Menyeberang Jalan Sembarangan

Surabaya termasuk kota besar yang masih bersahabat bagi pejalan kaki seperti saya. Masih di sediakan trotoar yang bersih dan nyaman bagi saya dan pejalan kaki lainnya. Kenyamanan trotoar jalan di surabaya juga relatif karena kooperatifnya para penyalahguna trotoar sebagai lapak untuk jualan. Mereka mua untuk berpindah tempat menjauh dari trotoar. Masalah lain muncul bagi saya ketika saya harus menyeberang jalan di jalanan Surabaya yang bagi saya sudah padat di jam tertentu. Walaupun padatnya Surabaya masih kalah dengan padatnya kendaraan di Jakarta atau kota besar lainnya.

menyeberang jalan sembarangan


Saya tiap hari harus menyebenrang jalan sembarangan bukan pada tempatnya. Seharusnya menyeberang jalan memang pada zebra cross dan kalau ada jembatan penyeberangan orang (JPO) serta ada lampu merah tersendiri khusus untuk pejalan kaki yang ingin menyeberang. Fungsi dari "JPO" ini sendiri sangat penting untuk keselamatan penyeberang begitu juga lampu trafic untuk penyeberang jalan. Lain lagi dengan zebra cross yang di Indonesia menjadi kurang aman jika di gunakan untuk menyeberang. Menyeberang di zebra cross harus berhati-hati karena pengemudi sekarang jarang yang memperhatikan dan mendahulukan penyeberang jalan di zebra cross. Walaupun ada yang tidak peduli cuma beberapa pengemudi saja dari roda empat dan paling banyak tidak peduli itu dari roda dua yang selalu tidak mau mengalah dengan penyeberang di zebra cross. Jadi miris melihat dan mengalami sendiri menyeberang di zebra cross masih saja di klakson, seharusnya seperti di pelajaran PMP dulu penyeberang itu di dahulukan pengendara harus mengurangi kecepatan radius beberapa meter sebelum zebra cross.

Tiap hari saya berangkat kerja dengan berjalan kaki diatas trotoar jalan yang relatif nyaman dan aman sampai pada ujung jalan saya harus menyeberang. Celakanya fasilitas zebra cross , jembatan penyeberangan orang dan lampu trafic khusus untuk orang menyeberang jaraknya jauh. Bahkan JPO tidak ada sama sekali.
Saya terpaksa harus menyeberang jalan sembarangan dengan berhati-hati mendahulukan kendaraan lewat dulu menunggu sepi baru menyeberang. Saya paling tidak berani menyeberang jalan dengan serampangan menyetop kendaraan lain. Kalau pas lagi apes pasti kena tabrak seperti tukang tambal ban sebelah mess tempat saya kerja habis di tabrak sepeda motor. Saya membutuhkan waktu minimal 5 menit untuk menyeberang jalan dan memastikan sudah tidak ada kendaraan yang lewat, atau keadaan jalan sudah aman dan memungkinkan untuk saya menyeberang. Saya tidak langsung menyeberang memotong jalan tapi berhenti di tengah jalan atau median jalan dulu baru menyeberang di ruas jalan berikutnya. Hati-hati merupakan cara dan usaha saya untuk selamat dalam menyeberang tidak semborono langsung menyeberang malah nanti berakibat buruk bagi saya.

Saya menyadari kalau menyeberang jalan sembarangan yang saya lakukan tiap hari itu salah dan mengandung resiko kecelakaan, tapi mau menyeberang kemana lagi fasilitas penyebarangan jalan berjarak sangat jauh tidak memungkinkan bagi saya menyeberang yang benar pada fasilitas penyeberangan jalan. Akhirnya saya harus melanggar aturan karena memang tidak ada fasilitas penyeberangan.


Cara Membalas Komentar di Blog dengan Cepat

Kebutuhan akan nge Blog seakan menjadi kebutuhan primer dalam keseharian saya, apakah bisa di katakan kena penyakit ngeblog akut dan kronis. Ngeblog bagi saya adalah menulis (posting) dan membalas komentar baik itu membalas komentar dalam tulisan yang saya postingn ataupun berkomentar pada blog saudara saya atau istilahnya blogwalking. Masih ada harapan bagi saya tidak dikatakan kena penyakit kronis ngeblog karena pada hari jum'at malam, sabtu dan minggu saya berhenti total ngeblog. Alasannya sederhana, waktunya istirahat dan memang untuk keluarga walaupun sesekali masih mencuri waktu untuk buka blog saya. Apalah artinya blog saya jika tidak ada yang mengunjungi atau berkomentar pada tulisan yang saya posting, pasti rasanya sepi dan hambar. Untuk itulah peran penting sahabat blogger dalam berkomentar sangat saya hargai dengan membalasnya baik membalas komentar di blog saya atau membalas komentar di blog sahabat. Lalu bagaimana jika komentar yang muncul di blog itu hanya clometan atau hanya iseng, saya tetep membalas di kolom blog saya. Untuk berkunjung di blog yang berkomentar memang saya usahakan secepatnya saya balas walaupun kadang ada yang kelewatan karena memang lupa, oleh karena itu maafkan saya. Cara membalas komentar di blog dengan cepat ala saya tanpa script tanpa trik apapun untuk membalas kunjungan dan komentar dari sahabat blogger. Kecepatan bandwith internet sangat menentukan cepat atau lambatnya dalam blogwalking. Tapi bagi saya itu tidak masalah karena di meja kerja saya ada tiga komputer yang salah satu komputer tidak terkoneksi internet. Dua komputer yang terkoneksi internet tersebut sudah cukup bagi saya untuk membalas komenter di blog dengan cepat. Teknik atau cara membalas komentar di blog dengan cepat adalah dengan pembagian tugas di tiap komputer. Yang satu berkomentar di blog A, yang satu Berkomentar di Blog B jika sudah selesai giliran berikutnya sampai selesai. Mudah dan cepat bukan untuk berkomentar di blog dengan cepat.

cara membalas komentar di blog

Kebetulan di tempat saya kerja memang ada tiga komputer jadi inilah cara membalas komentar di blog dengan cepat bagi saya tanpa script dan tanpa teknik apapun. Kalaupun sahabat blogger tidak ada komputer atau laptop sebanyak dua lebih ya tidak usah memaksa untuk membelinya karena bisa merusak anggaran yang telah di buat selama sebulan. Cukup dengan telaten dan dinikmati saja blogwalkingnya nanti juga kelar sendiri. Cukup sekian cara membalas komentar di blog dengan cepat menurut saya, semoga bermanfaat.


Event CB Catur Wulan Ke 2 CB 100 Plat S

Event CB Catur Wulan ke 2 cb plat S ini sebenarnya sudah lewat yaitu tanggal 18 mei 2013 bertempat di pusat perkulakan tas dan sepatu PPST mojokerto. Bertepatan dengan hari sabtu yang di guyur hujan ringan mulai siang hingga malam tidak menyurutkan para biker CB 100 dari pelosok jawa timur dan sebagian jawa tengah. Club CB dari berbagai daerah di jawa timur dan klub cb se nusantara sangat guyub dan rukun, jika ada saudara yang mempunyai hajatan CB langsung mengirimkan wakil dari klub untuk turing ke lokasi.

Event CB
Event CB plat S
CB plat S itu sendiri meliputi Tuban, Bojonegoro, Lamongan, Jombang, Mojokerto, sesuai kode eks karesidenan bojonegoro. Acara ini rutin digelar dengan rekomendasi dari IMI jatim membahas beberapa perkembangan klub , isu terkini dan juga perkembangan klub motor pada umumnya. Jauh dari kata anarkhis atau klub CB bukan geng motor yang bertindak brutal seperti dalam berita di tivi. Saya kira di Jawa Timur tidak ada geng motor sama sekali, kalau pun ada akan di berangus sendiri oleh orang kampung karena meresahkan masyarakat. Yang ada hanya lah perampok berkelompok yang memanfaatkan kesempatan seperti sepi nya jalan. Acara rakerda caturwulan 2 cb plat S dihadiri oleh beberapa klub cb di sekitaran jawa timur dan sebagian jawa tengah. Seperti saudara partner CB majapahit yaitu CB komphacs surabaya yang selalu berkampanya safety first atau safety riding dalam berkendara. CB kertosono, CB batu, CB Lamongan, CB Evolution Bojonegoro, CB monster Jombang dan masih banyak lagi.

Saya sendiri menghadiri acara cb majapahit ini atas ijin istri tercinta, bagaimanapun saya meninggalkan rumah semua kerjaan harus sudah beres dan aman terkendali tidak meninggalkan satu kerepotanpun. Seperti umbah-umbah, momong hayyu anak saya, dan juga ngentasi kumbahan hayyu. Berangkat sore hari menjelang maghrib sampai lokaso cukup di tempuh dengan 15 menit perjalanan. Sholat maghrib dulu di lokasi yang sudah tampak ramai oleh para peserta dan juka klub CB yang jauh asalnya. Selepas sholat maghrib saya menuju bursa spare part bekas yang memang menjadi andalan para biker cb tiap even CB. Saya mencari stang dan laker neo tech untuk gl pro adik saya, eh malah di tawari as kruk tiger revo, kepincut juga sih sebenarnya tapi uangnya tidak mencukupi. Kepincut dengan dasi depan honda c70 dengan harga murah tapi ndak bawa uang, repot ya kalau tidak niat beli tapi pengennya banyak. Malam semakin larut dan banyak peserta dari beberapa klub CB sudah berdatangan memberi salam kepada presiden CB Indonesia "Mbah Kung atau Mbah Jo". Kemudian diadakan kontes motor CB dengan tema modif ful dan original look. Selepas itu saya sadar diri dengan keluarga saya di rumah, pulang sampai rumah jam setengah 8 malam. Walaupun begitu rasa kangen tetep tinggi pada anak saya Hayyu.
Klub CB bukan geng motor dan juga sopan di jalan raya.

