Janji Penjahit (Pakaian)

Maksud menulis judul janji penjahit bukan ingin menjatuhkan pasar para penjahit (tailor) atau merendahkan martabat penjahit sebagai sebuah profesi. Penjahit seperti kebanyakan profesi lainnya mengandung resiko sendiri-sendiri, tentunya semua pekerjaa itu mengandung resiko. Baik resiko buruk (tidak laku) maupun resiko baik (terkenal).

Obral Janji

Keinginan kami (keluarga kecil) untuk memiliki pakaian yang pas dengan ukuran tubuh menjadikan kami semangat untuk menjahitkan pakaian. Dengan memilih model serasi (tidak harus kembar) kami memutuskan membeli kain di kota mojokerto ( penyebutan kota, karena kami tinggal di desa). Tukang kain sudah hafal dengan ukuran seseorang dan beliau menyarankan ukuran yang pas untuk membuat satu baju pria dan satu baju wanita. Maksud hati ingin memakai pakaian pada hari raya idul fitri. Karena suatu hal, pergi ke penjahit rasanya menjadi berat atau malas sekali, akhirnya baju baru di serahkan ke penjahit setelah hari raya idul fitri.

Kain kami serahkan pada penjahit yang baru kami kenal (baru pertama mempercayakan) referensi dari teman. Di janjikan oleh penjahit dua minggu sudah jadi karena minggu pertama beliau repot ada hajatan sudaranya meng khitan kan anaknya. Rentan dua minggu tersebut kami menuju penjahit tersebut dan hasilnya nihil, bahkan kain pun masih utuh di dalam plastik. Di janjikan lagi minggu depan, minggu depan kami datang kembali, belum juga di garap. Di janjikan lagi minggu depan baru jadi satu stel baju seragam kreja istri saya, sedangkan baju pasangan belum jadi.

Sudah enam (6) kali kami datangi belum jadi juga dengan alasan yang masuk akal juga (atau memang sudah biasa bikin alasan, hehe). Terakhir keadaan kain sudah di potongi dan di janjikan hari selasa tanggal 01 Oktober sudah jadi. Tapi kami tidak berniat mengambilnya hari selasa, sekalian saja hari sabtu biar tidak kecewa kembali. Dan yang terkhir tadi saya tidak bersedia menemui tukang jahitnya takut karena kebawa emosi karena di remehkan oleh penjahit dengan janjinya.

Sepertinya penjahit memang harus bergelut dengan janji kepada para konsumennya, walaupun tidak semua penjahit demikian. Semua tergantung pribadi masing-masing penjahit.

Manajemen Waktu

Jika saja penjahit yang saya percayai itu bisa memanage waktu, mungkin keterlibatan dengan umbar janji bisa diminimalisasi. Katakanlah satu hari bekerja 9 jam, dalam sembilan jam tersebut harus bisa membuat berapa stel pakaian. Jika penjahit langganan istri saya bisa membuat 6 stel pakaian dalam satu hari maka sembilan jam bisa menbuat minimal 3 stel pakaian. Belum lagi masalah serobot menyerobot, orang baru datang minta di dahulukan dengan margin 2 hari jadi dan celakanya itu dilayani.

Andaikan garapan banyak dan menunmpuk, tidak usah menerima order terlebih dahulu atau bisa saja memberi jaminan pakaian jadi dalam waktu satu tahun. Kalau waktu satu tahun tidak jadi ya kebacut tukang jahitnya.

Membuat janji dan tidak menepati janji merupakan langkah kurang bijak dari penjahit (yang saya percayai) dan saya memaafkan atau tidak menganggap saya di janjikan oleh penjahit tadi agar beliau tidak menanggung dosa. Lebih baik pastikan waktunya dan tepati waktu yang telah di pastikan tadi. Sekali lagi saya tidak menghujat tukang jahit (profesi penjahit), cuma sharing unek-unek pribadi saya, syukur-syukur ada penjahit yang bisa membenahi diri dari tulisan ini. Begitulah.


Gerak Jalan Tajemtra (Tanggul Jember Tradisional)

Gerak Jalan Tajemtra

Gerak jalan tajemtra atau Tanggul Jember tradisional merupakan even tahunan Kabupaten Jember. Dalam even yang bertajuk BBJ (bulan berkunjung ke Jember) yang even besarnya menyajikan JFC (jember fashion carnaval) besutan Dynand Fariz. Tajemtra sendiri berasal dari kata Tanggul dan Jember. Tanggul itu kecamatan yang berada di sisi Barat Jember Kota, kota kecamatan yang ramai dan memiliki alun-alun di pusat kota. Jarak tanggul dan jember berkisar kurang lebih 30 km. Walaupun jaraknya jauh, peserta tetap antusias dalam mengikuti tajemtra. Pesertanya boleh individu dan beregu dengan pakaian bebas boleh di hias.



Peserta bapak-bapak pun tampak semangat mengikuti gerak jalan tajemtra sebagai bentuk rasa syukur atas kemerdekaan, juga sebagai bentuk dari kebebasa. Orang berjalan 30 km bagaikan burung yang terbang bebas ke angkasa, karena jalan propinsi yang menghubungkan Surabaya, Lumajang, Jember, Banyuwangi di tutup total (bertahap). Saya mendengar cerita dari mbah kung yang seorang pensiunan tentara angkatan darat begitu antusias bercerita tentang tajemtra. Sebenarnya bukan kakek dari garis keturunan langsung, beliau pernah menjabat sebagai kepala desa di Rengel dan bapak saya menjadi Modin (kayim, Kaur kesra, P3N). Mereka berdua sangat akrab seperti saudara sendiri. Ketika saya melanjutkan sekolah ke Jember saya tinggal di rumah mbah kung di Griya Mangli Indah selama 3 bulan. Kini keduanya telah meninggal dunia (alfatihah).

Bagi peserta yang sudah sepuh seperti mbah kung, ikut tajemtra merupakan kebanggan tersendiri.

Tahun 2007 (semester 7) ketika saya pertama kali membawa Gl Pro saya ke Jember (sebelumnya saya jalan kaki jika ke sekolah) ternyata sedang dilangsungkan gerak jalan tajemtra. Saya hanya sebagai pembonceng dan adik saya yang nyetir saya suruh libas saja jalannya. Masih ada celah kecil untuk sepeda motor. Dan ketika sudah sampai di perbatasan tanggul bangsalsari kami di stop oleh pak polisi tidak boleh melanjutkan perjalanan karena jalan di pakai penuh. Kami disarankan belok kanan untuk menuju ke jember. Dengan berbekal feeling dan peta yang ngawur asal mulut masih bisa bertanya. Setelah 45 menit perjalanan yang tak tau jurusannya, ternyata tembus di kecamatan wuluhan (rumahnya mas ks) kemudian lanjut ke Ambulu, Jenggawah, Ajung, Tegalbesar, kebonsari dan akhirnya sampai di sumbersari. Dua jam perjalanan kami lewati karena jalanan padat. Ternyata jalur tersebut adalah jalur alaternatif menghindari tajemtra.

Apapun imbas lalu lintas dari tajemtra, saya sangat mengapresiasi pelaksanaan tajemtra seperti halnya gerak jalan surabaya mojokerto. Tidak setiap hari acara serupa di gelar, dan juga masalah pengaturan lalu lintas saja yang belum maksimal. Saya tidak bisa melihat langsung acara tajemtra, dengan menuliskannya saya seperti melihat langsung acaranya.





Calak : Tukang Sunat

Calak : Tukang Sunat


Nama profesinya adalah calak, tukang sunat-menyunat kulup (burung muda) laki-laki yang sudah waktunya disunat. Dalam menjalankan tugasnya, calak disertai dengan asisten calak dalam menyiapkan peralatan sunat seperti capit, pisau, kapas dan perban. Cara menyunatnya pun sangat cepat dengan tangan kosong, artinya tidak disertai obat bius.

Sunat atau khitan bagi laki-laki mengikuti cara Rasulullah (Nabi) Muhammad. Setelah di selidiki lebih jauh oleh dokter dalam era modern ini, sunat atau khitan mengandung manfaat kesehatan bagi organ reproduksi laki-laki. Untuk jelasnya silakan mencari di google.

Saya sendiri masih ingat dengan prosesi sunat atau khitanan yang semoga saja pertama dan terakhir. Saya sunat pada usia 12 (dua belas tahun) ketika liburan panjang akan masuk SMP, jadi peralihan lulus SD menuju pendaftaran SMP. Tidak ada gebyar pesta walimatul khitan, hanya kenduri biasa mendatangkan orang satu RT, kira-kira 50 orang. Dengan bantuan pak calak, saya disunat setelah di pangku oleh mbah canggah saya. Alhamdulillah dulu saya masih menangi mbah canggah saya. Prosesnya cepat tidak sampai satu menit sudah selesai, dan rasanya seperti di gigit semut krangkang, rangrang, clekit.Seabgai penghibur rasa sakit saat disunat, para tamu kenduri tadi memberi uang saku pada saya, nyangoni saya yang diselipkan pada saku saya setelah uangnya di bungkus amplop. Rasa senang karena usia 12 (dua belas) tahun bisa mengantongi uang puluhan ribu (saat itu).

