensa kamera saku tidak menjangkau semua obyeknya. Terpaksa harus memanjat monumen untuk mendapatkan foto dari atas dan jarak jauh.

KRI Diponegoro

KRI Sultan Iskandar Muda

Expanding Horizon Photo Hunt 2014

Acara Expanding Horizon Photo Hunt 2014 merupakan acara hunting foto yang di gelar oleh Koarmatim pada tanggal 11 Januari 2014. Armada RI kawasan Timur yang tertutup dan terlarang oleh umum, bisa diakses dan di eksplore untuk di ambil fotonya. Photo Hunt ini merupakan lomba fotografi dalam rangka Naval Exibithion 2014 dengan tema armada jaya. Peserta lomba mengabadikan tiga jenis obyek atau tema yang berada di dalam area Koarmatim. Diantaranya, monumen jales veva jaya mahe, alutsista TNI dan kegiatan prajurit TNI AL. Photo yang di ikutkan lomba merupakan hasil hunting pada tanggal 11 Januari 2014. Hadiah pertama uang tunai 7.500.000 + tropi dan piagam, pemenang kedua uang tunai 5.000.000 dan ketiga 4.000.000.

photo hunt 2014

Saya yang mendengar kabar tersebut dari rekan kereta api langsung kepincut dengan acara tersebut. Jum'at tanggal 10 saya baru dikabari tentang acara photo hunt ini, dan saya segera di ambilkan ID card sebagai pengikut teman saya yang ikut lomba tersebut.

foto hunt 2014 naval
Pangkoarmatim, dan awak media (National Geographic)

Didalam area Dermaga Ujung Surabaya, sudah banyak ratusan (kalau menurut nomor urut peserta sih ada 300an peserta), mereka sudah siap dengan senjata masing-masing. Kamera dengan beberapa lensa penyanding masuk dalam kotak peralatan. Teman saya ini menggunakan kamera analog dengan spesialisasi black and white. Saya sendiri menggunakan kamera saku merk nikon dengan seri L28. Sempat minder dengan para peserta baik tua dan muda, bahkan ada yang masih SMA dengan kamera DSLR bersama lensa yang profesionalnya.

kapal perang indonesia
Dermaga Ujung dan Kapal Perang

Obyek alutsista berupa tank, kapal perang dan helicopter disajikan untuk peserta. Saya yang baru pertama kali melihat dan menapakkan kaki di kapal perang langsung mengabadikan obyek foto, tak peduli itu mempunyai nilai seni atau tidak. Yang penting bisa memfoto, itulah pikiran saya.

naval hunt photo
dapat makan dan minum gratis

Untungnya saya membaca jurnal yang diterbitkan oleh mas Rawins bahwa, alat atau kamera tidak menjamin hasil yang bagus kalau tidak di tunjang skill memfoto yang mumpuni pula. Berbekal semangat dari mas rawins itulah saya melenggang dengan memfoto obyek yang ada di kelilingi oleh kamera profesional, jadinya saya cuek dan saya anggap ini tantangan bagi saya. Toh yang penting hasil fotonya bukan alatnya. Ini salah satu foto yang dapat saya dapat kemarin.

photo hunt
Mirip Kamerane Mas Rawins

KRI Sultan Hasanuddin
KRI Sultan Hasanuddin

Monumen Jales Veva
Ngintip


Gambar Kereta Api Mutiara Selatan

Khusus hari jum'at saya ingin mengajak berwisata otak, tidak usah baca, tidak usah di pikir. Berikut saya sajikan gambar kereta api mutiara selatan, kereta apinya orang Bandung, Tasik, Banjar, Sidareja, Yogyakarta, Solo, Madiun, Jombang, Mojokerto dan Surabaya.
Foto diambil saat KA 94 Mutiara Selatan Menyusul KA 378 KRD di stasiun kedinding pada pukul (kurang lebih) 05.20.

gambar ka mutiara selatan




Review Blog Sendiri

Tidak ada salahnya me review blog sendiri, hitung-hitung koreksi apa saja yang perlu di benahi dan apa saja yang perlu dipertahankan. Blog personal ini lahir pada tahun 2009 entah bulannya kapan saya sendiri lupa. Karena awal-awal tulisan saya sudah saya hapus akibat saya tidak terlalu percaya diri dengan tulisan saya sendiri. Awal ngeblog, saya malu membaca tulisan saya sendiri apalagi di baca orang lain. Dengan intensitas ngeblog yang sangat jarang sekali, sebulan belum tentu saya menerbitkan tulisan di blog. Tujuan saya ngeblog waktu itu ikut-ikutan teman. Terinspirasi temans yang tulisannya bagus sebagai diary dalam perjalanan hidupnya.