Info Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor

Info Pemutihan Jawa Pajak Kendaraan Bermotor

Informasi pemutihan pajak kendaraan bermotor 2016 seluruh Jawa Timur saya peroleh melalui media baliho ditengah jalan. Kapan waktu pemutihan pajak kendaraan bermotor berlangsung? Nanti dulu, sekarang bahas pendahuluan dulu. Entah siapa yang memasang, yang jelas info ini sangat bermanfaat bagi para wajib pajak khususnya kendaraan bermotor. Setiap tahun di jawa timur memang ada pemutihan pajak dan gratis BBN bea balik nama. Sasarannya adalah pendapatan jawa timur meningkat dengan membalik nama kendaraan luar jawa timur ke dalam plat nomor wilayah jawa timur. Apalagi bea balik nama gratis, mudan bukan, dan apabila pajaknya mati masih dapat gratisan dendanya sedangkan pajak pokoknya tetep bayar.

Pemutihan pajak kendaraan bermotor khususnya denda dan juga gratis bea balik nama kendaraan bermotor berlaku mulai 5 September 2016 sampai dengan 3 Desember 2016. Rentan waktu 3 bulan ini sangat lama karena baisanya pemutihan hanya berlangsung satu bulan saja. Manfaatkan dengan baik supaya kendaraan bermotor yang berplat nomor jawa timur tidak mati pajaknya, atau yang sudah mati pajaknya bisa bayar pajak tanpa denda sama sekali. Berikut ini baliho yang sempat saya foto untuk memastikan kebenaran tulisan ini :

Info pemutihan pajak kendaraan bermotor

Semoga bermanfaat info singkat yang saya sampaikan berkenaan dengan hal info pemutihan pajak kendaraan bermotor. Datang langsung ke samsat terdekat dengan membawa STNK dan KTP asli sesuai nama STNK dan bayarlah pajak kendaraan bermotor anda, jika balik nama bawa sekalian motor dan mobilnya untuk di cek fisik nomor rangka dan nomor mesinnya.

Muhassabah di Malam Nisfu Sya'ban

Tiga bulan yang sangat istimewa dalam islam yaitu bulan Rojab, Bulan Sya'ban dan Romadhon. Di bulan Rajab dianjurkan berdoa yang artinya kurang lebih, Ya Allah berkahilah kami di bulan rajab dan sya'ban dan sampaikanlah kami di bulan Romadhon. Banyak keutamaan di bulan sya'ban salah satunya yaitu dilaporkannya amalan kepada Allah. Atau istilah pembukuannya itu tutup buku yang meliputi laporan satu tahun kebelakang. Nah jika sudah di laporkan saya pribadi lupa apa saja yang telah saya lakukan setahun kebelakang, banyak baiknya atau banyak buruknya. Semoga rekan-rekan blogger pasti banyak amalan baiknya. Untuk itulah perlunya saya muhassabah atau menghitung dan mengingat-ingat perbuatan amal saya supaya saya bisa memperbaiki amalan yang rusak. Mari berlomba dalam hal kebaikan dalam bidang apapun termasuk itu memberikan senyuman dan salam.

Ada satu hal yang membuat saya sangat ingat betul tentang syukur atas nikmat Allah. Kecelakaan bersama istri yang saya alami beberapa waktu lalu. Ini karena kehendak Allah dalam menegur hambanya yang lemah dan lalai mengingat Allah. Dengan kejadian tersebut saya langsung berpikir kalau ini adalah anugerah karena di beri kesempatan untuk hidup dan semoga bisa menikmati indahnya bulan suci Romadhon. Semoga ibadah dan ketaqwaan kami bertambah baik ke depannya. Dan saya tidak lupa mendoakaan rekan-rekan semoga amal ibadahnya surplus dan konsisten.

skok depan c70
habis di tabrak


Tidak lupa saya dan keluarga mohon maaf atas salah maupun khilaf baik sengaja ataupun tidak sengaja, lisan maupun perbuatan serta prasangka dalam hati. Saya yang sering celometan di blog rekan-rekan mohon maaf atas kesengajaan saya. Semoga di maafkan, saya juga sudah memaafkan semua kealpaan rekan-rekan.

Hiruk Pikuk Kenaikan BBM

Adanya kabar kepastian kenaikan bbm mulai tanggal 22 juni 2013 dini hari di respon dengan kegaduhan yang ekstrem di semua spbu. Pemerintah akan mengumumkan kenaikan sebesar 6500 untuk premium dan 5500 untuk solar. Hiruk pikuk kenaikan bbm mulai terlihat ketika kereta dhoho yang melintasi sebelah pom bensin mojokerto kota terlihat antrian yang begitu panjang. Kelihatan seperti orang bingung seperti akan kehabisan bahan pangan.

Keadaan huru hara kenaikan bbm seperti ini selalu terjadi menjelang pengumuman kenaikan. Mulai dari mobil yang kelihatan mewah sampai sepeda motor yang tak kalah bagus juga ikut antri. Yang saya herankan mengapa mobil mewah kok ikut antri?kawatir tidak kebagian bensin bersubsidi rendah itu pasti. Tapi mengapa kuat beli mobil, namanya juga prinsip ekonomi, cari yang murah-murah. Bisa juga orang tersebut memang pengen terlihat kaya sehingga dengan uang utangan beli mobil kemudian tidak mampu beli bensin non subsidi. Saya yang kere saja berani boros bbm dengan ngegas gl pro saya dalam-dalam.
hiruk pikuk kenaikan bbm
antri bbm
Saya sendiri berniat mengisi bensin karena memang sudah jadwalnya isi bensin. Kalau saya tidak isi bensin bisa di pastikan saya akan menuntun si Gl Pro beberapa kilometer. Antri dengan tenang di pom bensin langgana membuat saya mengerti celah untuk cepat di layani. Kebanyakan orang antri puluhan meter, saya lewat samping yang memang melayani isi bbm. Karena orang tidak terbiasa isi bensin di pom tersebut, mereka terjebak pada antrian panjang. Antri 5 menit saya langsung mengisi 6 liter sekaligus dan ini adalah rekor pembelian bensin terbanyak bagi saya setelah menikah. Sebelumnya saya tidak pernah melihat antrian bensin sebegitu meriahnya hiruk pikuknya seperti sedang menjelang hari raya. Oleh karena itu saya berseloroh ini namanya hari raya BBM. Dulu tiap menjelang kenaikan saya tidak menghiraukan karena memang saya tidak intens menggunakan motor, masih jalan kaki atau naik angkutan umum. Selamat hari raya bbm denga segala hiruk pikuk kenaikan bbm.

Berwisata ke Surabaya dengan Kereta

Surabaya memiliki banyak obyek wisata yang perlu di kunjungi walaupun kotanya selalu ramai dengan hiruk pikuk kendaraan yang membuat otak tidak tenang. Surabaya menyimpang banyak saksi sejarah perjuangan kemerdekaan dalam pertempuran 10 nopember maupun sisa-sisa penyebaran agama Islam yaitu sunan Ampel yang makam dan masjidnya masih ramai di ziarahi. Obyek wisata di surabaya seperti monumen kapal selam, kebun binatang surabaya, tugu pahlawan, taman bungkul, jalan tunjungan dengan hotel yamato (mojopahit), jembatan petekan dsb.

Akses ke kota Surabaya juga sangat mudah bisa di jangkau dari arah manapun baik darat, laut maupun udara. Terminal purabaya atau terminal bungurasih merupakan terminal terbesar di jawa timur menjangkau banyak jurusan kota dan provinsi di tanah air. Walaupun ada juga terminal osowilangun yang di jadikan pendamping agar terminal purabaya tidak overload. Angkutan dalam kota yang memadai juga mendukung untuk menuju tujuan wisata. Taksi juga beroperasi 24 jam begitu juga penginapan dengan berbagai macam tarif.

Stasiun kereta api juga menjadi palang pintu masuknya wisatawan menuju dan meninggalkan kota surabaya. Stasiun wonokromo, stasiun gubeng, stasiun pasar turi, stasiun semut merupakan nilai strategis yang patut di pertimbangkan bagi wisatawan. Musim libur sekolah seperti ini yang berminat berwisata ke surabaya dengan kereta api menjadi solusi transportasi yang cepat dan relatif murah. Untuk wilayah jawa timur blitar, kediri, tulungagung, malang, bojonegoro, babat, tuban bisa menggunakan kereta api lokal penataran, rapih dhoho dan krd. Tarifnya murah meriah sebesar 4000-5500 rupiah lebih murah jika harus menggunakan kendaraan umum. Berwisata bersama anggota keluarga maupun rombongan sekolahan lebih nyaman menggunakan kereta api karena jatuhnya ongkos lebih murah.

Gambar Lokomotif kereta
Gambar Lokomotif Kereta

Siapkan dahulu pasukan yang akan ikut berwisata ke surabaya dengan kereta api, kemudian tentukan hari untuk memesan tiket kereta api, karena tiket kereta api bisa di pesan H-7. Jika anggota rombongan banyak anak kecil seperti rombongan TK-SD-SMA cukup tulis nama saja di lembar pemesanan tiket, kemudian untuk masuk ke peron stasiun cukup tunjukan kartu pelajar atau kartu apa saja yang menunjukkan identitas rombongan. Selamat berlibur dan berwisata menggunakan kereta api.

Sosialisasi Kenaikan BBM oleh Pemerintah

Langkah pemertintah dalam men sosialisasikan kenaikan bbm melalui timsos bbm di sebarkan melalui media sms dan juga iklan khususnya layanan masyarakat. Saya selalu menemui iklan sosialisasi kenaikan bbm oleh pemerintah di dalam ruang tunggu stasiun gubeng. Di layar moitor melalui anak perusahaan jaringan tv luar ruangan pt kai yaitu Duqsi media dengan gencar selalu menayangkan iklan sosialisasi kenaikan harga bbm ini. Masalahnya iklan layanan dalam bentuk sosialisasi ini bayar atau gratis memanfaatkan koneksi antar departemen kementrian esdm dan juga bumn. Kalau sampai bayar iklan di duqsi media milik pt kai saya rasa ini berlebihan sekali karena menambah anggaran untuk periklanan.

SMS dari Timsos BBM : " subsidi bbm tidak tepat sasaran, 
lebih banyak dinikmati orang kaya, dan hanya menciptakanketidakadilan...!!!
Pengaduan, ketik BBM(spasi) isi pesan kirim ke 1708".

Langkah pemerintah dalam mensosilisasikan kenaikan harga bbm seharusnya bisa di lakukan memalui jaringan televisi milik negera (TVRI) atau entah saya yang tidak pernah nonton TVRI. Di trans corp juga ada iklan sosialisasi kenaikan bbm, yang menjadi pertanyaan apakah ikaln ini gratis?.