Ada juga yang merasakan sakit saat di sunat, seperti saat sunatnya tetangga saya yang saat disunat oleh pak calak ternyata menangis kesakitan. Dan celakanya lagi, guyonan yang di celetukkan oleh orang tua kami, jika sunatnya nangis, besok kalau besar dapat janda, hehe. Atau bisa tidak dapat janda kalau mau di kalungi jebor atau gayung yang ada di kamar mandi. Ternyata guyonan itu tidak berlaku pada teman saya, beliau menikah dan dapat perawan original bukan KW1 atau KW2.

Saat ini peredaran atau habitat pak calak sudah tergeser oleh dokter dan bidan yang buka praktik sunat dengan sinar laser. Dulu sunat dengan bantuan pak dokter terkenal lama, memakan waktu 30 menit, itupun harus dibius terlebih dahulu kemudian di etet-etet terakhir di jahit. Proses penyembuhan relatif cepat sunat dengan jasa pak calak.
Bagaimanapun jasa calak tetap di butuhkan karena biaya yang murah dan cepat dalam menjalankan tugas sunat-menyunat.


Juru Kunci

Juru Kunci

Juru kunci identik dengan tempat keramat seperti makam, sendang, gunung atau tempat yang di keramatkan oleh masyarakat. Tempat keramat ini sebenarnya bentukan (by desain) dari alam pikiran manusia saja yang dianggap memiliki tuah tertentu. Jadi tempat keramat itu pasif atau obyek, yang menjadikan tempat itu menjadi keramat (subyek) adalah manusia dengan pikirannya itu tadi.

Juru kunci kuburan (khususnya kuburan desa atau kampung) bertanggung jawab menjaga kuburan. Kuburan kok di jaga? akhir-akhir ini banyak masyarakat yang meng kijing makam sanak saudaranya. Akibatnya lahan makam menjadi sempit karena makam yang di kijing tadi tidak bisa digunakan kembali alias permanen. Untuk itulah perlu seorang penjaga kuburan atau juru kunci supaya menjaga ketertiban aturan yang di sepakati.

Di kampung asal saya, juru kunci adalah sebuah jabatan lingkup RT yang disebut sebagai polo kubur (kepolo kubur). Umumnya polo kubur atau juru kunci di tunjuk langsung melalui musyawarah tingkat RT, karena tidak ada yang mencalonkan menjadi polo kubur atau juru kunci. Juru kunci ini tidak selalu bekerja atau berkantor di dalam kuburan. Beliaunya masih mempunyai pekerjaan sendiri untuk menghidupi keluarga, kebanyakan bertani atau berdagang. Jadi menjadi juru kunci adalah pekerjaan (jabatan) suka rela untuk membantu sesama.

Meratakan Kuburan

Konon katanya suata ketika ada seorang ingin menghancurkan sebuah kuburan yang dianggap keramat oleh penduduk. Mungkin makam yang menghuni desa (babat desa) pertama kali. Sang juru kunci langsung menghampiri menanyakan maksud dan tujuan orang tersebut. Tahu kalau orang tadi ingin menghancurkan makam dengan alasan mendatangkan syirik, sang juru kunci dengan santai memegangi (maaf) alat reproduksi orang tadi. Sambil mengambil pedang, juru kunci tadi ingin memotong alat reproduksi orang tadi. "Lho kok mau di potong, memang salah saya apa?" tanya orang tadi.
Juru kunci dengan tenang menjawab " ini bisa mendatangkan zina". Tahu kalau alat reproduksinya mau di potong, orang tersebut lari terbirit-birit.

Sama halnya dengan mengobrak-abrik dagangan orang saat bulan Ramadhan. Mengapa kok tidak mulutnya kelompok yang mengobrak-abrik saja yang di jahit atau dijejali sandal mulai pagi sampai sore selama bulan ramadhan. Itung-itung sebagai contoh yang lain, dakwah kan memberi contoh dulu bukan asal suruh saja. Kalau sudah sukses dengan menyumpal mulutnya dengan sandal baru bicara kesuksesan dakwahnya.

Jangan meng- gebyah uyah atau meng-"gradak" sebuah masalah sebelum tahu permasalahan dengan pikiran jernih. Manusia sebagai subyek dengan kelebihan berupa akal dan pikiran, sedangkan benda adalah obyek yang bersifat netral.


Pelayanan Publik PT KAI Paling Banyak Dikeluhkan

Pelayanan Publik PT KAI


Pelayanan publik PT KAI mendapat banyak keluhan dari pengguna transportasi kereta api. Laporan dari komisi pelayanan publik Jawa Timur merilis data, PT KAI (khususnya DAOP VIII Surabaya) mendapat banyak keluhan dari masyarakat (sumber berita : suarasurabaya.net). Dari total keseluruhan laporan pengaduan sejumlah 609 pengaduan, 406 pengaduan ditujukan kepada PT KAI selama 6 (enam) bulan mulai Januari 2013 sampai Juli 2013.

Pengaduan tersebut berupa pembatasan penumpang, pengurangan penumpang berdiri pada kereta api ekonomi jarak jauh dan tiket kereta api berlangganan (KTB).  Pengaduannya menggunakan media surat yang ditujukan ke KPP dan langsung mendatangi kantor KPP (suarasurabaya.net).

Tanggapan saya pribadi bukan bermaksud membela PT KAI atau mengabaikan keluhan pengguna kereta api lainnya, bahwasanya pengurangan penumpang dan pembatasan penumpang berdiri adalah untuk kenyamanan bersama. Penumpang bertiket tanpa tempat duduk pasti akan meminta jatah tempat duduk penumpang lain yang bertiket, itu sudah pasti. Dengan meminta tempat duduk, yang semula tempat duduk diisi 2 (dua) orang, menjadi tiga orang. Akhirnya tempat duduk menjadi sempit dan mengurangi kenyamanan penumpang. Saya pernah naik kereta api logawa tahun 2006 tujuan jember setelah lebaran (H+10). Saat itu tiket tanpa tempat duduk dijual tanpa mengenal kapasitas kereta. Asal ada yang beli tiket tetap dilayani. Akibatnya, mulai surabaya sampai probolinggo yang memakan waktu 2 jam harus berdiri berdesakan. Kalau berdiri tapi longgar tidak masalah, ini berdiri tapi berdesakan pula. Untuk mencari posisi berdiri yang nyaman saja sangat sulit. Terkesan tidak memanusiakan sama sekali. Tapi sekarang keadaan sudah lain, sudah lebih baik dengan tidak menjual tiket tanpa tempat duduk pada kereta api kelas ekonomi jarak jauh. Pelayanan sudah membaik dan memanusiakan manusia.

Untuk tiket KTB (kartu berlangganan ), sekali lagi menurut pendapat pribadi, untuk meminimalisasi adanya penyalahgunaan penghasilan dari KTB. Karena KTB tidak terkomputerisasi rawan kecurangan dan penyelewengan. Sebenarnya saya juga butuh tiket berlangganan agar tidak ribet membeli tiket tiap hari. Masalahnya tiket KTB kereta api tidak ada tempat duduknya.

Mencermati pengaduan yang mempunyai batasan waktu januari 2013-juli 2013. Kurun waktu tersebut untuk kerata api lokal jawa timur seperti KA Penataran, Rapih Dhoho dan KRD terjadi pengurangan gerbong. Dari 7 Gerbong menjadi 5 Gerbong 4 gerbong di jual sedangkan satu gerbong sebagai gerbong aling-aling, atau gerbong setan. Imbas dari pengurangan gerbong, penjualan tiket menjadi berkurang, tiket tiap hari sudah pasti di beli oleh pelaju (pekerja seperti saya). Mungkin sulitnya membeli tiket ini yang dikeluhkan oleh pengguna kereta api (khususnya orang bepergian). Bulan Agustus ini rangkaian kereta api lokal sudah bertambah menjadi 7 rangkaian gerbong, penjualan tiket juga sangat mudah dengan memesan h-7.

Intinya, tiap kebijakan yang melibatkan kepentingan publik pasti ada yang dirugikan dan diuntungkan, kalau lebih banyak yang diuntungkan, jalankan terus kebijakan tersebut dan memikirkan jalan kelaur bagi yang belum terakomodasi. Mendengarkan saran dari keluhan tersebut kemudian mencarikan solusinya itu lebih baik. 


Trend Modifikasi Motor CB 100

Trend Modifikasi Motor CB 100


Modifikasi motor memang mempunyai trend sendiri-sendiri, sama halnya dengan trend gaya berpakaian (modis) yang selalu mengikuti perkembangan. Trend modifikasi juga ada batasan waktu dimana saat booming model modifikasi tertentu banyak yang mengikutinya. Entah siapa yang membuat trend modifikasi, atau siapa yang mencetuskan ide modifikasi aliran tertentu sehingga banyak yang mengikutinya.

modifikasi cb

Alasan yang paling masuk akal dalam trend modifikasi motor yaitu hasil modifikasi yang enak di lihat, kelihatan beda dengan motor asli pembawaan pabrik. Sementara faktor garapan sentuhan modifikator akan mengikuti dari trend modifikasi motor tersebut. Ide modifikator sangat berperan.

Tahun 2008 silam, trend modifikasi motor CB 100 menganut aliran Jap Style dengan konsep minimalis. Sampai sekarang masih ada yang mengadopsi Jap Style. Ada juga yang menganut aliran Honda XL yang aslinya adalah motor trail.