Menginjak tahun kedua saya negblog, yang tulisannya sudah mulai teratur (terartur menurut saya satu bulan sekali). Waktu itu saya terpusat pada tema kehidupan saya dan motor yang sampai saat ini tetap saya pertahankan. Membahas masalah review blog sendiri, jelas tolok ukurnya pada kaidah umum dunia blog. Parameter seperti ranking alexa dan pagerank menjadi acuan saya pada waktu itu dan saya bangga memamerkan nilai alexa dan pagerank blog dengan memajangnya. Tahun 2010 alexa kisaran 2-5 juta dengan nilai pagerank 2. Hingga pada tahun 2011 awal, nilai alexa berkisar antara 10-12 juta dengan kemelorotan nilai pagerank menjadi angka 1. Dikarenakan saya berhenti total dalam dunia blog sampai tahun 2013 awal. Keadaan ini tidak berubah sampai pada akhir 2013. Akan tetapi nilai puncak alexanya mengalami penyusutan tajam hingga pada nilai alexa 99.000. Akhir tahun 2013 ini nilai pagerank menjadi angka 2 kembali dengan nilai alexa 135.000 an (tanggal 10 januari 2014). Saat ini saya tidak bangga memamerkan alexa dan pagerank di blog, sudah saya copoti semua parameter atributnya.

gambar alexa rank

gambar page rank

Saya vakum ngeblog tahun 2012 dan kembali menyentuh blog lagi pada akhir februari 2013. Pertama menyentuh dasbord agak canggung ada yang baru di blogger. Begitu juga banyak teman-teman baru saya dapat dari ngeblog tahun 2013. Mulai  mbak Indah P, Intens dengan Kang Lembu, Mas Zach yang super wonder women, mas rawins, mas priyono dan masih banya lagi. Ngeblog menjadi semangat dengan update tulisan tiap hari kerja. Mencoba dengan iseng-iseng daftar GA, alhamdulillah diterima dan ini menjadi semangat tersendiri buat saya. Walaupun penghasilan bukan tujuan utama saya saat ini, mungkin beberapa tahun lagi saya akan menggarap penghasilan dari dunia blog. Langkah dan pondasinya baru saya bangun.

Untuk bahasa yang saya pergunakan cenderung tidak formal/baku atau semampu saya. Yang penting informasi tersampaikan dengan jelas. Materi dari blog yang awalnya menulis tentang kehidupan dan motor, kini ada tambahan kereta api yang menjadi bagian dari hidup saya. Pokonya nulis tidak jauh-jauh dari pengalaman dan pengetahuan tentang kereta dan motor, itu saja. Untuk tampilan blog, saya suka yang simple.

Sudah itu saja revie blog sendiri oleh saya sendiri dan untuk saya sendiri. Semoga tidak mumets membacanya.

Gl Pro Series

Melanjutkan tulisan tentang Gl Pro Series yang masih satu keluarga dengan motor gl pro. Saya akan memfokuskan pada pengalaman saya menggunakan motor gl pro series dimulai dari pertama kali saya belajar menggunakan motor honda gl pro.

Motor gl pro series standartnya menggunakan pengapian AC sama dengan pengapian honda grand dan gl 100 cdi. Mulai dari CDI, spul dan kerennya plug and play dengan honda grand. Dengan pengapian AC ini, untuk menyelah atau menghidupkan motor gl pro butuh tenaga ekstra. Apalagi motor keluaran lama, part pengapiannya sudah termakan usia juga. Daya listrik yang di hasilkan, jika motor di gas semakin dalam atau dalam putaran RPM yang tinggi, daya listrik yang di keluarkan semakin besar. Intinya, kecepatan motor tambah tinggi juga dengan catatan semua normal. Ditambah CDI nya non limiter, apabila terlalu besar RPM nya, maka CDI bisa meleduk begitu saja.