Sosialisasi kenaikan BBM juga di sebarkan melalui sms atau short messege service secara menyeluruh dan me nasional. Pertimbangan pemerintah saat ini adalah semua penduduk memiliki hp tak terkecuali orang miskin dan orang kaya. Mulai dari Presiden sampai bakul duren, mulai dari menteri sampai juragan teri, mulai dari bakul rosokan sampai tukang pijet semua mempunyai hp. Data yang saya sarikan dari merdeka.com menyajikan data perhitungan tarif standart sms 150-350 untuk 240 juta pengguna hp walau pun sekian persen saja yang tidak mempunyai hp, tiap nomor akan mendapatkan satu sms. Dana untuk mensosialisasikan kenaikan bbm sebesar 36 Miliar untuk kirim sms saja, belum lagi iklan di media lain.

Saya tidak sedang berpolemik mendukung atau menolak kenaikan BBM oleh pemerintah, karena pada dasarnya saya terima dengan gagah perkasa atas kenaikan harga bbm ini, bukan berarti saya tidak pro rakyat. Bersyukur atas apa yang kita peroleh itu lebih baik dari pada harus koar-koar merasa miskin padahal punya motor 3 ekor dan juga sapi 3 biji. Itu namanya memiskinkan diri yang kelak akan menjadi kenyataan. Saya juga bukan orang kaya yang punya penghasilan tinggi lha wong saya pergi pagi pulang malam dalam mencari duit pontang panting dengan naik kereta api yang katanya mau naik pula harga tiketnya. Tapi semua tidak usah di sesali cari solusi atas kenaikan harga bbm oleh pemerintah. Seorang teman berseloroh : " dulu waktu masih idealis dengan rambut gondrong dan celana bolong ada kenaikan BBM langsung turun ke jalan Demo, kini ditanggapi dengan naik sepeda ontel".

Pada intinya tidak usah berpolemik lah mau dukung mau nolak pemerintah punya perhitungan sendiri yang lebih ruwet entah itu bargaining posisi partainya atau untuk mendapatkan dana dari kompensasi kenaikan bbm. Hitung-hitungan saya sih tidak ruwet kalau naik ya harus mengencangkan pinggang dan semoga pemerintah memberi solusi terbaik. Sosialisasi kenaikan bbm oleh pemerintah ini ada baik dan buruknya tergantung niat dari partai penguasa.

Turing dengan Honda CB 100


Turing bersama honda cb 100 saya lakukan sebagai test drive atas baru di rombaknya cb 100 tahun 1979 ini. Pemilik dari honda cb 100 menginginkan supaya honda cb 100 miliknya di coba perjalanan jarak jauh supaya kelihatan mana yang kurang dan perlu di perbaiki kembali. Pemilik honda cb 100 ini teman saya yang asli tuban dan berdomisili di semarang jawa tengah bekerja di Kepabeanan Semarang atau Custom. Kebetulan ada acara jambore dan deklarasi cb suroboyo yang di prakarsai beberapa klub cb 100 di surabaya macam CB HOT surabaya. Jarak yang saya tempuh antara Rengel (tuban) Surabaya kurang lebih 110 km karena acara jambore dan deklarasi CB Suroboyo berlangsung di kenjeran park. Dengan tema CB menyatukan nusantara, Unity the Archipelago karena yang datang juga dari luar jawa seperti bali, Jawa tengah, Jawa Barat dan DKI.

Saya berangkat dari rumah rengel jam 12 siang selepas sholat dhuhur. Berangkat sendiri tanpa teman membuat cara mengendarai saya agak edan. Kalau pas lagi sepi dengan track lurus jalan babat sampai lamongan membuat saya tergoda untuk menggeber gas honda cb 100 dalam-dalam. Kecepatan maksimal yang saya peroleh adalah 120 kpj itupun baru gigi percepatan 5. Honda cb 100 milik juragan be cukai ini memakai percepatan 6 speed dengan dobel atau elektrik starter dengan mesin standart. Alasan memakai dobel starter karena biar tua-tua begini asal tinggal pencet langsung nyala motornya. Untuk speed dari cb 100 1979 ini sudah oke, kenyamanan juga sudah cukup, mungkin ada beberapa bunyi dari getaran mesin yang perlu di perbaiki.

Saat memasuki surabaya, saya ketemu iring-iringan cb 100 dengan plat H (semarang) K (pati) dengan saling bertegur sapa klakson. Ada tim penjemput penunjuk arah jika belum tau lokasi kenjeran park dengan ramah mereka menyapa para biker cb 100. Sesampainya di kenjeran banyak dari crew cb suroboyo menyambut dengan jargon bravo CB Indonesia.


Deklarasi cb suroboyo

Dalam acara deklarasi cb suroboyo diadakan pula lomba atau kontes untuk cb para tamu, seperti modifikasi cb 100 dan original look. Seperti pada gambar cb 100 di bawah ini, cb 100 plat S dengan spek blok head scorpio , tangki honda cd 225, skok depan byson dan pernik lainnya. Selain itu juga ada pasar loak dadakan. Para penjual spare part bekas ini datang dari jawa timur dan jawa tengah selain menghadiri acara juga berdagang untuk sangu perjalanan.

Hanya satu jam saya berada di kawasan kenjeran park yang menjadi lautan cb 100 kemudian saya pulang ke mojokerto dengan membawa slebor belakang cb 100 lebar. Acara demikian memang sangat mengakrabkan beberapa klub cb di seluruh nusantara.


Kereta Api Penataran

Kereta api penataran jurusan Surabaya Biltar lewat bangil dan malang ini merupakan salah satu kereta andalan bagi para pekerja yang berasal dari daerah Sidoarjo sampai Malang. Nama penataran berasal dari candi penataran. Rute kereta ini berawal dari stasiun surabaya kota atau semut, Gubeng, Wonokromo, Waru, Gedangan, Sidoarjo, Bangil , sengon , Lawang, Singosari, Malang , Malang kota lama, Kepanjen, Ngebruk, Sumberpucung, Garum, Blitar. Harga tiket kereta api penataran 4000-5.500.

Kereta Api Penataran Malang

Saya jarang naik kereta api penataran karena memang bukan trayek pergi pulang saya, saya lebih sering naik kereta api rapih dhoho surabaya blitar lewat kertosono, kediri, tulungagung. Pernah beberapa kali naik kereta api penataran tujuan malang dengan maksud main ke rumah teman yang ada di malang. Penumpang kereta api penataran ini saya lihat sangat tertib dan disiplin terhadap aturan pt kai. Kalau ada peringatan di larang ya tidak dilanggar, saya salut terhadap kebiasaan penumpang kereta api penataran.

Kereta api penataran surabaya

Semenjak terbitnya jadwal baru per tanggal 01 april 2013 jadwal berangkat kereta api penataran sore jam 15.10 di hapus diganti menjadi jam 16.20 dari stasiun gubeng. Dan setelah perubahan jadwal itu pula kereta api penataran dan rapih dhoho sering dan lebih banyak telatnya dari pada tepat waktu. Telatnya juga tidak main-main telat satu jam kadang juga bisa kurang dari satu jam. Saya tetep mengapresiasi kinerja dari krew pt kai yang berusaha memberi pelayanan terbaik bagi penumpang kereta api penataran walau agak sedikit meleset dari target jadwal yang tertulis.

Jadwal kereta api penataran dari blitar :
04.10,
07.50,
09.13,
15.45

Sedangkan jadwal dari stasiun malang sampai dengan stasiun gubeng :
05.20-08.14,
06.30-09.42,
10.21-13.06,
11.55,14.47,
18.35-21.45

Jadwal kereta api penataran dari stasiun gubeng :
05.10,
07.20,
11.00,
16.20



Untuk kereta api penatarn icon berangkat dari stasiun blitar pada pukul 13.32 , malang 16.11 sampai stasiun gubeng pukul 18.51. Sedangkan dari stasiun surabaya gubeng berangkat pukul 19.20 sampai malang pukul 21.55.

Cara Merubah dan Membatalkan Tiket Kereta Api

Setelah mengetahui cara memesan tiket kereta api baik online, di indo dan alfa mart maupun di loket penjualan stasiun langsung. Saya akan mejelaskan cara merubah dan membatalkan tiket kereta api di loket penjualan stasiun kereta api. Semoga saja dengan info cara membatalkan tiket kereta api ini yang semula belum mengerti menjadi tahu dan juga memudahkan bagi yang ingin membatalkan dan merubah tiket kereta api.

Semua pemesanan tiket kereta api baik yang masih berupa kuintansi dari pembelian selain di loket stasiun memang di tukar dahulu di loket untuk di print kan tiket kereta api yang di beli. Ada sebagian calon penumpang dengan berbagai alasan membatalkan tiket atau merubah jadwal keberangkatan kereta api. Hal ini dimungkinkan sekali karena tiket kereta api dapat di pesan H-90 sebelum keberangkatan kereta api. Jadi masih mungkin saja terjadi misal sakit, atau ada rencana lain yang lebih penting. Update terbaru November 2013, tiket kereta ekonomi tidak bisa di batalkan alias hangus.


Formulir Pembatalan tiket kereta api
Formulir Pembatalan Kereta Api


Untuk perubahan dan pembatalan tiket kereta api ini berlaku hanya untuk tiket kereta pai ekonomi jarak jauh, kereta api bisnis dan kereta api eksekutif. Untuk kereta api lokal seperti tiket kereta api penataran, dhoho dan krd tidak bisa dirubah ataupun di batalkan. Berikut ini langkah merubah dan membatalkan tiket kereta api :

Formulir Pembatalan tiket
Contoh
1. Mintalah form warna merah (perubahan dan pembatalan tiket ) dari petugas stasiun atau kalau ada sudah tersedia tinggal ambil. Form warna merah untuk pembatalan dan perubahan tiket sedangkan untuk form warna biru untuk memesan tiket kereta api.

2. Isikan sesuai dengan nama penumpang, nama kereta, tanggal dan jam keberangkatan kereta api. Jangan lupa di centang di batalkan atau di rubah jadwalnya. Jika dirubah kereta dan jamnya silakan diisi dengan nama kereta dan tanggal serta jam berangkatnya

3. Jika membatalkan tiket kereta api ada pilihan uang nya di transfer atau di kembalikan tunai. Pengambilan uang di stasiun yang sudah online dalam arti stasiun besar atau stasiun kota bersangkutan.