Kurun tahun 2011-2013 banyak menganut aliran motor CB gendut dengan mencontoh motor Honda CB Dream CA 77 305. Honda Dream yang bermesin ganda (twin) memang tidak beredar di Indonesia, sehingga dijadikan ide modifikasi motor CB 100. Ide kreatif seperti ini jelas membutuhkan dana yang tidak sedikit. Untuk membangun honda cb dream membutuhkan dana minimal 5 (lima) juta rupiah untuk membeli baju Honda Dream. Penampilan yang kekar dan berototlah yang dicari. Karena motor CB ini di gunakan untuk turing baik dekat maupun jauh, keamanan dan kenyamanan menjadi target utama. Skok depan memakai skok Yamaha Byson atau skok depan tiger revo kemudian skok belakang menggunakan tiger revo. Untuk roda depan belakang memakai ban besar.

Honda Dream CA77 305 asli, Sumber gambar : www.her-motorcycle.com

Kongres CB Indonesia dan Sewindu New CB Boyolali
Honda Dream Modifan

Jika motor cb sudah full modified, saatnya menghadiri acara kongres CB Indonesia dan sewindu New CB Boyolali yang di gelar pada tanggal 28-29 September 2013 di Alun-alun Boyolali Jawa Tengah. Kongres CB Indonesia akan memilih ketua atau Presiden CB Indonesia yang baru, sekarang masih di jabat oleh Mbah Kung atau Mbah Jo atau Ngadi Rahardjo. Selamat melakukan kongres dan semoga ketua terpilih nanti bisa mengayomi seluruh anggota cb se nusantara.

Minuman Cukrik Surabaya

Minuman Cukrik Surabaya

Cukrik Surabaya adalah sejenis minuman keras yang mengandung arak beralkohol dan ada campuran spiritusnya. Nama cukrik memang terkenal di daerah Surabaya dan Gresik, dilain daerah mungkin penyebutan namanya bisa lain. Arjo (arak jowo) atau ciu dan lain sebagainya saya tidak hafal.

Cukrik dijual dalam kemasan botol minuman dengan harga 11 (sebelas) ribu sampai 60 (enam puluh) ribu rupiah tergantung dari kemasan dan kualitas cukrik (sumber : detik(dot)com 14/09/2013). Peredaran cukrik di Surabaya dijual secara sembunyi-sembunyi atau hanya melayani yang sudah menjadi langganan. Penikmat cukrik memang orang kelas menengah kebawah. Minumnya pun bergerombol biasanya di kuburan atau di gudang-gudang.

Pemasok atau pusat perkulakan cukrik itu sendiri menurut berita dari detik(dot)com berasal dari Kabupaten Bojonegoro dan Tuban. Untuk Bojonegoro sendiri saya tidak mengerti persis dimana letak pusat pembuatan arak atau cukrik. Tetapi untuk wilayah tuban, produsen arak terpusat di kecamatan semanding desa perunggahan 3 km arah selatan Tuban Kota. Korban Minuman Cukrik

Masih bersumber pada detik(dot)com, korban cukrik yang menghebohkan terjadi pada hari sabtu tanggal 14 september 2013 sebanyak total 11 (sebelas) korban menginggal dunia. Entah itu mengoplos cukrik dengan komposisi tidak seimbang atau memang kebanyakan dosisnya. Repotnya kalau komposisi tidak seimbang antara arak dengan spiritusnya.

Yang lebih menyedihkan lagi mereka semua meninggal dalam keadaan mabuk. Ada salah satu rekan "gerombolan kereta" yang menjadi korban meninggal dunia dalam keadaan mabuk tadi. Senin 16 September 2013 ada rekan yang mengabarkan bahwa bapak "ji" meinggal dunia karena mabuk overdosis cukrik. Yang membuat miris adalah setiap kabar yang berhembus bahwa bapak tersebut meninggal, orang-orang langsung bilang "bapak itu yang suka mabuk ya". Pelabelan yang melekat karena kebiasaan, dan orang mati memang tidak jauh dari kebiasaan di masa hidupnya. Sudah jelas dalam Al Qur'an mengharamkan qomr atau minuman keras (yang memabukkan) dan sudah seharusnya di hindari. Semoga mereka yang masih bergelut di bidang per cukrik an dan sejenisnya bisa berhenti total, dan yang belum mencicipi tidak terjerumus berlangganan cukrik. Tulisan ini tidak mendiskreditkan pihak tertentu dan tidak ingin men dalil i orang lain. Mengingatkan diri sendiri dan mengajak jangan mendekati cukrik dan sejenisnya yang memabukkan.


Jangan Pakis

Jangan pakis merupakan jangan (sayur) kesukaan saya. Walaupun baru merasakan jangan pakis sejak menginjakkan kaki di Kabupaten Jember beberapa tahun silam. Banyak yang berjualan daun pakis di pasar tradisional (Jember) seperti di pasar Kepatihan dan pasar Tanjung. Awalnya saya menganggap jangan pakis rasanya tidak begitu enak, setelah merasakan jangan pakis dengan cara di oseng-oseng atau di tumis, ternyata rasanya enak. Bahkan saya suka makan dengan jangan pakis tanpa lauk sama sekali, karena memang rasanya enak.

jangan pakis

Jangan pakis atau sayur pakis tidak begitu populer di Tuban maupun di Mojokerto, entah karena cara mendapatkan tanaman pakis yang sulit atau memang karena belum mengetahui apakah pakis bisa di buat sayur.

Sabtu tanggal 21 September 2013 saya bersilaturohim ke Tuban (rumah ibu) dengan mampir rumah mbah atau buyute Hayyu. Kebiasaan orang tua dahulu, jika bertamu pasti di suruh makan terlebih dahulu dan timing nya pas saat saya lapar walaupun bukan lapar akut. Langsung menuju ke dapur atau tepatnya pawon karena memang khas dari orang tua dahulu. Bukan kitchen set yang saya temui tapi hanya tungku dan genuk untuk menampung air bersih. Terlihat jangan pakis di dalam wajan begitu menggoda. Langsung saya tuangkan tanpa menghiraukan mengambil lauk. Eh ndilalah mbah saya bilang makan kok tidak pakai lauk, akhirnya diambilkan lauk oleh mbah saya dengan takaran atau porsi lauk yang besar.

jangan pakis

Setelah makan selesai, saya bertanya kepada mbah tentang pakis yang dijadikan jangan pakis tadi, ternyata dapat dari tetangga yang baru pulang dari daerah asalnya yaitu Jember. Pantas sekali mendapatkan sayur pakis layak makan.

Djangan Pakies

Djangan pakies yang satu ini beda dengan jangan pakis yang saya makan. Kalau djangan pakies ini weblog, yang adminnya orang ganteng (jelas ganteng karena laki-laki). Beliau katanya, katanya lho ya, berasal dari Lumajang sana, yang saatu daerah dengan Mas Than Jawa Arif. Beliau berdua ini pernah satu sekolahan (teman sak liting) semasa SMA dulu. Kini Djangan Pakies menentap di Blitar (entah kota atau kabupaten) dengan membuka lapak di pasar (ngakunya sih begitu, hehe). Semoga silaturohim tetap terjaga dengan baik dan saling dungo dinungo tentang kebaikan.

Akhir kata, semoga pak Djangan Pakies dan Pak Mas Than Jawa Arif serta teman blogger yang lain selalu dalam naungan Allah, Sehat, dimudahkan dalam segala urusan dan bisa bercengkrama bersama keluarga dengan tenang. Guyub rukun. Amiin.


Jadwal Kereta Api Bima

Jadwal Kereta Api Bima

Kereta api Bima Surabaya Jakarta kelas eksekutif berangkat dari stasiun gubeng pukul 18.15 WIB. Jadwal kereta api Bima selengkapnya menurut stasiun pemberhentian :


Demikian jadwal kereta api Bima, semoga bermanfaat.

Bahan STNK dan BPKB Habis

Bahan STNK habis atau kertas yang di gunakan untuk STNK dan BPKB habis. Untuk sementara STNK kendaraan bermotor hanya diberi stempel atau label rekomendasi yang berisi tanda tangan satlantas setempat. Stempelnya diletakkan di belakang kuitansi pajak kendaraan bemotor. Tidak usah kaget jika telah balik nama kendaraan bermotor, STNK dan BPKB asli belum bisa dicetak. Walaupun tidak ada STNK asli, tetap bisa digunakan bukti saat ada pemeriksaan kelengkapan atau operasi lalu lintas. Karena habis nya bahan Stnk dan BPKB ini bersifat nasional.

BPKB dan STNK

Penyebab bahan STNK dan BPKB habis adalah pihak korlantas Polri yang "baru", bisa melakukan tender pelelangan setelah ada pagu definitif yang sudah ditetapkan oleh Dirjen Perbendaharaan. Dengan kata lain, belajar dari kesalahan korlantas polri yang terdahulu tersandung kasus korupsi pengadaan.
Setelah saya melakukan balik nama gl pro 1991 tanggal 1 (satu) Agustus 2013 ke nama sesuai KTP adik saya, sampai saat ini saya belum menerima STNK dan BPKB asli dari pihak satlantas dan samsat Tuban. Pada kuitansi yang diberikan, disebutkan bahwa, STNK dan BPKB asli bisa diambil tanggal 1 (satu) Januari 2014. Waktu yang cukup lama, itupun kalau tidak ada masalah dengan pengadaan tender.