Pengalaman saya saat SMP kelas 3, saya mengunjungi teman sepermainan menggunakan motor gl pro series hanya sekedar gagah-gagahan cenderung pamer bisa naik motor gl pro. Sebelumnya saya selalu menggunakan sepeda ontel untuk mengunjungi teman tersebut. Masa SMP dimana jiwa pamer menjadi penanda ke eksistensian pribadi. Setelah beberapa jam mengobrol (saya lupa apa saja yang diobrolkan, dan apa saja yang saya kerjakan). Begitu pulang dan mau nyelah gl pro series. Ndilalah kok penyakitnya kambuh. Staterannya sulit!. Saya mencoba tenang agar malu yang saya hadapi tidak besar. Hampir 30 menit saya nyelah motor gl pro, tapi tidak nyala juga. Mencoba inisiatif dengan mendorongnya ternyata tidak menyala juga. Keringat bercucuran bak air hujan yang mengalir di tembok rumah. Betapa malunya saya waktu itu, niat ingin pamer, ternyata saat mau nyelah motor gl pro series tidak mau menyala. Setelah isitirahat sejenak, dan berusaha nyelah lagi ternyata bisa. Alhamdulillah, dan saya langsung ngacir menanggung malu.

Beberapa hari setelah menanggung malu gara-gara pamer. Kali ini saya mengendarai motor gl pro sendirian sambil jalan-jalan. Ketemu sepeda motor grand dengan knalpot brong sedang membawa barang, mungkin habis tengkulak di pasar. Saya susul motor grand tersebut saya panas-panasi, sambil saya kebut motor gl pro series. Eh ternyata dengan entengnya disusul oleh motor grand tersebut. Niat mau ngece motor grand malah di permalukan balik. Malu lagi deh, masak gl pro dikalahkan sama motor grand bawa barang habis kulakan. Hal-hal yang memalukan tersebut baru bisa saya buka kembali atau saya ingat-ingat dan ceritakan setelah saya mampu dan kuat mental menahan malunya.

Motor Gl Pro

Motor GL Pro
Motor pertama yang saya kendarai adalah motor gl pro. Dulu waktu kelas 2 SMP, saya belajar motor dengan honda gl pro tahun 1991 yang saya pake sekarang ini. Adalah bapak saya yang mengajari motor dengan memakai kopling dengan mengitari lapangan desa. Waktu itu, saya tidak punya keinginan yang kuat untuk bisa naik motor, kalau di ajari sih mau saja. Saya kesulitan nyelah motor gl pro begitu juga saat menyesuaikan gas dengan kopling, susah sekali menurut saya. Sedangkan di lain waktu, adik saya malah langsung bisa mengendarai gl pro. Mungkin sudah bakatnya kali ya.

Berbicara masalah motor gl pro, tidak terlepas dari pendahulunya motor gl series. Mulai dari Gl 100, Gl 125 dan honda XL 125 yang terbit sekitar tahun 1979-1982. Dan yang paling saya ingat, karena depan rumah saya disewa untuk bengkel. Motor penyanding Gl 100 seperti Yamaha RX100, RX Spesial, Suzuki GP, Kawasaki Binter KH banyak saya lihat di area bengkel depan rumah. Untuk itulah saya hafal beberapa nama dan jenis motor. Ada yang servis ada juga yang hanya berkunjung dan juga jual beli motor atau makelaran.

Honda Gl Pro dan Gl Max sendiri menurut sumber yang saya baca pertama kali keluar motor gl pro jenis platina dengan CC 105 tahun 1982/1983. Kemudian di lanjut dengan Gl Pro CDI dari tahun 1989-1991 yang bermesin silver. Sedangkan untuk motor gl pro series yang black engine keluaran tahun 1992-1994. Untuk CC Gl Pro CDI dan GL Pro series adalah 145 CC. Kemudian dilanjut dengan mengeluarkan honda Gl Pro Neotech yang ber CC 160 mulai tahun 1995-1999 awal. Setelah itu dilanjut dengan mengeluarkan mega pro yang keluaran awalnya tanpa elektrik stater. Bengkel depan rumah saya waktu itu kesulitan jika menerima servis dari Gl Pro Neotech, mungkin pengetahuan beliau sangat minim tentang teknologi baru terhadap perkembangan motor. Basic beliau adalah motor-motor lawas dan beliau sangat handal jika membenahi motor lawas. Melihat jenis dan banyaknya motor lawas tersebut saya menjadi hafal kemudian tertarik dengan motor jenis lawas. Beliau juga menjadi guru mekanik terbaik bagi adik saya yang sekarang meneruskan bengkel depan rumah.