4. Ketentuan pembatalan tiket kereta api dapat di lakukan 30 menit sebelum kereta api berangkat sesuai yang tercetak pada tiket dan di kenakan biaya 25% dari harga tiket di luar bea pesan.

5. Perubahan tiket kereta api dapat di lakukan selambat-lambatnya 24 jam sebelum jadwal keberangkatan sesuai dengan tiket dan di kenakan biaya 25% dari harga tiket di luar bea pesan.

6. Untuk membatalkan dan merubah jadwal perjalanan kereta api harus disertai dengan fotokopi identitas calon penumpang.

7. Bea pengembalian tiket dapat di transfer atau di ambil setelah 30 hari permohonan pembatalan tiket pada jam 07.00-17.00 hari ke 30- hari ke 45 setelah permohonan pembatalan.

Jangan lupa rencanakan perjalanan kereta api anda karena tiket dapat di pesan H-90 dengan resiko bisa ada pembatalan di kemudian hari. Pembatalan tiket kereta api lokal  tidak dapat dilakukan begitu juga perubahan jadwalnya. Untuk itu cek terlebih dahulu sebelum meninggalkan loket stasiun. Demikian sedikit info cara merubah dan membatalkan tiket kereta api di loket stasiun , semoga bermanfaat.



Naik Lokomotif Kereta Api

Naik lokomotif kereta api pernah saya lakukan selain naik atap gerbong kereta api. Jika saya naik atap gerbong kereta api karena saya iseng dan ingin tau apa sih nikmatnya, untuk naik lokomotif ini karena saya terpaksa karena gerbong kereta memang penuh sesak sedangkan saya sudah tobat untuk tidak naik di atas gerbong kereta api. Saya juga sadar jika naik atas gerbong kereta api resiko bahayanya sangat besar dibanding dengan naik lokomotif. Di lokomotif ini nyaris kecil sekali bahayanya karena saya bisa berpegangan pada kabin lokomotif kereta api. Musuhnya cuman angin yang kencang dan dingin karena berangkat nya memang pagi hari selepas subuh.



Mengapa kok saya dan teman-teman sampai naik lokomotif kereta api? karena gerbong kereta api yang semula 7 gerbong di kurang menjadi 5 gerbong dengan 4 gebong difungsikan satu gerbong kereta sebagai aling-aling. Hal ini sebagai efek dari tidak turunnya subsidi kereta api ekonomi oleh pemerintah baik itu kereta api ekonomi lokal maupun kereta ekonomi jarak jauh. Sedangkan penumpang yang biasa tertampung dengan tujuh gerbong harus berebut naik yang cuma disediakan 4 gerbong. Penuh sesak kayak pindang di dalam besek. Mau gimana lagi untuk mencapai tempat kerja dengan cepat dan murah ya naik kereta api dan naik lokomotif ini menjadi salah satu alternatif kami.

Naik Lokomotif Kereta Api
Naik Lokomotif Kereta Api
Pernah suatu ketika saat naik lokomotif di usir sama satpam karena berbahaya dan mengganggu kinerja masinis. Sempat adu mulut dengan satpam tersebut akirnya satu orang lawan 50 orang tetep aja satpamnya kalah dan kami bisa naik lokomotif dengan tenang. Yang bikin tidak enak itu saat lokomotifnya kebalik kami tidak bisa naik lokomotif kereta karena sangat mengganggu masinis, dan kami sangat menyadari hal tersebut untuk tidak memaksakan naik lokomotif.

Sekarang dan semoga seterusnya gerbong kereta api lokal rapih dhoho , krd dan juga penataran sudah ditambah menjadi enam gerbong denga lima gerbong difungsikan. Jadi saya dan rekan-rekan tidak perlu naik lokomotif  kereta api lagi. Berikut saya sertakan gambar saat naik lokomotif kereta api ternyata keren juga kalau di foto. Subisidi kereta api entah dari mana datangnya entah dari pt kai sendiri sebagai kompensasi naiknya harga tiket kereta api ekonomi jarak jauh atau dari pemerintah. Yang penting saya berterima kasih kepada para decision maker telah mengakomodasi kami para penggemar kereta api. Semoga aritkel naik lokomotif kereta api ini bermanfaat bagi semua dan jangan di tiru karena saya pun sudah tobat untuk tidak naik lokomotif kereta api.

Subsidi Pemerintah Terhadap Kereta Api Ekonomi

Kebijakan subisidi pemerintah terhadap kereta api ekonomi semua jurusan sudah dilakukan lama sebelum perombakan besar-besaran pada PT KAI. Subsidies atau subsidi yang diberikan pemerintah untuk kereta api ekonomi bisa meringankan harga tiket kereta api. Seperti yang saya lihat dan rasakan sebelumnya dengan kereta api jarak jauh seperti keretaa api logawa dan sritanjung tarifnya tahun 2010 sebesar 20.000 dan 18.000. Tahun 2013 naik menjadi 40.000 dan 35.000 kini menjadi 100.000 dan 90.000. Kenaikan tiga kali ini dikarenakan jatah subsidi yang diberikan pemerintah tidak atau belum turun. Pemerintah melalui dinas perhubungan tidak mencairkan public service obligation atau PSO atau subsidi kereta api karena pt KAI tidak menggunakan gerbong kereta api sebagaimana mestinya.

Subsidi kereta api ekonomi
Subsidi kereta api ekonomi

Tidak di turunkannya "subsidi" kereta api versi pemerintah karena jatah gerbong yang di subsidi sebanyak 7 gerbong, sementara pt kai hanya mengoperasikan 6 gerbong yang satu gerbong di buat aling-aling atau di las pintunya bukan untuk penumpang. Fungsi aling-aling itu sendiri untuk menjaga keamanan penumpang dari bahaya kecelakaan. Saya sendiri sebagai pengguna jasa layanan kereta api tidak tau apa alasan sebenarnya dari tidak turunya subsidies atau subsidi dari pemerintah ini (PSO). Entah pt kai yang bener entah pemerintah yang bener, yang jelas konsumen sangat dirugikan dengan tidak turunnya subsidi kereta api ekonomi ini. Untuk kereta api ekonomi lokal gerbongnya di kurangi menjadi 5 gerbong dalam satu rangkaian kereta api yang semula 7 gerbong. Efeknya penumpang kereta api penuh sesak seperti yang saya alami tiap hari.

Dengan tidak diturunkannya subsidi kereta api ekonomi khususnya kereta api ekonomi jarak jauh, konsekuensinya harga kereta api ekonomi jarak jauh di naikkan 300 kali lipat dengan penambahan fasilitas air conditioner AC yang di paksakan. Di paksakan karena AC yang digunakan adalah AC split bekas dengan harga borongan yang mungkin saja lebih murah dari AC baru. Keuntungan pt kai otomastis melonjak drastis sedangkan pengguna kereta api juga tidak surut, artinya ada penumpang setia kereta api. Mungkin karena penumpang tidak tawar mabuk di bis, lebih cepat naik kereta dsb. Dengan keuntungan yang naik drastis ini bisa digunakan untuk alokasi dana subsidi pada kereta api lokal.

Skenario subsidi kereta api ekonomi lokal dari dihapusnya subsidi terhadap kereta api ekonomi jarak jauh. Jadi walaupun subsidi pemerintah terhadap kereta api ekonomi tidak turun, pt kai bisa memberikan subsidi pada kereta api ekonomi lokal karena keuntungan berlipat tadi. Ini asumsi saya saja sebagai pengguna kereta api, karena yang saya rasakan, kereta api ekonomi lokal sekarang gerbongnya nambah satu jadi 6 gerbong dengan 5 gerbong yang di fungsikan satu gerbong untuk aling-aling. Berbeda saat polemik subsidi dulu belum ada jalan keluarnya, kereta api lokal hanya dapat jatah 5 gerbong dengan 4 gerbong yang di fungsikan. Efeknya kereta api ekonomi lokal penuh sesak dan jatah penjualan tiket menjadi lebih sedikit. Kasihan orang yang bepergian tidak dapat jatah tiket karena sudah di borong oleh orang pelaju yang tiap hari pergi pulang dengan kereta api. Yang penting sekarang semua keinginan penumpang sudah terakomodasi dengan ditambahnya satu rangakaian gerbong pada kereta api lokal. Ada kabar yang belum tentu kebenarannya bulan september nanti harga kereta api lokal seperti kereta api penataran, kereta api rapih dhoho dan kereta api KRD akan naik karena subsidi dicabut semua atau memang pt kai mencabut subsidi silang seperti skenario subsidi diatas. Sekian tulisan subsidi pemerintah terhadap kereta api ekonomi dan semoga pelayanan kereta api indonesia semakin memuaskan.

Prosedur Cara Klaim Asuransi Jasa Raharja

Musibah kecelakaan yang menimpa saya dan istri saya kemarin cukup mengagetkan saya istilahnya ndredeg karena belum pengalaman dan cukup ini yang terakhir kecelakaan. Bagi saya pribadi ini memang kelengahan saya, saya sebagai sopir, pengendara dan pengendali kemudi dari penumpang saya yang juga bernyawa telah merugikan hak nyaman istri saya. Ini juga bisa jadi kiasan agar dalam menyopiri atau meng imam i keluarga saya harus hati-hati tidak boleh lengah sedikitpun. Itulah gambaran umum tentang musibah kecelakaan kemarin. Masalah kecelakaan ini ada hubungannya dengan asuransi kecelakaan dalam hal ini asuransi jasa raharja. Apa dan bagaimana prosedur cara kliam asuransi jasa raharja, otomastis saya juga mencari informasi ini untuk pengetahuan saja. Karena dalam musibah kemarin alhamdulillah kami tidak mengalami luka serius cuma si ijo yang luka parah.