Masalah yang muncul akibaat bahan STNK dan BPKB habis yaitu disaat ada orang yang butuh uang dan menjadikan BPKB menjadi jaminan meminjam uang. Kalau tidak ada BPKB, pihak pemberi pinjaman akan berpikir ulang dan mempertimbangkan memberi pinjaman. Jika pemberi pinjaman mau bersinergi dengan pihak kepolisian, hal ini bisa di bicarakan agar terjadi kesepakatan bahwa surat pengambilan BPKB bisa di jadikan jaminan untuk meminjam uang.

Semoga pihak polri khususnya korlantas polri bisa belajar dari kasus korupsi yang telah lalu sehingga tidak menimbulkan efek kebelakan yang merugikan pihak pemilik kendaraan bermotor. Masalah Bahan STNK dan BPKB habis cepat terselesaikan.

Mengapa Harus Bayar Pajak

Mengapa Harus Bayar Pajak 


Dari rentetan pembayaran pajak bermotor yang saya lakukan dalam satu bulan, timbul pertanyaan. Mengapa harus membayar pajak?. Jawaban asal-asalan, jawaban goblok-goblokan atau polosan dari ketidaktahuan saya adalah untuk mendanai negara. Negara jelas butuh operasional untuk menjalankan kelangsungan hidupnya dengan memungut pajak yang bersifat wajib dan memaksa. Maka dari itu ada istilah wajib pajak bukan hak pajak atau sukarela pajak. Pajak itu sendiri berasal dari banyak sektor, saya tidak hafal berapa sektor yang ditarik pajak oleh negara (pemerintah). Yang saya rasakan sendiri adalah pajak kendaraan bermotor dan pajak bumi bangunan. Jumlah kendaraan berlimpah merupakan potensi pendapatan negara (yang besar) begitu juga jumlah tanah petak yang tiap tahun bertambah.


Pendapatan dari pajak tersebut di gunakan untuk pengeluaran berupa gaji pegawai, pembangunan fisik dsb. Untuk jawa timur sendiri pembangunan fisik berupa jalan dan jembatan dirasakan sudah merata walaupun, masih ada yang belum tersentuh oleh pembangunan seperti perbaikan jalan berkala dan sarana umum lainnya. Pada umumnya keadaan jalan dan infrastruktur di jawa timur lebih baik dari daerah lain.

Terlepas dari penyelewengan pengelolaan uang pajak oleh pengelola pajak di pemerintahan, sudah selayaknya saya sadar akan membayar pajak walaupun terlambat bayar pajak. Muncul ide, bagaimana jika 1 persen penerimaan pajak ini di trading kan ke broker forex terpercaya sekelas vantage fx, fxdd malta atau alpari uk. Dengan ketahanan margin yang ketat dan money management yang handal bukan tidak mungkin kalau kita bisa merampok uang dari broker forex tersebut. Tentunya harus ada pengawasan yang ketat, masalahnya pengelolaan pendapatan pajak gampang di akali oleh orang yang sudah pintar, apalagi mengelola uang untuk di trading kan. Tulisan ngelantur yang tak pelu ditanggapi serius. Begitulah.....


Peta Situs

Bayar Pajak Motor di Samsat Corner Surabaya

Bayar Pajak Motor di Samsat Corner Surabaya

Pengalaman membayar pajak sepeda motor di samsat corner Royal Plasa Surabaya. Hari Rabu tanggal 28 Agustus 2013 saya membayar pajak tahunan (pajak stnk) sepeda motor Suzuki Smash yang biasa di pakai istri saya. Smash tahun 2004 habis masa pajak tahunannya tanggal 31 Agustus 2013. Berhubung saya bekerja di Surabaya, waktu untuk membayar di samsat Mojokerto tidak bisa, karena saya pulang malam. Disarankan oleh teman sekantor untuk membayar di Samsat corner yang ada di Royal plasa depan Rumah Sakit TNI AL Surabaya. Dengan diantar teman saya tersebut saya menuju samsat corner Royal Plasa pukul 09.30 WIB.

Samsat Corner Royal Plasa

Sampai di Royal Plasa, ternyata mall nya baru buka dan masih sepi pengunjung, tetapi ada pak satpam yang sudah siap dengan pekerjaannya. Saya tanya beliau dimana letak samsat corner (royal plasa). Ternyata letaknya di sebelah selatan pintu utama. Masuk pintu utama belok ke kiri turun satu lantai dan di sudut ruko yang tidak terlalu besar, disitulah letak samsat corner royal plasa surabaya. Jam pelayanan di mulai pukul 10.00-14.00, kemudian buka lagi jam 15.00-20.00. Bahkan hari minggu pun tetap buka dengan jam buka samsat corner pukul 10.00-13.00 buka lagi jam 14.00-20.00 WIB. Cukup memfasilitasi dan mempermudah bagi yang ingin membayar pajak kendaraan bermotor.

Samsat Corner Royal


Pelayanan Cepat dan Ramah

Saya dapat antrian nomer 5, (sebenarnya tidak ada nomornya) dengan baris berjajar tertib dan saling mengerti tidak saling serobot seperti antrian sembako. Perlu di ketahui bahwa petugas di samsat corner royal plasa surabaya ada dua (perempuan semua) karena memang tempatnya minimalis. Begitu giliran saya, saya serahkan Stnk asli dan Ktp asli (bukan fotocopi) langsung di proses melalui samsat online. Begitu di proses saya antri kembali pada bagian pembayaran antri 5 orang juga. Tidak sampai 10 (sepuluh) menit sudah dicetak kuitansi pembayaran pajak motor smash tahun 2004. Pelayanan yang cepat, ramah dan memuaskan sekali. Tidak ada muka masam dari petugas samsat corner royal plasa surabaya, salut buat kedua ibu petugas yang tetap melayani dengan senyuman manis. Walaupun senyum kedua perempuan tadi manis, tetep terasa kecut di hati saya, karena di bulan Agustus ini saya membayar Pajak motor C70 1975 2 tahun, Balik nama plus membayar pajak Gl Pro 1991 terakhir membayar Smash 2004.

Samsat Corner Royal Plasa surabaya

Ada kenaikan nilai pajak yang besarnya bervariasi, untuk smash 2004 yang semula 167.500 menjadi 170.500 naik 3.000 (tiga ribu rupiah). Untuk Honda C70 yang semula 47.500 menjadi 67.500 naik 20.000 (dua puluh ribu). Untuk Gl Pro 1991 yang semula pajaknya 98.000 menjadi 103.000 naik 5.000 (lima ribu rupiah).

Kemudahan yang diberikan berupa bayar pajak motor di samsat corner surabaya juga terdapat di :
ITC mega grosir
Galaxy Mall
PTC Pakuwon
Carefour Kalirungkut.
Cara Balik Nama Motor

Cara Balik Nama Motor

Cara Balik Nama Motor

Cara balik nama motor yang paling mudah dan murah dengan mengurus sendiri porses balik nama motor di samsat setempat. Proses balik nama motor Honda Gl Pro 1991 milik saya yang aslinya bernama sesuai KTP saya, di balik nama menjadi nama KTP adik saya. Mengapa saya mem "balik nama motor" Gl Pro ke adik saya? Jawaban sederhana saya adalah tidak ingin ribet harus mengurus cabut bendel atau mutasi surat-surat sepeda motor dari Tuban ke Mojokerto. Karena saya sudah berdomisili di Mojokerto, ber KTP dan ber KK mojokerto. Waktu dan jarak yang menjadi kendala buat saya yang dasarnya tidak mau ribet dalam mengurus surat-surat sepeda motor (stnk dan Bpkb). Alasan kedua saya membalik nama Gl Pro yaitu ingin tetap menjalin silaturohim dengan keluarga di Tuban, dengan demikian paling sedikit satu tahun dua kali saya harus pulang ke Tuban untuk mengurus pajak tahunan Stnk selain mudik ke Tuban hari raya idul fitri.

Berikut langkah cara balik nama motor : 1. Beli Formulir di Samsat (sudah di pandu oleh petugas) yang di isi data sepeda motor nomor mesin dan nomor rangka. Perlu cek fisik nomor mesin dan cek fisik nomor rangka oleh petugas (memberi uang ke petugas cek fisik sak ikhlase).

2. Siapkan fotokopi Stnk dan Bpkb rangkap 3 (tiga) tergantung samsat masing-masing. Samsat Tuban minta tiga lembar. Usahakan fotokopi di dekat rumah saja, kalau fotokopi didalam area samsat sangat mahal harga per lembarnya.

3. Berkas cek fisik tersebut di serahkan ke loket dalam hal ini loket Balik Nama. Sambil menunggu antrian kira-kira setengah jam.

4. Bayar pajak tahunan dan bayar bea Balik Nama motor. Untuk periode juli sampai september 2013 seluruh Jawa Timur bebas Bea Balik Nama dan juga denda bebas denda pajak.

5. Tidak sampai satu jam berkas sudah jadi berupa BPKB baru, Stnk Baru, kuitansi pajak baru dan plat nomor baru.

Biaya Balik Nama motor.

1. Pembelian Formulir 20.000 ditambah biaya cek fisik sukarela 5.000
2. Fotokopi STNK, KTP, BPKB, Surat jual beli dan materai 36.000 (disamsat tuban)
3. Biaya penggantian BPKB (karena BPKB Gl Pro 1991 model lama, diganti baru) 80.000
4. Pajak Honda Gl Pro 1991 105.000 (pajak mengalami kenaikan)
5. Parkir dan uang bensin jika diperlukan, 20.000
6. Bea Balik Nama Gratis karena ada program pemutihan|klik dari pemprov jatim.