Demikian cerita singkat mengenai motor gl pro sepengetahuan saya, mengingat dulu belum jaman internet dan tabloit jadi hafalnya cuma melihat dan mengingat. Semoga bermanfaat.

Perbedaan GL Pro Neotech dengan Gl Pro CDI/Series

Sebagai pengguna dan penggemar keluarga motor GL (pro,max, gl 100) saya ingin berbagi pengetahuan saya tantang perbedaan gl pro neotech dengan gl pro cdi/series. Untuk kode GL itu sendiri tidak ada singkatannya, seperti hal nya honda CB dan honda CG. Awal saya mengendarai Gl Pro series atau Gl pro CDI kira-kira tahun 2000. Saat itu motor masih milik bersama karena yang membelikan adalah ibu saya. Jadi kakak, saya dan adik saya menggunakan secara bersamaan. Baru kemudian kakak saya menikah dan saya juga menyusulnya, motor GL Pro series keluaran tahun 1991 ini saya pergunakan.

Ada beberapa perbedaan gl pro neotech dengan gl pro cdi/series diantaranya yang paling mencolok adalah bak magnet sebelah kiri. Untuk Gl pro neotech sudah menggunakan arus pengapian DC sedangkan Gl Pro Series menggunakan arus AC. Dan pengalaman saya menggunakan GL Pro CDI/Series, selah atau staterannya sulit. Butuh tenaga ekstra untuk menghidupkan motor ini. Beda dengan Gl Pro neotech yang kena selahan dikit saja sudah hidup motornya dengan catatan semua pengapian dalam keadaan normal.

beda gl pro neotech dengan series

Perbedaan lainnya ada pada swing arm, untuk gl pro series bentuk sudut tiap lapisannya agak oval, jika gl pro neotech sudah menyiku. Untuk suara knalpotnya agak besar dan cenderung kasar sedangkan neotech lebih halus.

Berikut ini beberapa perbedaan gl pro neotech dengan gl pro cdi/series :

GL PRO CDI/SERIES GL PRO NEOTECH
Kapasitas CC 144 Kapasitas CC 156
Silinder ventury karbu 26 Silinder ventury karbu 24
Rantai kamrat model roller chain Rantai Kamrat model silent chain
gir belakang 45 gir belakang 46
noken as pakai 1 bearing dan 1 busing noken as pakai 2 bearing
bore x stroke: 61 x 49.5 (ngedome) bore x stroke: 63.5 x 49.5
Pengapian AC Pengapian DC

Demikian perbedaan singkat sebagai pembeda mana antara gl pro neotech dengan gl pro cdi/series dengan keunggulan masing-masing pada teknologinya. Semoga bermanfaat.

Kereta dan Gl Pro

Akhir-akhir ini blog ini menyajikan tentang kereta api dan segala macam variasinya, baik itu foto, human interest, teknik dan informasi umum tentang kereta api. Dengan banyaknya update tulisan tentang kereta api ini saya (sebagai pengelola blog) mengalami kejenuhan. Bukan kejenuhan naik kereta apinya, tetapi menulis tentang kereta api. Untuk itu saya akan mulai menulis kembali tentang otomotif terlebih khusus tentang sepeda motor dan apa yang bisa di tulis tentang otomotif.

kereta barang

Dengan demikian, minat untuk kembali menulis di blog sederhana ini kembali mencuat dengan ide-ide baru di tema yang lain. Semoga para pembaca tidak ikut bosan dengan suguhan yang "itu-itu" saja. Mengingat yang saya bisa dan kebetulan saya tahu sedikit tentang hal yang saya tulis.

gl pro dobel stater

Intinya, saya akan kembali menulis tentang sepeda motor dengan beberapa variasi tema tentang kereta api dan hal lain yang terlintas di dalam hidup saya. Dengan jalan ini, semoga saya tetap bisa mendapatkan ide menulis dan berjumpa secara berkesinambungan dengan teman-teman di dunia blogger.