Jasa Raharja merupakan perusahaan asuransi BUMN yang menangani masalah kecelakaan. Asuransi kecelakaan sudah kita bayarkan melalui pajak kendaraan bermotor yang di bayar tiap tahun seingat saya sebesar 35 ribu rupiah. Begitu juga iuran asuransi karcis bis, karcis kereta untuk pesawat dan pelni saya belum tau karena memang belum pernah menggunakan jasa ini. Dana yang terkumpul perharinya tentunya besar karena mencakup seluruh wilayah indonesia. Berikut ini Prosedur cara klaim asuransi jasa raharja :
1. Menghubungi kantor jasa raharja terdekat dengan mengisi formulir pengajuan serta dilampirkan pula berkas seperti : Laporan dari kepolisian polres karena yang berhak membuat adalah kasat lantas, Keterangan kesehatan dari dokter atau rumah sakit yang merawat, KTP korban atau ahli waris juga tidak apa-apa.
Laporan polisi ini merupakan syarat mutlak sebagai dasar pengajuan asuransi santuanan, jika kejadian tidak dilaporkan atau tidak diketahui oleh polisi tetap harus minta laporan dari polisi dengan saksi-saksi atau pihak keluarga yang mengetahui musibah kecelakaan.

2. Bukti Lain yang di perlukan seperti kuitansi biaya perawatan di rumah sakit dan pengobatan asli yang sah. Jika korban meninggal menggunakan kartu keluarga atau surat nikah. Kumpulkan kuitansi asli biaya pengobatan di rumah sakit, jika pengobatan tradisional tidak bisa ditoleransi. Kemudian kirim ke jasa raharja terdekat kemudian oleh jasa raharja terdekat berkas tersebut akan di kirim ke tingkat provinsi dan pencairan santunan di jasa raharja provinsi.

3. Santunan berupa biaya perawatan dan pengobatan, santuanan kematian sebesar maksimal 25 juta, santunan cacat tetap maksimal 25 juta, santunan biaya perawatan maksimal 10 juta dan biaya penguburan sebesar 2 juta rupiah.

Asuransi kecelakaan jasa raharja ini bisa di ambil oleh ahli waris pasangannya , anak yang sah dan orang tuanya. Masa kadaluarsa hak santuanan asuransi jasa raharja bisa gugur atau kadaluarsa jika permintaan yang diajukan dalam waktu lebih dari 6 bulan setelah terjadinya kecelakaan. Tidak dilakukan penagihan ke jasa raharja dalam kurum waktu 3 bulan setelah pengajuan prosedur disetujui oleh jasa raharja. Demikian sedikit info yang saya sarikan dari website jasa raharja.co.id semoga bermanfaat.

Alhamdulillah Selamat dari Kecelakaan

Cerita selamat dari kecelakaan ini bermula saat saya mengantar istri saya baik pergi ataupun pulang ke kampus untuk pembekalan KKN atau kuliah kerja nyata. Tanggal 12 Juni 2013 pukul 16.00 WIB istri saya berangkat dari rumah menuju kampus dengan angkot yang nyegat di depan rumah. Karena saya bekerja di Surabaya naik kereta saya tidak bisa langsung pulang karena harus nunggu jadwal kereta rapih dhoho sore dan tiba di mojokerto pukul 18.00 WIB sekalian sholat di musholla stasiun. Kami ketemuan di terminal untuk menuju kampus istri yang berjarak sekitar 25 km dari rumah. Berangkat dengan si ijo c70 dengan berhati-hati karena jalan yang bergelombang apalagi malam hari jalan tidak begitu kelihatan mana yang berlubang.
ALhamdulillah selamat dari Kecelakaan
Komen Kemarin

Sampai di kampus saya menunggu kegiatan istri saya sampai selasai sambil tidur-tiduran di kursi panjang. Tak lupa saya menunaikan sholat isya' di masjid kampus setelah hujan turun dengan derasnya. Alhamdulillah hujan reda saat kami hendak pulang menuju mojokerto. Pukul 20.45 saya melaju pelan meninggalkan kampus sekalian mencari warung tenda untuk mencari makan malam buat kami berdua. Rasa lapar kami tahan sampai di kecamatan bangsal mojokerto baru kami memutuskan untuk makan malam. Perjalanan dengan si ijo c70 dengan kecepatan 50 kpj dan terkesan sangat berhati-hati karena sudah malam.

Selepas makan malam itu pukul 21.30 kami melanjutkan perjalanan menuju rumah yang memang kurang 8 km lagi sampai rumah. Saya berniat mengisi bensin di pom bensin yang ada di sebelah kanan jalan dengan minggir dahulu ke bahu jalan untuk memastikan depan belakang jalan aman. Saya memutuskan untuk menyeberang setelah kondisi aman. Dan tiba-tiba ada sepeda motor dari arah belakang atau kanan saya melaju dengan kencang kira-kira 80 kpj mungkin sudah malam dan sepi jadi mengendarainya kenceng sekali. Tiba-tiba brak..grubyak..praak...saya dan istri jatuh karena motor ijo c70 ditabrak dengan sudut hampir 90 derajat atau letter T. Tumburan yang sangat keras sampai-sampai orang di dalam rumah pada keluar untuk menolong kami yang kecelakaan. Saya tetep pegang stir motor karena sepeda jatuh dan istri saya ikut jatuh tapi masih duduk di jok motor terjepit dengan aspal tidak bisa bangun. Saya tolong istri saya kemudian pinggirkan dan memastikan tidak terjadi luka yang serius sementara motor tidak saya urusi terlebih dahulu. Alhamdulillah tidak terjadi luka yang serius hanya lecet dan memar di bagian pinggul. Dua motor yang beradu di pinggirkan warga untuk menghindari adanya polisi lewat karena bisa panjang urusannya.

Saya dan pengendara yang menabrak saya tadi berunding setelah saya meminta maaf karena kelalaian saya jadi mencelakan orang tersebut, Dan alhamdulillah orangnya juga menyadari, jadi tidak ada adu mulut untuk saling klaim ganti rugi. Saya lihat si ijo rusak parah di bagian depan, skok depan hancur sekalian rodanya miring ke samping. Butuh empat orang untuk menggotong si ijo kedalam rumah orang yang menawari penitipan sementara. Saya hanya minta satu pertolongan kepada orang yang nabrak tadi, tolong antarkan kami pulang dan beliau menyanggupinya, alhamdulillah. Dalam perjalanan tersebut kami malah ngobrol banyak seperti orang baru kenalan, mungkin saja jalan persaudaraan itu datang setelah adanya musibah.

Dari kejadian tersebut saya berpikir bagaimana seandainya ada kendaraan besar di belakang kami, bagaimana jika kami terluka parah, bagaimana jika salah satu atau semua diambil nyawanya oleh Allah. Alhamdulillah kami saya dan istri masih di paringi kesempatan untuk memperbaiki amal ibadah kami di dunia ini, semoga aja demikian. Berkat doa dari teman dan saudara saya di blogger seperti mas zach, mas ks, mas pay, mang yono, mbak khusna, mbak uswah, mas fian mt dan masih banyak lagi. Kami juga mendoakan kebaikan untuk kalian semua, pokoknya the best banget punya saudara seblogeran. Semoga kejadian ini menjadikan saya lebih berhati-hati dan menambah taqwa saya untuk meningkatkan ibadah dan menjaga perbuatan dan lisan saya.




Multi Level Marketing Dosa

Multi level marketing adalah sistem atau strategi penjualan bertingkat sesuai dengan status dan kredit poin yang dimiliki. Multi Level marketing disingkat MLM menganut pyramid scheme dimana posisi paling atas adalah kelompok minoritas yang memiliki keuntungan besar serta pemegang kebijakan. Pengetahuan saya tentang multilevel marketing memang dangkal jadi pengertian yang saya buat pada paragraf pertama bisa saja keliru. Intinya cara pemasaran bertingkat itu mengenakkan yang diatas sedangkan kaki-kakinya atau downline nya yang bekerja tidak mendapatkan upah yang sebanding. Hal ini sebenarnya sama saja dengan prinsip marketing pada umumnya dimana sang pemilik modal atau sang kreator keuntungannya lebih besar.

Itulah sekelumit pengertian multi level marketing dengan pyramid scheme menurut saya. Tapi saya tidak sedang membahas tetang teknik pemasaran yang baik dan benar. Multi level marketing dosa yang saya bahas dalam tulisan ini. Artinya dosa yang kita perbuat berpotensi menambah banyak dan besar dosa kita karena melalui teknik multi level marketing ini, saya menyebutnya multi level marketing dosa. Dosa apakah yang membuat dosa tersebut menjadi besar dan banyak seperti bola salju. Banyak sekali dosa yang berpotensi menimbulkan dosa yang menunpuk seperti penggiringan opini di media masa dan upload foto tidak pantas di internet. Saat kita membuat desain opini yang jauh dari kenyataan, kita sudah berdosa apalagi opini tersebut tersebar luas, maka dosa kita menjadi banyak, ditambah opini tersebut di sebarkan lagi sama orang lain begitu seterusnya, berapakah dosa yang kita tanggung?besar kan ?.

Khusus untuk upload gambar tidak pantas lebih mudah lagi penyebaran dosanya atau multi level marketing dosa nya karena banyak yang memburu gambar dan film gituan. Misal saya mengunggah film gituan hasil nginceng orang bersetubuh. Dalam pos ini saja saya sudah dosa, kemudian saya upload di internet. Kebetulan lagi booming berita tentang video tersebut banyak yang mencari di google dan mendownload hasil unggahan saya tadi. Dalam sehari yang mendownload seluruh Indonesia sekitar 1000 orang belum satu bulan belum satu tahun. Lalu orang yang mendownload tadi mengunggah kembali video tadi begitu seterusnya sampai bermilyar orang. Sanggupkah saya menanggung dosanya, jelas tidak sanggup dan saya segera memohon ampunan kepada Allah.

Itulah gambaran tentang multi level marketing dosa yang tanpa disadari perbuatan iseng yang kecil menjadikan dosa yang besar dan bergunung-gunung. Hal ini berlaku juga untuk kebaikan, maka dari itu marilah kita berlomba - lomba dalam hal kebaikan agar mendapat pahala seperti pahala mutil level marketing.