Cara balik nama motor ini tidak memakan waktu satu hari penuh, total mulai awal fotokopi, cek fisik kendaraan dan antri di loket pembayaran tidak sampai 2 jam. Sungguh mudah mengurus balik nama motor sendiri tanpa campur tangan orang lain. Demikian sedikit sharing cara balik nama motor dengan mudah dan murah karena di lakukan sendiri.

Bayar Denda Pajak Motor

Bayar Denda Pajak Motor

Bayar denda pajak motor honda c70 tahun 1975 melalui biro jasa atau calo atau makelar. Pajak kendaraan bermotor saya sudah telat bayar11 bulan terhitung mulai dari bulan september 2012 sampai Agustus 2013 baru saya bayar. Alasan saya telat membayar pajak tahunan motor saya, karena BPKB dan Stnk bukan atas nama saya sendiri, melainkan atas nama orang lain yang bukan dari sanak saudara saya. Karena ewuh pakewuh atau ribet dalam arti sungkan dengan beliau, harus mendatangi beliau untuk pinjam KTP. Tidak enaknya saya harus merepotkan beliau dalam mengajar di Madarasah Aliyah, walaupun sebenarnya ini wujud dari silaturohim, tetap saya merasa tidak enak sama beliau. Saya menggunakan biro jasa tetangga sebelah rumah, meminta tolong bayarkan pajak kendaraan bermotor (pajak tahunan stnk), maksud saya tolong pinjamkan KTP yang tertera di Stnk nanti saya ganti uang bekerjanya, tetapi biro jasa sudah memiliki jalan pintas tersendiri untuk bisa menerobos pintu masuk samsat. Entah memang memberi penghasilan pada biro jasa melalui rentenan petugas samsat sampai biro jasa atau memang ada pengecualian untuk biro jasa itu sendiri, saya kurang tau.

Bayar denda pajak motor

Begitu saya serahkan Stnk dan uang sejumlah yang tertera pada pajak dan perkiraan denda pajak motor saya, sekaligus ongkos (kerja dan bensin). Yang jelas cara pembayarannya tetap normal, yaitu dengan antri pada loket dengan menyertakan Stnk motor beserta KTP asli (atas nama STNK), setelah di panggil menuju kasir untuk membayar pajak tahunan (STNK). Jika kena "denda atau telat bayar pajak"nya, ada tambahan biaya berupa denda keterlambatan pembayaran pajak. Besarnya sekian % (persen) perbulan, jadi kalau terlambat 11 bulan kali persentase dari pajak pokoknya. Saya bayar dua kali, pertama untuk pajak tahun 2012-2013 yang belum saya bayar dan pajak tahun 2013-2014.

Pemutihan Denda Pajak Seluruh Jawa Timur

Denda pajak motor seluruh jawa timur di bebaskan karena ada program dari pemprov jawa timur tentang pemutihan denda pajak kendaraan bermotor. Program ini sangat menguntungkan bagi saya walaupun besar dendanya tidak begitu banyak. Lumayan buat tambahan biaya di biro jasa tetangga rumah saya.
Jika yang membayar wajib pajak yang beda nama dengan STNK tadi pasti petugas samsat tidak menerima atau menolak. Tetapi jika dititipkan pada biro jasa, petugas samsat mau menerimanya dengan imbalan tertentu. Yang terpenting saya terbantu dengan biro jasa dan niat saya minta tolong bayarkan pajak Stnk bukan minta tolong kemudahan akses dalam membayar pajak. Sama-sama enak atau memang enak sama-sama?

Harga Tiket Kereta Api Ekonomi Terbaru


Harga tiket Kereta Api Ekonomi Terbaru

Harga tiket kereta api ekonomi terbaru tahun 2013 berubah mulai tanggal 1 September 2013. Hal ini disebabkan oleh turunnya subsidi pemerintah terhadap penumpang "kereta api ekonomi" (PSO) public servis obligation. Meskipun harga tiket kereta api ekonomi jarak jauh mengalami penurunan harga karena subsidi, pemberlakuan tarif harga tiket tetap satu tarif, artinya jarak dekat maupun jauh tetap sama tarifnya.


Berikut ini saya sajikan harga tiket kereta api ekonomi terbaru tujuan Banyuwangi, jember, malang, Surabaya, Mojokerto, Madiun, Solo, Jogjakarta (jogja), Kroya, Semarang, Tegal, Kutoharjo, Bandung dan Jakarta.

Harga tiket kereta api ekonomi gaya baru malam selatan : 55.000
Kereta api ekonomi Sri Tanjung : 50.000
Kereta api ekonomi Pasundan : 55.000
Harga tiket Kereta api ekonomi Progo : 50.000
Kereta api ekonomi Bengawan : 50.000
Harga tiket Kereta api  Kutojaya Utara : 40.000
Kereta api ekonomi Kahuripan : 50.000
Tiket Kereta api ekonomi brantas : 55.000

Harga tiket Kereta api ekonomi kertajaya : 50.000
Kereta api ekonomi logawa : 50.000
Kereta api ekonomi Matarmaja : 65.000
Kereta api ekonomi Tawang jaya : 45.000
Harga tiket Kereta api ekonomi Serayu : 35.000
Kereta api ekonomi Kutojaya Selatan : 35.000
Kereta api ekonomi Tegal Arum : 25.000
Kereta Api ekonomi Tawang Alun : 30.000

harga tiket ka ekonomi terbaru


Demikian info harga tiket kereta api ekonomi terbaru per tanggal 1 September 2013 yang sudah mendapat subsidi dari pemeritah. Info harga tiket kereta api ekonomi terbaru ini saya dapat di baliho stasiun gubeng tentang pengumuman perubahan tiket. Semoga bermanfaat.


Langkah Membuat Badan Sehat

Salah satu langkah membuat badan sehat adalah dengan berolahraga. Dan olahraga yang paling mudah dan murah menurut saya, lari pagi atau joging keliling lapangan di belakang rumah. Yang menjadikan lari pagi lain dari yang lain adalah lari pagi ditemani istri dan anak saya.

Hari jum'at malam tanggal 13 September 2013 didalam kereta, badan terasa agak aneh, sepertinya mau sakit. Terasa demam menyerang walupun belum terasa panas dibadan. Timbul niat untuk lari pagi keesokan harinya untuk sekedar mengeluarkan keringat dalam tubuh sekalian biar kulit terkena sinar matahari pagi hari sebagai langkah membuat badan sehat.

lari pagi

Pukul 06.00 (tanggal 14 September 2013) setelah istri belanja kami berangkat menuju lapangan dengan mengendarai motor hijau, sekalian di buat refreshing mencari suasana baru. Sesampainya di lapangan, saya melakukan pemanasan sebentar untuk melenturkan otot kaki dan tangan supaya tidak terkilir. Bukankah setiap olahraga dianjrukan untuk melakukan pemanasan?. Saya mengalawali lari dari pojok lapangan untuk memudahkan menghitung berapa putaran yang saya dapat. Lari pagi atau joging dengan kecepatan sedang menyesuaikan nafas dan kondisi tubuh. Target 6 (enam) putaran lapangan saya lalui dengan kecepatan rata-rata 3-4 menit per putaran lapangan. Keringat yang keluar cukup banyak berarti "racun-racun" dalam tubuh juga ikut keluar. Cukup bagi saya kemudian melakukan pendinginan sekalian menghilangkan keringat.

Total waktu olahraga pagi atau lari pagi yang saya lakukan tidak menghabiskan waktu 1 (satu) jam. Waktu yang cukup singkat tapi saya kadang malas melakukannya. Langkah membuat badan sehat dengan joging ini bisa membuat badan saya bugar kembali. Alhamdulillah gejala demam semalam tidak membuat saya menjadi demam (sakit panas). Untuk pak ies yang mengalami problem gendut berkolesterol bisa di coba rutin lari pagi supaya berat badannya langsing seperti saya.
#guyang korahan.
Manusia hanya berusaha dengan semaksimal mungkin dan itu memang menjadi kewajiban manusia.

Kotak Pusaka

Kotak Pusaka

Berbicara tentang kotak pusaka, pikiran langsung melompat jauh ke benda-benda pusaka. Apalagi benda yang mengandung tuah tertentu atau bahasa jawanya "jimat" (barang siji di rumat). Pikiran terbayang pada benda seperti keris, tombak, pring pethuk dan batu akik. Ada yang mengaggap benda-benda pusaka memiliki yoni atau kodham yang bisa mendatangkan keuntungan bagi yang memegangnya. Bisa jadi yoni itu adalah tipu muslihat jin yang menyesatkan manusia.
Dalam perdagangan, sudah jamak dan tidak heran jika pemilik dagangan menggunakan jasa benda pusaka sebagai penglaris untuk menarik pembeli. Lebih ekstrem lagi menggunakan pesugihan atau mengadakan perjanjian dengan bangsa jin agar menjadikan pedagang tersebut kaya raya dalam waktu singkat. Akan tetapi, tidak semua pedagang menggunakan cara demikian, masih banyak pedagang yang murni dan polosan untuk bersaing head to head dengan pedagang lain. Cara ini murni dari manajemen dan pelayanan serta harga yang bersaing dengan pedagang lainnya.