Sensus Lokomotif

Sensus Lokomotif

Lokomotif kereta api mempunyai daya tarik tersendiri bagi para penggemar kereta api (railfans). Mereka melakukan sensus lokomoitf berdasarkan dinasan lokomotif bertugas menarik rangkaian kereta. Sensus lokomotif ini dilakukan suka rela oleh beberapa kelompok raifans hanya untuk mengetahui hari ini kereta A menggunakan lokomotif bernomor seri berapa. Begitu seterusnya hingga jadwal keberangkatan satu hari itu.
Hobi sensus lokomotif memang terkesan konyol, sama halnya ketika orang mancing yang hanya buang-buang waktu. Tetapi apa yang dialami oleh orang yang melakukan hobi tersebut tidak dirasakan oleh orang lain. Jadi pembedanya ada pada gairah untuk melakukan suatu hal yang berkenaan dengan hobi.

Seorang railfans rela menunggu berjam-jam hanya untuk mengabadikan momen kereta yang sebenarnya kereta tiap hari selalu berangkat. Mereka duduk berjam-jam untuk melihat nomor seri lokomotif yang kadang sampai seharian.

Saya sendiri sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan para penggemar kereta api untuk melakukan hal-hal baik asal tidak merugikan orang lain. Mereka punya kesibukan positif dan kemungkinan terhindar dari pergaulan yang menyimpang menjadi tipis.
Berikut ini salah satu contoh sensus lokomotif yang saya lakukan sendiri, data ini saya pergunakan sendiri dan saya lihat sendiri. Maklum, tiap hari naik kereta jadi perlu juga memperhatikan hal remeh seperti ini agar tidak bosan dalam menjalankan rutinitas tiap hari.
KA Bima no ka 33 CC206 13 40, berikutnya KA KRD no ka 378 CC 201 83 21, begitu seterusnya sampai bosan.

Sensus Lokomotif

Begitu banyak orang yang menggilai hobi tertentu dan mereka mendapatkan kenikamatan dalam aktivitasnya. Semua jika dilakukan dengan senang hati, menjadikan hidup lebih berarti.

Motret Kereta

Hal yang sering saya jumpai dari seorang railfans atau penggemar berat kereta api adalah motret kereta api. Kereta api sebagai transportasi darat mempunyai daya tarik tersendiri di bandingkan dengan transportasi lainnya. Di darat misalnya, ada transportasi bis dengan bismanianya, truck mania, kapal laut dan pesawat terbang. Dua yang saya sebut terakhir, saya belum pernah merasakan kursinya, pesawat telepon aja belum pernah saya naiki.

Untuk penggemar bis, tentu ada nilai seni tersendiri bagi pecinta bis, seperti karosesinya dan interiornya. Perkembangan bis memang sangat cepat, untuk karoseri laksana anda mengeluarkan seri dengan cepat "legacy" dengan lega lightnya. Karoseri laksana anda ini berpusat di Malang dan konsumennya termasuk bus sugeng rahayu atau sumber grup. Untuk pemandangan disekitar bus jelas jalan raya jadi background utamanya. Kalau lagi dapat bonus ada bus yang lagi melintas di pegunungan atau laut, akan dapat bonus background gunung dan laut.

Begitu juga dengan truck yang penggemarnya disebut truckmania. Jalan raya menjadi background utamanya. Atau kalau main background terlalu mainstream ya motret seri trucknya. Seperti pada truck milik PT SIBA SURYA (siliwangi bangkit) yang markasnya ada di semarang sana. SIBA Surya sudah menggunakan Truck Scania khas eropa sana yang termasuk langka dan unik di Indonesia. Untuk pesawat (telepon) dan kapal laut jelas background utamanya pramugari dan langit serta hamparan laut.

Khusus untuk kereta api ini, mau background laut, udara, gunung, jurang, jalan raya semua bisa di kombinasikan. Untuk hasilnya tergantung imajinasi sang fotografer. Motret kereta api bagi saya hanya sekedar menghilangkan jenuh atau mengalihkan perhatian saya supaya saya tidak jenuh menggunakan moda transportasi kereta api. Apapun itu asal menumbuhkan cinta dan kesenangan pasti dijalani dengan gembira.

motret kereta




Motret kereta api memang susah-susah gampang, sang fotografer harus hafal jadwal kedatangan dan keberangkatan kereta api. Sama halnya dengan penumpang yang menunggu kereta datang, kadang ada rasa jenuhnya. Belum lagi saat kereta datang tidak sesuai jadwal, fotografer tidak rela kehilangan momen indah seperti di lintasan yang berkelok atau saat ada kereta yang dobel traksi.