Site Link Google di Blog


Site link adalah daftar link tulisan yang muncul di bawah link utama website atau blogger, itu kata mas kstiawan pemilik tunggal atau ceo nya nakusan bali tech. Saya sendiri belum paham dengan site link google di blog dari google sitelink, karena saya pendatang baru dalam dunia per "blog" geran. Terjun dalam dunia blogger saya juga harus paham dan juga mengejar yang namanya atribut blogger, salah satunya ya site link blog ini selain pagerank google dan alexa rank. Tapi itu bukan tujuan utama saya, cuman sekedar tau, masak kepengan pergi ke jakarta sudah ke jakarta ndak tau monas dan stasiun gambir, eman sekali kan. Nah itu masalah prinsip saja, kalau sudah gak pengen tau dengan alasan principal sih oke oke saja namanya juga prinsip kan harus dipatuhi. Gambar screenshoot site link ini saya buat bulan april 2013 pertengahan dengan blog warna biru itu ada yang mau numpang tenar dengan kata kunci blog saya. Kalau ada yang tau caranya numpang tenar ajari saya dong.

Site link google di blog itu gampangnya begini, link utama blog dalam hal ini agussetya.blogspot.com itu sebagai judul utama dalam karya tulias, sedangkan site link blog itu sub judul-sub judulnya misal A, B, C, A1, B1 dst. Link yang dimunculkan oleh "google" berupa pilihan artikel yang ada di blog sebagai langkah untuk mempermudah melihat isi blog. Saya kenal pertama site link google itu dari mas Fian calon sarjana sipil terbaik di dunia unri, kemudian mas muro'i memperjelas lagi, mang yono malah mengulas tata caranya, mas kstiawan juga memperjelasnya. 

Katanya mas kstiawan lagi nih, yang pemilik ceo dan juga general manajer dari nakusan bali tech, site link yang diberikan oleh google di blog itu bisa hilang. Eman kan kalau hilang, apa mungkin site link di gondol kucingnya mas kstiawan yang lupa memberi makan kucingnya. Dan yang terpenting lagi nih masih menurut bisikan mas kstiawan pemilik resmi nakusan bali tech, google site link itu penting lho untuk bertahan di SERP atau artikel yang betah di no teratas google. Lebih jelasnya kunjungi "site" dari nakusan bali tech jangan lupa bawa map minta sumbangan yang banyak dengan alasan pembangunan masjid, insya Allah di kasih deh.

Blog koplak yang berjudul blognya agus setya fakhruddin ini saya baru cek sekitar pertengahan april karena baca artikel mas fian calon sarjana sipil yang pinter sak dunia. Saya cek dengan kata kunci blog saya : Blognya Agus Setya, alhamdulillah muncul dan rasa penasaran saya hilang. Rasanya ya gitu aja biasa tidak bangga dan bingung, target mengerti site link sudah kelar. Berarti pengetahuan saya di dunia blog bertambah, itu saja. Tips mendapatkan site link silakan berkunjung ke blognya mang yono atau mas fian calon sarjana keren tapi baru calon lho ya jangan seneng dulu. Silakan baca tips mendapatkan site link google. Saya tidak bisa memeberi penjelasan rinci tentang site link google di blog karena memang saya tidak tau, saya hanya menyampaikan info kalau mas kstiawan, mang yono dan mas fian itu pinter dan bisa memberi tips site link google di blog. Cukup sekian semoga bermanfaat.

Belajar Mengendarai Sepeda Motor

Cara belajar mengendarai sepeda motor yang diajarkan oleh bapak, kakak ataupun saudara memang berbeda-beda tergantung pengetahuan dan karakteristik yang membelajari. Jika yang mem belajar i sepeda motor sopan, maka yang di ajari akan meniru gayanya, sopan. Sedangkan yang mem belajar i asal-asalan, asal jalan, bisa tarik gas dan nginjak rem beres, maka outputnya akan meniru inputnya. Pembelajaran mengendarai sepeda motor dengan benar sejak dini akan mempengaruhi cara berkendara di kemudian hari.
Kalau bisa belajar mengendarai motor itu kalau sudah berumur 15 tahun karena saya rasa umur ini adalah masa menuju remaja. Dalam umur ini akan ada perasaan untuk mengetahui hal-hal baru dalam hidupnya, sehingga perlu di belajar i mengendarai sepeda motor dengan benar. Otak masa pra remaja akan merekam cara pengajaran mengendarai sepeda motor baik oleh bapaknya ataupun saudaranya. Dengan belajar rambu-rambu lalu lintas, haluan yang benar, mental di jalan raya, empati terhadap pengguna jalan lain dan juga tidak sembrono. Saya sendiri belajar sepeda motor pada usia ini diajari langsung oleh bapak saya dengan telaten begitu juga haluan dan rambu-rambu lalu lintas yang beliau ketahui. Mental saya sudah terbentuk sejak usia pra remaja bahwa jika mengemudi itu jangan asal-asalan, tidak usah keburu waktu karena akan mencelakakan diri sendiri. Jaga jarak antar pengendara kalau tidak ada celah dan jarak pandang bebas jangan menyalip mobil atau truck. Kalau ada pengendara kecepatan tinggi minggirlah, beri di a kesempatan lewat duluan jangan diuber nanti malah bisa celaka. Kecepatan standart asala sampai tujuan dengan selamat dari pada kecepatah diatas rata-rata tapi boros di bensin dan nanti bisa mendorong motor dijalan karena kehabisan bensin. Itulah pegangan saya dalam mengendarai sepeda motor semoga kita semua di beri keselamatan di jalan raya, karena jalan raya sekarang sudah seperti medan perang yang lengah sedikit saja akan mencelakakan pengendara.

Sabtu tanggal 08 Mei 2013 kemarin saya dan bapak dari istri saya berniat silaturohim ke rumah besan, orang tua kakak ipar saya yang jaraknya sekitar 10 km dari rumah kami. Saya membonceng bapak, sedangkan kakak membonceng ibu. Jalannya naik karena akan menuju ke daerah wisata pacet mojokerto yang terletak di dataran tinggi. Sedangkan keadaan jalan sebelah kiri ada yang berlubang terkikis oleh air hujan terus menerus belakangan ini. Saya berusaha menghindari lubang dengan berjalan agak ke tengah tetapi tidak sampai melewati marka jalan, dan saya pastikan jalan di depan kosong. Memang di seberang jalan ada angkot lagi menurukan penumpang tapi tidak sampai mengganggu jalan saya. Tiba-tiba dari arah belakang angkot tersebut muncul sepeda motor matic yang di kendarai oleh dua anak SMA putri. Saya kaget kok berani banget anak ini maksa masuk untuk menyalip, hampir saja anak tersebut jatuh karena bertotolan sedikit dengan stir motor saya. Sedangkan kakinya bapak terkena serempetan dari anak tersebut. Alhamdulillah masih tidak terjadi kecelakaan, dan alhamdulillah saya masih waras untuk mengendarai motor. Kalau saya sudah tidak waras pasti saya pepet sepeda tersebut sekalian mepet angkot untuk memberi pelajaran. Motor dari plastik kekuatannya tak seberapa jika di ciumkan dengan gl pro saya, sempat saya berpikir begitu karena saking emosinya. Alhamdulillah emosi cepat reda karena memang tujuan saya untuk bersilaturohim, masak wajah saya cemberut, gak baik kan.

Belajar mengendarai sepeda motor itu harus tuntas, jangan asal bisa tarik gas dan bisa ngerem saja. Sepeda motor sekarang memang mendukung untuk itu, kemudahan dalam mengendarai mengabaikan tata cara bagaimana berlalu lintas dan menghargai pengendara lain. Belajar lah mengendarai sepeda motor dan pahami apa esensi dari kemudahan moda transportasi yang ditawarkan jangan asal tarik gas saja. Tulisan belajar mengendarai sepeda motor ini sebenarnya saya ingin saya posting hari minggu kemarin, berhubung lampu mati jadi saya posting hari senin 10 mei 2013. Semoga bermanfaat.

Penggemar Olahraga Bola Basket

Olahraga basket memang tidak banyak yang menggemari khususnya di pelosok desa seperti desa saya, Rengel. Bagaimana saya bisa menjadi penggemar olahraga bola basket, hal ini disebabkan oleh teman saya waktu SMP tahun 1999 mengajak saya untuk bermain bola basket. Kami bertiga bermain hanya sekedar dribel asal-asalan dan memasukkan ke dalam ring basket. Teman saya itu memang dulunya dari kota Bojonegoro dan beliau cukup familiar dengan olahraga basket. Minggu pagi kami selalu rutin bermain basket di lapangan bola basket SMP, hanya itu satu-satunya lapangan basket yang ada di kecamatan bahkan kawedanan rengel yang meliputi kecataman soko, kecamatan rengel, kecamatan plumpang. Lapangannya bukan lapangan yang istimewa tapi beralaskan aspal yang sudah mulai mengelupas.

Kostum Klub Basket
Kostum Basket Klub

Dari sini saya mulai tertarik dengan olahraga basket dan disaat yang bersamaan saya juga sering bermain sepakbola walau hanya asal nendang saja. Kemampuan fisik saya waktu itu sudah lumayan karena tiap minggu pagi setelah sholat subuh saya selalu lari pagi dengan nyeker memutari jalan desa yang total tempuhnya 2.5 km saya putari 2 kali. Sebuah keberuntungan berpihak pada diri saya, saya diajak senior saya untuk berlatih basket dengan klub Rengel In Basket atau RnB. Klub basket ini sama seperti klub sepak bola tarkam yang berisi pemain-pemain yang sudah matang dan tua serta manajemen yang alakadarnya. Mereka ini para lulusan sarjana yang dulunya pernah bermain basket di fakultas dan universitas masing-masing. Klub ndeso ini juga pernah meraih runner up di piala bupati Tuban dalam kejuaraan umum bola basket. Pengalaman dan pelajaran yang di tularkan senior saya pelajari betul dengan seksama. Hingga saat saya lulus SMP tahun 2000 kemudian saya melanjutkan sekolah SMA di kota Tuban yang berjarak 30 km dari Rengel.