Kotak Pusoko

Teman penjual pentol saya guyoni ketika kami terlibat obrolan ringan di depan rumah. Apa cara berdagangmu menggunakan penglaris atau murni kualitas rasa dan harga? ternyata beliau polosan alias murni karena rasa dan harga serta menarik simpati dari para pelanggan. Setelah saya melihat ada tulisan kotak pusaka dalam rombong beliau, beliau malah tertawa lebar. Itu isinya alat-alat perang macam, pisau, palu, tang, kunci pas dan kunci ring (alat bengkel) buat jaga-jaga sewaktu-waktu motor mogok. Beliau ini kan bekas mekanik sepeda motor, jadi sisa alatnya masih ada dan disertakan dalam rombong untuk berdagang.
Khusus untuk palu digunakan memecah es batu biar mudah menghancurkannya.


kotak pusaka

Beliau juga menjadi andalan bagi rekan-rekan sesama penjual pentol, tiap ada kendaraan rekan penjual pentol yang mogok beliau langsung menangani tanpa mengagap yang lain adalah pesaing. Tetep guyub rukun seduluran sak lawase. Jika penyebab mogoknya ringan beliau tidak mau turun tangan, karena tidak mau tanganya kotor. Beliau menyuruh pemilik motor membuka karburator kemudian di pandu cara membersihkannya. Setelah motor beres tidak ada upah sama sekali, karena sama-sama tahu keadaan penjual pentol. Dengan demikian gara-gara kotak pusaka ini, beliau punya banyak saudara sesama penjual pentol. Dan saudara inilah harta yang tak ternilai.

Seorang dokter juga mempunyai kotak pusaka yaitu kotak peralatan obat dan alkes, seorang montir juga punya kotak pusaka berupa kotak peralatan bengkel. Dengan demikian, kotak pusaka anda berupa apa ?

Penjual Pentol

Penjual pentol banyak di jumpai di setiap daerah, dengan bermacam varian pentol dan trade mark atau branding masing-masing penjual. Pentol atau (ada juga ) yang menyebutnya cilok dan cilot memang jajanan yang digemari oleh anak-anak dan orang dewasa sekalipun. Bentuk pentol pun ada yang kecil seperti kerikil dan besar seperti layaknya pentol bakso. Cara berjualan pentol menggunakan rombong yang di taruh diatas sepeda motor agar lebih mobile dan portable serta fleksibel.
rombong pentol

Teman saya sejak Taman kanak-kanak (TK) sampai sekolah menengah pertama (SMP) berjualan pentol protable. Beliau ini teman sebangku sewaktu di SD (kelas 4 dan kelas 6), saat lulus SMP beliau melanjutkan ke STM, sedangkan saya ke SMA. Dengan rombong yang ditelakkan di atas sepeda motornya, beliau keliling dari sekolah dasar (SD) sampai ke kampung-kampung radius 2 kilo meter (km) dari rumah beliau.

Kami bertemu saat beliau berjualan pentol saat acara lomba gerak jalan, kebetulan jualan pentolnya di depan rumah ibu. Saya membeli pentol beliau untuk mencicipi rasanya, ternyata enak mempunyai ciri khas tersendiri. Lomba gerak jalan belum selesai, pentol sudah habis terjual, alhamdulillah. Lama tak bertemu, membuat kami saling mengobrol menanyakan kabar masing-masing termasuk keluarga kecil beliau, begitu juga teman-teman kami.

Alih Profesi

Awalnya beliau ini seorang mekanik sepeda motor (tukang servis) di bengkel resmi honda, Ahass bersama adik saya sebelum adik saya buka bengkel sendiri di depan rumah. Adik saya keluar dari ahass, selang beberapa bulan beliau keluar juga untuk berjualan mainan anak-anak. Lebih dari 6 bulan berjualan mainan anak-anak, beliau beralih berjualan pentol. Dengan resep pemberian, beliau kembangkan dan utak-atik sehingga ketemu rasa dan takaran yang pas. Pas di rasanya dan pas di untungnya. Walaupun pentol yang dijual ini murah meriah, tapi beliau anti memberi pijer atau borak kedalam pentolnya, alasannya beliau, istri, anak dan tetangganya juga ikut makan pentolnya.

Keuntungan yang diperoleh cukup bahkan lebih dari cukup untuk kebutuhan sehari-hari melebih penghasilan dari menjadi mekanik dan berjualan mainan anak-anak. Setelah saya tanya lebih lanjut, ternyata melebihi gaji seorang manajer (ditempat saya kerja) sekalipun. Walaupun pekerjaan remeh temeh, tapi rejeki beliau berada pada berdagang menjadi penjual pentol. Adik saya yang menjadi mekanik juga sudah menemukan kecocokan dengan jalan rejekinya. Saya tidak merasa ingin menjadi penjual pentol, atau mekanik sepeda motor, saya mensyukuri dengan memaksimalkan potensial yang ada untuk mengais rejeki. Semoga beliau di beri kesehatan dan kemudahan dalam bekerja.

Lomba Gerak Jalan

Lomba Gerak jalan dalam rangka memperingati kemerdekaan Republik Indonesia atau Hari Besar Nasional digelar setelah hari raya idul fitri atau bulan syawwal. Kecamatan Rengel (Tuban) mengadakan lomba gerak jalan tanggal 6 September 2013 start mulai pukul 13.00 dengan rute akhir kantor kecamatan. Rute lomba gerak jalan maupun karnaval kecamatan selalu melewati depan rumah ibu, itu menjadi kredit keuntungan tersendiri.

Lomba gerak jalan

Penonton yang hadir pun dari seluruh penjuru desa Rengel serta ada yang dari kecamatan yang bertetanggaan dengan kecamatan Rengel. Halaman rumah tiba-tiba menjadi penuh dengan sepeda onthel dan sepeda motor dan dengan suka rela ibu mengijinkannya supaya penonton bisa menonton dengan tenang.

Lomba gerak jalan

Jangan di bayangkan lomba gerak jalan yang diikuti oleh peserta bebas atau gerak jalan umum ini terlihat rapi atau formal layaknya gerak jalan kelas paskibraka. Lomba gerak jalan di kecamatan rengel ini hanya sekedar meramaikan dan ikut berpartisipasi dalam mengisi kemerdekaan Republik Indonesia ke 68. Unsur hiburan lebih menonjol dari pada mengejar nilai sempurna dari dewan juri, tapi banyak juga penonton yang terhibur dengan kreativitas masing-masing grup. Tiap lingkup RT atau RW, komunitas mengirimkan wakilnya dengan kreativitas masing-masing. Begitu menariknya sajian dari peserta, penonton terlihat antusias dengan menonton menjorok ke jalan agar lebih dekat pandagannya.

Lomba gerak jalan


Lomba gerak jalan ini berakhir pukul 17.00 WIB setelah memastikan tidak ada peserta lagi yang lewat dan berjalan dengan lancar dan tertib, tidak ada keributan atau tawuran antar komuntias.
Acara positif seperti ini akan mengundang kreativitas warga untuk menampilkan karya seni yang beraneka ragam.

Antisipasi Langkanya Tahu Tempe

Baca berita di situs berita antaranews.com membuat hati jadi miris seperti teriris-iris. Tempe dan tahu  yang menjadi makanan (lauk) sehari-hari bagi saya dan keluarga tiba-tiba menjadi langka karena harga bahan baku tahu dan tempe (kedelai) tidak memungkinkan untuk meraih keuntungan dari produksi tempe. Efeknya produsen sekaligus penjual tempe ada yang tidak memproduksi tahu dan tempe, akibatnya menjadi langka.

tahu tempe tipis


Di tingkat pengecer yang menjadi jujukan ibu dan istri saya di dlanggu mojokertos sana, tempe dan tahu stoknya terbatas. Harganya pun naik, walaupun tetap bisa membeli tahu dan tempe, tetapi kemasannya di kurangi. Kalau sebelumnya seribu (1000) sudah bisa di gunakan untuk tiga kali makan (kami sekeluarga) sekarang seribu (1000) hanya untuk sekali makan, itupun irisannya tipis sekali. Istri saya sampai saya gojek, gojloki, guyoni dengan mengatakan " tempenya seperti rempeyek, atau kripik tempe" karena saking tipisnya. Begitulah seorang istri (istri saya) yang pintar mengolah makanan supaya tetap tersaji saat kami makan. Tahu dan tempe menjadi makanan (lauk) yang wajib bagi kami sekeluarga walaupun ada lauk lain tetep harus ada tahu dan tempenya. Lidah orang ndeso seperti saya memang sulit merubah kebiasaan mengkonsumsi tahu dan tempe.

Alternatif

Entah bagaimana rasanya jika lidah ndeso saya tidak merasakan tahu dan tempe untuk beberapa hari kedepan, atau entah kapan sampai harga bahan baku tahu dan tempe normal. Istri saya, lagi-lagi punya ide cerdas dengan membuat lauk dari kentang, umbi talas dan jagung. Untuk kentang bisa di buat perkedel atau begedhel yang terbuat dari kentang yang sudah di ulek kemudian di bentuk oval lalu di goreng. Rasanya enak, lumayan memenuhi kebutuhan lauk nabati non hewani, karena saya meminimalisasi lauk hewani. Jika dirasa kentang terlalu mahal, bisa menggunakan umbi talas sebagai begedhel dicampuri kentang, tetap umbi talasnya yang dominan. Jagung bisa dimanfaatkan untuk lauk pengganti tahu dan tempe, dibuat, dadar jagung atau bakwan jagung atau orang tuban menyebutnya pelas. Rasanya enak apalagi di pasangkan dengan sayur bayem. Untuk resep membuatnya saya tidak bisa, karena urusan dapur istri saya ahlinya. hehe.