Saya memilih sekolah di kota ( SMA Negeri 1 Tuban ) karena memang favorit untuk wilayah jawa timur. Selain mengejar prestasi akademik, saya sangat antusias mengikuti olahraga ekstrakulikuler bola basket. Bertemu dengan teman-teman dari kota tidak membuat saya minder karena saya sudah punya sedikit basic bermain basket dan hal ini sangat membantu perkembangan permainan bola basket saya. Pengetahuan tentang latihan fisik, startegi, trik dan hal-hal tentang bola basket bertambah. Sang pelatih yang juga guru olahraga saya memang asli lulusan Unesa dan mengambil kepelatihan basket, kebetulan juga satu kelas dengan pelatih saya di Rengel yang juga jurusan pelatih basket pula. Latihan rutin dilakukan 3 kali dalam satu minggu untuk persiapan kejuaraan antar SMA sekabupaten Tuban. Dan selama 3 tahun saya ikut dalam tim basket SMA 1 alhamdulillah selalu juara dengan peserta sebanyak 30 tim sistem gugur. Buah perjuangan latihan keras kami. Tim basket SMA 1 Tuban sepakat membentuk klub bernama SMANSA BASKET BALL CLUB atau SBC sebagai syarat untuk mengikuti kejuaraan Kejurda Basket Tingkat Provinsi. Sampai saat ini nama SBC masih di pakai dalam even DBL kompetisi basket pelajar yang alhamdulillah selalu ke babak utama dan prestasi paling tinggi 8 besar wilayah utara jatim bersaing dengan SMAK Frateran dan juga SMA St Maria.

Kegemaran saya pada olahraga basket ini berlanjut ke tingkat perguruan tinggi sampai semester 5. Di basket fakultas ini saya mendapat banyak ilmu dari senior saya yang telah mengikuti banyak kejuaraan. Jember memang gudangnya pemain basket handal untuk wilayah jawa timur. Masuk tim fakultas saya selalu duduk di bench karena memang kalah jauh dengan pemain lain, tapi tetep saja dimainkan untuk rotasi. Pegalaman saya yang paling seru saat final rektor cup melawan Fak. Ekonomi yang di perkuat pemain PON jatim. Juara dengan bangga karena bisa mengalahkan sang juara bertahan dengan 2 kali overtime dengan skor setengah bola. Begitu juga saat kejuaraan umum di Unmuh jember walaupun tidak juara tapi saya bisa merasakan atmosfer persaingan yang syarat emosi dengan penonton yang berjubel. Tim fakultas kalah dengan tim SMA Santo petrus dimana banyak pemainnya dari klub Garuda Jember yang sudah melegenda di Jawa Timur.

Sampai dengan semester 5 saya berhenti untuk bermain basket di fakultas, karena jarak kost-kostan saya dengan lapangan PKM universitas sangat jauh dan latihannya selalu malam hari, saya tidak enak dengan teman karena harus nebeng terus. Saya baru membawa motor GL Pro saya semester 7 karena harus fokus pada seminar dan bimbingan skripsi. Sampai saat ini saya masih suka dengan olahraga basket walau sudah 5 tahun saya tidak pegang bola basket, insya Allah feeling itu masih ada. Saya tinggal merawat kekuatan fisik dengan rajin lari pagi minimal 4 kali putaran lapangan sepakbola.

Olahraga Basket

Permainan olahraga basket di Indonesia masih kalah populer dengan "olahraga" sepak bola atau turunannya sepak bola yaitu futsal. Begitu juga cabang olahraga lain tidak begitu populer, bahkan dalam sea games atau PON kalau tidak juara "olahraga" sepak bola rasanya tidak juara walaupun menjadi juara umum. Bola "basket" lebih banyak di mainkan oleh orang perkotaan dan peralatan yang agak mahal karena membutuhkan ring atau keranjang basket dan juga lapangan yang memadai. Sedangkan sepak bola hanya butuh tanah lapang atau persawahan. Itulah mengapa olahraga basket dan sepak bola serta olahraga lainnya begitu berbeda popularitasnya.



Permaninan "olahraga" bola "basket" membutuhkan lapangan yang keras dari plester atau cor-cor an atau bisa juga dari lapangan ber aspal dan paving. Kalau lagi beruntung bisa bermain di lapangan ply wood dari kayu seperti pada lapangan profesional. Di mainkan oleh lima pemain dalam satu tim dengan posisi Guard, Center atau big man, Power forward, forward atau smal forward. Tekniknya bertahan dan menyerang juga bervariasi bahkan variasinya lebih banyak dari pada olahraga sepakbola. Ada teknik zona defend, 1 2 2 , 2 3 , man to man atau by one. Olahraga basket ini butuh stamina yang kuat nafas yang panjang dan juga kecepatan berlari yang mumpuni. Kalau ada pemain yang klemar klemer ini biasanya big man atau center karena badannya memang besar.

Manfaat olahraga basket dan olahraga pada umumnya yaitu menjaga kebugaran tubuh terutama fisik. Setiap olahraga membutuhkan fisik yang prima dengan berlatih berlari, dari lari atau joging inilah terbentuk fisik yang kuat. Selain itu, olahraga basket juga bisa menambah tinggi badan jika dalam masa pertumbuhan karena dalam olahraga basket memang banyak berlompat atau jump untuk berebut bola, memblok tembakan dan rebound baik ofensif rebound atau defensif rebound. Saran saya jika pengen menambah tinggi badan saat masa pertumbuhan ber olahraga basket dan olahraga renang yang rutin.

Di Indonesia terdapat liga basket NBL atau national basketball league setelah sebelumnya bernama kobatama dan IBL. Kompetisi "bola basket" di bawah kobatama atau amatir namanya PraTama atau pra kobatama dengan tim medioker seperti Pupuk iskandar muda NAD, Halim Kediri, Pacifik Caesar Surabaya, Mahameru Surabaya, Sahabat Semarang dst. Saat ini pemegang operator liga adalah PT DBL Indonesia yang di pegang oleh jawa pos grup di bawah pimpinan azrul ananda. Sedangkan liga pelajarnya ada DBL league dulu khusus kompetisi pelajar di jawa timur sekarang sudah Nasional bahkan ada training camp yang nanti diikutkan di kompetisi regional dan ujicoba di Australia dan Amerika. Sebelum DBL, ada liga pelajar namanya piala HEXOS kemudian mulai di gantikan oleh DBL yang pertama kali namanya adalah Deteksi Basket Ball League. Kompetisi Olahraga Basket antar mahasiswa namanya Libama dengan seleksi per Regional masing-masing sampai Libama Nasional. Libama ini tak jarang pemainnya banyak yang sudah profesional karena pemain klub NBL yang sedang kuliah banyak dimainkan oleh kampusnya.

Saya sendiri sangat menggemari olahraga basket ini dari pada olahraga sepak bola dan cabang olahraga lainnya. Walaupun pernah juga saya bermain sepak bola , tapi tidak dapat feel nya atau tidak menjiwai sama sekali. Kalau tidak dukun ya tawuran itulah sepak bola di kampung saya. Lari atau joging itu sudah menjadi kebutuhan olahragawan, jadi olaharagawan juga harus kuat joging. Demikian tulisan pengantar olahraga basket yang bisa saya sajikan semoga bermanfaat dan menambah sedikit pengetahuan dari luasnya samudera pengetahuan tentang olahraga basket. Selamat menikmati sajian.

Joging Pagi

Olahraga lari pagi atau Joging pagi di hari libur memang menjadi kebiasaan bulanan bagi saya. Joging atau lari ringan termasuk olahraga kesukaan karena selain untuk refreshing bisa juga untuk mengeluarkan keringat dalam tubuh. Saya tidak mengerti detail manfaat lari pagi atau manfaat joging itu sendiri, karena saya hanya sekedar menjalani saja tanpa paksaan dari siapapun dan saya suka. Saya sebut kebiasaan bulanan karena belum tentu tiap hari libur kerja saya bisa joging dengan alasan malas atau membantu momong hayyu anak perempuan saya. Sebenarnya kalau mau mencari referensi manfaat lari pagi sih bisa saja ketik di mesin pencari google nanti ketemu semua.


Minggu tanggal 5 Mei 2013 saya sempatkan untuk olahraga joging pagi karena sudah dua bulan saya tidak pernah melakukan kebiasaan ini karena pulang ke Tuban atau mengantarkan istri kuliah. Sudah lama tidak "joging" atau "lari" ringan rasanya kangen terlampiaskan setelah melihat lapangan sepak bola yang terletak 100 meter dari rumah. Lapangan sepak bola memang cocok untuk olahraga lari pagi dari pada lari pagi di pinggir jalan raya yang mengandung resiko di tabrak kendaraan. Disekitar lapangan sepak bola dikelilingi oleh sawah dan pepohonan yang menambah sejuk udara. Lapangan sepak bola ini biasa digunakan oleh klub sepak bola Galaxy fc Dlanggu.  Saya menuju ke lapangan naik sepeda motor ijo karena malu harus jalan kaki sendiri menuju lapangan sepak bola. Nanti dikira orang hilang atau orang gendeng anyaran.

Sampai di lapangan, motor ijo saya parkir, sandal jepit saya lepas dan saya melakukan pemanasan ringan untuk olahraga lari pagi ini, diantaranya tangan dan kaki. Kemudian saya melakukan "joging" nyeker diawali didepan gawang sebagai tanda atau ancer-ancer. Saya tidak langsung lari kencang , tapi pelan-pelan mengikuti kemampuan tubuh saya jangan-jangan segitu aja sudah pusing tujuh keliling kepala saya. Dan ternyata kecepatan 1 putaran lapangan memakan waktu 6 menit itu yang ideal untuk kondisi tubuh saya saat ini. Total waktu yang saya lalui adalah 24 menit "joging" dengan 6 putaran lapangan. Jika dihitung kotor, anggap saja lapangan sepak bola memiliki panjang 200 meter berarti saya sudah menempuh 1.2 km dengan waktu tempuh 6 menit. Salah satu manfaat olahraga lari pagi atau joging pagi ini sebagai pondasi berbagai cabang olahraga. Saya rasa semua cabang olah raga memerlukan joging atau olahraga lari ringan sebagai persiapan fisik olahragawan. Mau sepak bola juga harus punya fisik yang kuat, balap motor juga, senam juga apalagi bola voli. Inti dari olahraga adalah kemampuan fisik dan pengelolaan nafas.