Ada atau tidak ada tahu dan tempe di pasaran tidak perlu disikapi secara brutal, masih ada alternatif lain sebagai lauk pengganti tahu dan tempe. Urusan bahan baku tahu dan tempe mahal, karena pemerintah (partai penguasa) masih fokus pada konvensi dan juga fokus strategi di 2014. Biarlah (keluarga) saya yang menanggung beban negara, apa sih yang tidak di lakukan demi negara tercinta ini.

Bentuk Perhatian Orang Tua

Bentuk Perhatian Orang Tua

Bentuk perhatian orang tua terhadap anak itu bermacam-macam caranya. Ada yang halus, lemah lembut dan ada yang kasar seperti membentak atau dengan kekerasan fisik. Sejak dari kecil saya sudah terbiasa dengan berbagai macam bentuk perhatian orang tua saya, baik bapak dan ibu saya.
Waktu kecil saya sering main dengan sebaya sampai lupa waktu makan siang, bapak dan ibu langsung mencari saya ditempat biasanya saya bermain kemudian memaksa saya untuk pulang. Sebenarnya malu juga dengan teman-teman karena teman yang lain tidak pernah di paksa pulang oleh orang tuanya saat bermain.
Setelah saya menjadi orang tua, ternyata langkah beliau ini memang luar biasa dalam memberikan kasih sayang kepada anaknya. Masih sempat dan meluangkan waktu untuk memberi kasih sayang dengan mengingatkan waktu makan dan waktu istirahat.

perhatian orang tua

Yang paling menggelitik bagi saya, ketika saya pulang ke Tuban (rumah orang tua) ketika saya mengetuk pintu dan bertemu ibu saya. "kowe kok tambah ireng le" (kamu kok tambah hitam,nak) spontan saya tertawa, kok masih sempatnya memberi perhatian kepada anaknya yang sudah berkeluarga. Itulah ibu, sampai kapanpun anaknya tetap di perhatikan dan diperlakukan layaknya anak kecil. Ibu memang luar biasa. Ya sudah memang saya sudah mendeklarasikan diri dalam golongan hitam, begitulah. Bentuk Perhatian orang tua kepada anaknya walaupun kecil sungguh melegakan.

Jadwal Kereta Bandung Jakarta

Jadwal Kereta Bandung Jakarta


KA Argo Parahyangan Eksekutif dan Bisnis nomer KA 19 Jadwal Berangkat dari Bandung 05.00 sampai Jatinegara 07.42 tiba di Gambir Jakarta 07.54. Argo Parahyangan KA 20 Dari Jakarta Gambir 05.45, Purwakarta 07.07, Padalarang 08.27 sampai Bandung 08.44.

KA Argo Parahyangan dengan nomer KA 21 berangkat Bandung 07.15, Cimahi 07.25, Jatinegara 10.08 sampai Gambir Jakarta 10.20. Argo Parahyangan KA 22 Dari Jakarta Gambir 08.20, Purwakarta 09.41, Padalarang 11.00 sampai Bandung 11.17.

KA 23 Bandung 12.00 Jatinegara 14.42 Gambir Jakarta 14.54. Argo Parahyangan KA 24 Gambir Jakarta 10.50, Purwakarta 12.12, Padalarang 13.39, Bandung 13.56.

KA 25 Bandung 14.30, Jatinegara 17.15 Gambir Jakarta 17.27. Argo Parahyangan KA 26 Gambir Jakarta 15.35, Purwakarta 16.57, Padalarang 18.16, Bandung 18.33.

KA 27 Bandung 16.00, Cimahi 16.11, Jatinegara 18.45, Gambir Jakarta 18.57. Argo parahyangan KA 28 Gambir Jakarta 18.05, Purwakarta 19.27, Padalarang 20.43, Bandung 21.00.

KA 29 Bandung 19.45, Jatinegara 22.36, Gambir Jakarta 22.51. KA 30 Gambir Jakarta 19.40, Purwakarta 21.02, Padalarang 22.27, Bandung 22.44.

Demikian info jadwal kereta bandung jakarta yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.

Gerbong Setan

Gerbong Setan

Gerbong setan kami (para pelaju kereta api) menyebutnya begitu. Sebutan untuk sebuah gerbong bukan untuk penumpang. Fungsi dari gerbong setan ini sebenarnya untuk aling-aling sebagai pengaman agar terhindar dari kecelakaan. Kecelakaan berupa gerbong anjlok dari rel atau karena kecelakaan lain. Yang anjlok duluan kalau bukan gerbong pertama ya gerbong terakhir, oleh karena itu gerbong pertama dan terakhir di kosongkan. Gerbong setan ini memang di desain tidak bisa dimasuki oleh penumpang, pintunya di las, jendela juga di beri teralis agar penumpang tidak bisa masuk kedalam gerbong aling-aling ini.

Gerbong setan bukan gerbong yang ada hantunya, atau "gerbong" berpenghuni "hantu" atau jenis jin. Di dalam gerbong sangat gelap karena tidak diberi aliran listrik, banyak sampah berserakan dan kursinya berdebu. Kadang juga kursinya sudah rusak dan tidak layak pakai untuk penumpang. Apalagi jam berangkat dan pulang kerja adalah jam gelap, pagi dan malam, jadi semakin terasa gerbong setannya.

Gerbong Setan

Kereta api lokal KRD jurusan surabaya kertosono maupun kereta api Rapih Dhoho dulu mengangkut 5 rangkaian gerbong. Sehingga daya tampungnya lebih sedikit di banding penumpang yang tiap harinya tetap atau bahkan bertambah. Bisa dibayangkan, dari 7 (tujuh) gerbong menjadi 5 (lima) gerbong itu sama saja mengkonvert file, kalau orang kan tidak bisa di konvert. Solusi agar bisa tetap naik kereta adalah dengan masuk ke gerbong setan ini. Caranya dengan menghancurkan teralis yang sudah di las dengan batu atau palu (penumpang yang berprofesi tukang pasti membawa palu dkk). Tiap hari itu pula gerbong ini di las kembali di dipo sidotopo, dan kami belum kapok mengulangi keesokan harinya. Kereta api lokal mengangkut 5 (lima) gerbong selama hampir empat bulan, selama itu pula menghancurkan pintu yang sudah di las tadi.

Semuanya sadar kalau tindakan ini memang merugikan, berhubung subsidi pemerintah untuk kereta api tidak turun dan gerbong berkurang 2 (dua). Solusi yang tepat memang naik gerbong setan atau naik atap serta naik lokomotif kereta api. Alhamdulillah subsidi pemerintah untuk kereta api sudah turun dan gerbong sudah menjadi 7 rangkaian. Kebiasaan naik gerbong setan masih berlanjut.

Akibat Copy Paste Artikel Blog

Akibat Copy Paste Artikel Blog

Copy paste artikel blog tanpa menyertakan sumber aslinya memang lagi ngetrend. Kemudahan dalam hal apapun sebagai efek dari kemajuan teknologi jelas mengandung efek negatif pula. Dulu sebelum penggunaan komputer secara masif , orang menggunakan mesin tik untuk membuat dokumen, untuk menggandakannya atau "copy paste" menggunakan karbon itupun maksimal hanya lima lapis. Artinya sangat sulit untuk menggandakan dokumen sebelum jaman komputer.

kalau ini bukan copy paste, tapi beranak pinak

Aktivitas blogwalking dua hari ini, pada blog Mang Yono yang menyajikan tulisan, artikel pada blognya di copy paste. Hebatnya lagi sebagian besar isi blog Mang Yono hampir di duplikat yang isi artikelnya 100 % sama, kok bisa ya?. Tapi beliau malah berbesar hati dengan mengikhlaskannya itung-itung sodaqoh jariyah katanya. Lain halnya dengan blog mas Muhammad Cassanova Jr yang memberi tanggapan pada copy paste artikel blog dengan memberi ciuman basah pada yang meng copy paste. Beruntung kalau yang meng copy paste cewek dan masuk kategory cantik pula. Kalau cowok bagaimana mas ?. Berbeda lagi dengan mas Rawins yang santai-santai saja, mau di "copas" monggo, tulisan di quick note "menulis dan terus menulis tak peduli mau dibaca atau di jiplak". Ini tingkatan ke ikhlasan tertinggi menurut saya, beliau juga menganalogikan tulisan dalam blog bagaikan menaruh pisang goreng anget di pinggir jalan, pasti habis kan?

Saya sendiri mengalami hal serupa, salah satu tulisan dalam blognya agus setya di copy paste tanpa menyebutkan sumber aslinya. Saya tidak mengeluhkan hal ini sama sekali, malah saya senang karena ada yang ikut memasarkan pahalah atau MLM pahala. Ketika artikel blog di copy paste, tentunya mempunyai nilai jual, nilai manfaat, sedangkan memberi manfaat normalnya dapat pahala, asalkan artikelnya tidak mengandung dosa. Jika dalam blog copas tadi tambah rame dari blog saya, semoga saya kebagian pahalanya, walaupun traficnya lebih besar sana. Bukankah bos itu tidak bekerja, yang bekerja adalah pekerjanya. Jadi akibat copy paste artikel blog bagi saya malah mendatangkan keuntungan bagi saya pribadi. Jadi yang mau mengambil atau bahasa kerennya menjiplak, mau menyertakan link boleh tidak menyertakan link juga boleh. Gusti Allah mboten sare.