Saat saya rutin joging pagi tiap minggu saya sanggup menempuh satu putaran lapangan sepak bola dalam waktu 4 menit pernah juga saat aktif salah satu cabang "olahraga" satu putaran lapangan saya selesaikan dalam waktu 2-3 menit dan itu sudah menjadi standart dari sang pelatih. Joging kadang saya selingi dengan sprint tanpa putus antara gawang satu ketemu gawang satunya. Setelah itu saya lari kecil kemudian jalan untuk menyesuaikan nafas baru berhenti untuk duduk. Kadang saya selingi push up dan gandul-gandul digawang kecil. Push up ini ada gunanya lho ternyata untuk "olahraga" malam saya tidak ngoyo sama sekali, hehe. Sebenarnya tujuan utama saya joging tidak lain adalah ikhtiar agar sehat selalu, selain itu menjaga kondisi perut saya agar tidak buncit seperti orang hamil. Melihat beberapa rekan kok perutnya buncit badan melar katanya tidak enak buat gerak, saya jadi rajin joging pagi. Semoga saya selalu ingat dengan olahraga lari pagi sehingga saya rutin berolahraga. Demikian laporan singkat dari saya tentang joging pagi, semoga bermanfaat.


Trotoar Jalan

Trotoar adalah bangunan untuk para pejalan kaki yang letaknya di pinggir jalan raya setelah bahu jalan. Trotoar selalu lebih tinggi dari jalan raya untuk memberi rasa aman "pejalan kaki". Aman karena semua kendaraan baik sepeda motor maupun mobil tidak bisa naik dan ngetrail ke atas trotoar. Bayangkan jika trotoar itu sejajar atau lebih rendah dari jalan raya, pasti pejalan kaki berebut jalan dengan sepeda motor. Selain itu bisa terhindar dari banjir, itulah istimewanya pejalan kaki dengan trotoar karena bebas mencincing rok atau celana saat banjir.

Fungsi utama trotoar untuk memberi jalan pada pe"jalan" kaki agar aman dari bahaya tertabrak sepeda motor dan mobil. Begitu juga sebaliknya memberi aman pada pengendara sepeda motor dan mobil karena jika tidak ada trotoar pejalan kaki sering jalan di bahu jalan yang sangat mengganngu kendaraan lewat. Apalagi jika ada gerombolan pejalan kaki lewat bahu jalan akan sangat mengganggu kelancaran lalu lintas.

Trotoar Jalan
Trotoar jalan
 Alih fungsi trotoar semakin marak dengan di bangunnya warung makan , warung kopi , cucian sepeda motor dan tambal ban di area trotoar jalan. Pembiaran oleh pemerintah semakin meyakinkan para penyalah guna trotoar ini menjadi daerah tak bertuan. Kalau masalah ini saya masih toleran walau sedikit juga jengkel karena harus menyimpang saat melewati warung atau tukang tambal ban.

Yang paling membuat saya jengkel ketika saya berjalan kaki di trotoar tiba-tiba di depan saya ada sepeda motor lewat trotoar. Sudah lewat di trotoar pake klakson supaya saya minggir pula, ini yang membuat tidak asik acara jalan kaki saya. Saya memang terbiasa jalan kaki berangkat dan pulang kerja dari stasiun gubeng menuju tempat kerja begitu pula sebaliknya. Jaraknya sekitar 1.6 km jika saya ukur dari goolge map. Kalau sudah menjadi kebiasaan memang sulit untuk merubah sikap pengendara seperti ini. Saya pribadi sangat menghindari mengendarai motor diatas trotoar jalan, kecuali jalan raya ada lobang sedalam 1 meter yang tidak bisa dilewati sepeda motor. Semoga rekan-rekan tidak mengendarai motor diatas trotoar apalagi mengendarai mobil diatas trotoar. Gunakanlah segala sesuatu berdasarkan fungsinya kalau tidak sangat kepepet.



Berjalan Kaki 10000 Langkah Tiap Hari

Sudahkah berjalan kaki 10000 langkah tiap hari. Assalaamu'alaikum Warohmatullah. Teringat dengan iklan produk susu kalsiun oleh Indi Barends tentang berjalan kaki 10000 langkah  tiap hari. Kira-kira berapa meter atau bahkan berapa kilometer sepuluh ribu langkah itu. Setelah mencari di google saya peroleh info sekitar lima mil atau delapan kilometer. Jarak yang cukup jauh jika harus menempuh perjalanan sendirian apalagi panas menyengat. Bisa-bisa lansung patah kaki dan dehidrasi.

Baca-baca artikel kesehatan, banyak yang menyarankan untuk "jalan kaki" minimal sepuluh ribu langkah atau setidaknya 30 menit tiap hari. Pada dasarnya berjalan kaki itu menggerakkan seluruh anggota badan, otot, tulang, syaraf yang menggerakkan dan pembuluh darah yang memberi nutrisi serta oksigen sebagai bahan bakar agar dapat bergerak. Sirkulasi oksigen akan mengalir ke otak secara bergantian, supali oksigen segar ke otak jadi lancar sirkulasinya. Jalan kaki itu gratis aksesorisnya yang tidak gratis, misal pakai sepatu bagus merk nike atau adidas serta pakai sandal gunung kalau nyeker itu baru murah dan gratis.
Saya sendiri tidak begitu mengerti manfaat berjalan kaki kalau tidak membaca artikel tersebut. Ya,  bertahun-tahun jalan kaki tapi tidak mengerti manfaatnya. Namanya juga orang ndeso yang tidak tau dunia kesehatan era modern seperti sekarang. Berikut manfaatnya : membakar kalori, menguatkan otot punggung, melemaskan persendian, menguatkan tulang, memperbaiki tekanan darah, menurunkan resiko gangguan jantung, menurunkan stres (karena bisa lihat pemandangan).
Saya sendiri belum memenuhi anjuran berjalan kaki 10000 langkah tiap hari atau 30 menit tiap hari. Walaupun tiap hari berjalan kaki dari stasiun gubeng ke tempat kerja jalan sulawesi melalui jalan nias yang jaraknya 1.6 km. Waktu tempuhnya antara 15-20 menit tergantung cepat atau tidaknya cara berjalan kaki. Jika saya hitung-hitung manual berdasarkan langkah kaki, saya sudah menempuh 3000 langkah tiap hari untuk langkah jalan berangkat dan pulang kerja. Minimal anggota badan saya gerakkan untuk meminimalisasi datangnya penyakit dan bentuk rasa syukur saya atas nikmat jalan kaki. Demikian sedikit tulisan tentang sudahkah berjalan kaki 10000 langkah tiap hari, semoga bermanfaat.

Ganti Jok Honda C70

Honda C70 ijo yang pernah opname kini memiliki penampilan baru, yaitu pada sadel atau jok honda c70. Saya mengganti jok honda c70 karena saat digunakan perjalanan jauh pantat terasa panas dan tidak nyaman. Walaupun jok masih baru, kalau untuk kenyamanan wajib di ganti dengan yang lebih tebal.

Ganti Jok Honda C70
Ganti Jok Honda C70

Berburu jok dan model jok untuk c70 di surabaya dan di mojokerto akirnya ketemu model yang sederhana namun fungsional. Setelah mencari di pusat jok motor di surabaya yaitu di krukah atau di ngagel kemudian berkonsultasi akhirnya di pilihkan oleh sang pemilik. Karena jok asli honda c70 sudah tidak keluar maka dipilihlah gabus jok kepunyaan honda grand. Harga gabus jok honda grand untuk honda c70 Rp 90.000 ditambah cover jok seharga 45.000. Untuk tatakan jok masih menggunakan aslinya honda c70. Setelah bahan sudah di dapat, saya bawa ke tukang jok yang garapannya bagus dan rapi. Setelah melalui proses 2 jam akirnya jadilah jok honda c70 yang empuk dan nyaman untuk di kendarai. Ongkos ganti jok di tukang sebesar 50.000 karena saya puas dengan garapan beliau saya anggap wajar dan murah. Setelah jok honda c70 sudah jadi dan dipasang langsung saya coba perjalanan jauh dari tuban ke mojokerto yang memakan waktu 2,5 jam perjalanan. Rasa mengendarai sangat berbeda lebih enak ketika sudah ganti jok, artinya saya tidak sia-sia melakukan pergantian jok honda c70 ini.

Honda C70
Honda C70

Slebor Depan CB 100

Slebor depan cb 100 dengan tampilan lebar memang lagi di gandrungi. Slebor depan lebar ini membuat tampilan motor cb 100 lebih gagah dan perkasa seperti yang mengendarai. Bahannya dari besi bukan dari plastik seperti sepeda motor keluaran baru. Selain awet karena tahan goresan dan tahan banting slebor depan cb 100 dari besi ini juga sudah mudah untuk mendapatkannya.

Slebor Depan Cb 100
Slebor Depan Cb 100

Sebenarnya aslinya honda cb 100 sudah menggunakan slebor depan dari besi, karena ukurannya kecil menyesuaikan ban. Sedangkan motor honda cb 100 jaman sekarang ban depan bekalangnya lebar sehingga butuh slebor depan yang lebar pula untuk menyesuaikan ban "depan". Untuk mendapatkan slebor depan lebar untuk honda cb 100 tidak perlu pusing mencarinya. Cukup beli slebor depan suzuki GTO untuk "cb 100" yang memang sudah lebar. Bisa juga pakai slebor depan binter merzy untuk cb 100 yang lebar juga. Pemasangannya tinggal mencocokkan dengan dudukan skok depan, jika memakai skok depan gl pro maka disesuaikan begitu juga jika memakai skok depan Tiger dan mega pro serta memakai skok depan yamaha byson. Selain mengakali dengan kepunyaan motor lain ada juga slebor depan cb 100 lebar produksi thailand dengan krom yang masih kinclong. Harga slebor depan cb 100 lebar ini sekitar 170 ribu, saat saya tanya di bursa barang spare part cb 100 di deklarasi cb suroboyo di kenjeran.
Jika masih tidak bisa mendapatkan slebor depan cb 100 , masih bisa dengan membeli slebor depan yamaha L2 super kemudian di belah tengah di tukang las. Setelah di belah jadi dua kemudian ditambahi plat 2 cm biar lebar kemudian dilas kembali, tukang lasnya sudah paham dengan hal demikian. Bekas las-lasannya nanti di dempul dan dicat agar keliharan halus tidak ketara jika itu slebor depan "cb 100" belahan.

Slebor Depan Cb 100
Slebor Depan Cb 100

Demikian informasi mengenai "slebor" depan cb 100 "lebar" yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat. Selamat berkreasi dengan CB 100, Salam guyub rukun paseduluran sak lawase.

Blog Archive