Tukang Parkir Liar

Tukang parkir liar menurut definisi saya pribadi adalah tukang parkir yang langsung mengklaim lahan parkir. Atau bisa juga tukang parkir yang bukan binaan dari pemerintah kabupaten atau kota madya. Biasanya tukang parkir model ini mengenakan identitas dari pemerintah kabupaten atau kota madya seperti jaket atau topi. Tukang parkir liar tidak setor hasil uang parkirnya ke pemerintah, melainkan setor ke yang punya lahan parkir.


Minggu tanggal 1 September 2013 saya bermaksud menghadiri pesta resepsi pernikahan teman saya (perempuan) di Surabaya. Pengantin laki-laki yang asli surabaya, sedangkan pengantin perempuan dari wonosalam, jombang, jadi ngunduh mantu bagi pihak laki-laki. Berangkat pukul 09.00 WIB dengan c70 sekalian mampir "toko mainan anak-anak" yang ada di daerah Rungkut industri. Sampai di toko mainan pukul 11.00 (dua jam perjalanan), motor saya parkir di depan toko persis. Setelah menyelesaikan transaksi, saya bermaksud melanjutkan perjalanan ke daerah kapasan di toko petra untuk membeli flanel dan alat lem tembak titipan istri saya. Didepan toko mainan tersebut ada bapak-bapak bertopi duduk di kursi sambil menghisap rokok. Asli saya kira itu "tukang parkir" nya, soalnya cocok dan mirip banget dengan tukang parkir liar kebanyakan. Setelah saya sodorkan uang 1000 ke bapak tersebut, bapak tersebut malah bilang " apaan mas?saya bukan tukang parkir tau". Ternyata saya salah sangka dan salah menduga, karena bapak tersebut menunggui istrinya yang juga membeli mainan anak-anak. Saya jadi malu dan segera meminta maaf pada bapak tersebut.

Perjalanan lanjut menuju toko petra daerah kapasan, kali ini tukang parkir liar nya juga tidak ada. Saya taruh motor c70 dan langsung saja masuk ke toko tanpa ada yang mengkomando untuk parkir, minimal di tata sepeda motor yang parkir. Setelah belanja keperluan selesai, saya intai dulu apakah ada tukang parkir liar nya agar tidak salah sangka kembali. Ternyata setelah saya bersiap mengendarai motor, tukang parkirnya datang dan menagih uang parkir. Kali ini saya tidak salah menduga lagi. Perjalanan lanjut ke daerah balongsari, tandes menuju acara resepsi pernikahan teman, di undangan, acara dimulai jam 13.00. Sampai lokasi resepsi keadaan masih sepi, cuma ada beberapa tamu dan MC yang lagi cek mikrofon, tidak ada penerima tamu sama sekali.

Sambil menunggu beberapa meter dari tempat resepsi untuk mencari teman menuju lokasi resepsi ternyata tidak ada sama sekali. Sedangkan jam menunjukkan pukul 13.40 WIB artinya acara semestinya sudah dimulai. Saya memberanikan diri masuk ke lokasi resepsi sekalian bertanya kepada MC tersebut apakah benar ini acara resepsi teman saya tersebut dan apakah acaranya sudah dimulai. Ternyata pengantin putri masih di rias. Menunggu 30 sambil duduk di kursi tamu, acara juga belum di mulai, pengantin juga belum muncul. Tanpa ada yang menawari dan menyambut saya langsung ambil makan karena memang saya sedang kelaparan parah. Makan untuk yang kedua kalinya dengan jeda waktu 30 menit tidak ada tanda-tanda dimulai. Saya beranikan diri untuk bertanya kepada pemuda berpakaian putih memakai jas, yang ternyata pengantin pria nya. Kemudian mempersilakan saya bertemu dengan pengantin putri yang sedang dirias didalam rumah beliau. Lega juga akhirnya setelah bertemu kedua mempelai untuk mendoakan beliau semoga menjadi keluarga barokah. Setelah itu saya langsung pulang menuju mojokerto dengan lega karena sudah menunaikan kewajiban saya menghadiri undangan.

Dua kali mendapat rasa malu, pertama salah duga tukang parkir liar. Kedua tidak disambut oleh tuan rumah dalam acara resepsi pernikahan membuat saya seperti tukang parkir liar yang kerjaannya mondar-mandir di depan lokasi resepsi. Begitulah.


Acara Jamnas HCCI Jombang

Acara Jamnas HCCI Jombang

Acara Jamnas (jambore nasional) HCCI (honda classic club indonesia) digelar di Jombang Jawa Timur hari Sabtu-Minggu tanggal 31 Agustus - 1 September 2013 bertempat di lapangan klenteng Hong San Kiong Kecamatan Gudo, Jombang Jawa Timur. HCCI sendiri merupakan wadah organisasi motor klasik Honda S90Z (astra), Honda Benly dan Honda CB 100.



Saya ikut serta menghadiri jamnas hcci setelah memastikan istri saya tidak kerepotan saat saya tinggal pergi ke acara. Saya memilih menggunakan Honda C70 (ulung, pitung, kaptul, pletuk, kalong, kuntul) dari pada menggunakan Gl Pro biar terkesan klasik, karena judul acaranya mengandung unsur klasik. Motor saya cuci terlebih dahulu biar kelihatan bersih dan kinclong. Berangkat Sabtu 31 Agustus pukul 17.00 WIB dari Mojokerto via kecamatan Puri arah Brangkal tembusnya pasar brangkal selepas by pass Mojokerto. Dalam perjalanan disambut oleh acara gerak jalan karena masih dalam suasana 17 Agustusan, hal ini membuat jalan sedikit macet karena hampir 3/4 jalan di pakai peserta gerak jalan. Sampai di Trowulan sudah maghrib, sekalian cari masjid untuk sholat berjamaah, biarpun dalam perjalanan saya mengusahakan sholat berjamaah. Melanjutkan perjalanan selepas sholat, jalan kembali padat cenderung macet di daerah Mojoagung jombang karena volume kendaraan. Hari sabtu atau menjelang hari libur Mojoagung lebih banyak macetnya dari pada lancarnya (penyempitan jalan, lampu trafik, pasar).

Sampai di Jombang pukul 18.00 WIB (satu jam ) untuk bertemu dengan adik saya yang juga menghadiri acara Hcci, beliau berangkat dari Tuban dengan membawa 2 pasukan. Berhubung kami belum tahu tempat acaranya, kami menuju ke rumah mas Hari "jaula" sang punggawa jaula speed jogoroto Jombang. Beliualah yang mengoprek motor Gl Pro saya yang tua tapi speednya gak kalah sama yang muda. Kami menuju rumah sekaligus bengkel mas Hari, beliau sedang mengantarkan tamu, rombongan honda c70 dari Kodya Batu. Setelah 30 menit menunggu beliau datang juga setelah di telpon istrinya. Ini kesukaan adik saya yang juga menkanik untuk menimba ilmu pada mas Hari yang merupakan mekanik CB 100.

Peserta Membludak

Rombongan menuju acara Jamnas Hcci Jombang dengan penunjuk arah mas Hari dengan CB 100, adik dan 2 temannya menggunakan Gl Pro dan mega pro. Sampai di radius 3 km kami sudah di sambut oleh penunjuk jalan dari panitia. Banyak juga rombongan dari berbagai daerah menujut ke lokasi. Mendekati pintu masuk, kami berusaha untuk masuk ke area (parkiran/lapangan klenteng). Pintu masuk tidak bisa diakses dengan lancar karena peserta dari arah barat dan timur saling berebut untuk masuk. Hal ini mengakibatkan ekor antrian semakin panjang. Setelah 30 menit kami bisa masuk lokasi dan memarkir sepeda, yang ternyata didalam sudah penuh dengan motor dari berbagai daerah. Acara sudah dimulai dengan sambutan atau kampanye safety riding dari satlantas polres jombang, kemudian dilanjut dengan pagelaran musik baik rock, reggae dan dangdut.

Peserta Membludak sampai sulit masuk lokasi

Tujuan utama saya adalah mencari spare part sepeda ijo saya yang sudah tidak ada di toko, dengan mendatangi lapak rosokan. Alhamdulillah apa yang saya cari sudah saya dapatkan dengan harga terjangkau. Begitu juga adik saya dan 2 teman lain juga sudah mendapat apa yang tidak di dapat di toko. Setiap acara atau event serupa, pelapak memang selalu hadir untuk menjual dagangannya. Berhubung kami sudah mendapatkan barang yang dicari, nafsu untuk melihat live musik tidak ada sama sekali. Kami putuskan untuk pulang pukul 21.30 WIB dan kami berpisah di Jombang Kota.


Raja Jalanan

Setiap even acara CB 100 maupun acara serupa, pasti ada yang namanya raja jalanan. Maksudnya jalan yang seharusnya untuk umum dan di pergunakan untuk pengandara lain, ini pergunakan sendiri oleh rombongan motornya. Tidak mempedulikan ada mobil atau pengguna jalan lain yang juga punya kepentingan sama bahkan lebih penting. Saya sadar dengan hal demikian, untuk itu saya mulai dari pribadi saya sendiri dengan mengajak adik saya dan dua temannya untuk selalu menghargai pengendara lain. Keselamatan bersama di jalan raya lebih penting. Semua memang tergantung dari pribadi masing-masing, masih ada pengendara motor yang sadar akan hal ini, begitu sebaliknya masih ada pengendara mobil, truck dan bus yang arogan menjadi raja jalanan.